Cara Reset HP Android Semua Tipe + Data Apa yang Hilang, Aman!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 08 October 2020, 15:00
Bagaimana cara reset HP Android yang aman agar data tidak hilang? Simak selengkapnya di artikel ini.

Beberapa oleh memilih untuk me-reset ponsel mereka untuk mengatasi masalah yang cukup berat. Misalnya tidak bisa menghubungkan ke WiFi, ada virus, atau memang ada masalah yang mengganggu pengaturan di ponsel.

Masalah berat tersebut biasanya hanya bisa diatasi dengan me-reset ponsel. Dampak merestart HP bisa menyebabkan sejumlah data terhapus secara otomatis.

Jangan panik dulu kalau kamu mengalami hal ini. Jaka punya cara dan tips reset HP yang aman serta penjelasan jika HP di reset apa saja yang hilang.

Cara Aman dan Mudah Reset HP Android

Reset HP dilakukan apabila ada masalah berat yang tidak memiliki solusi apapun. Sehingga mengembalikan semua pengaturan dan kondisi menjadi seperti semula di awal akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Me-reset HP bisa menghapus seluruh data dan file yang ada di ponsel. Oleh karena itu kamu perlu backup atau mencadangkan seluruh data dan file tersebut agar aman.

Jika kamu belum pernah reset HP sebelumnya, maka kamu perlu tahu apa saja yang akan hilang jika HP di reset. Selain itu, Jaka juga bakal kasih kamu cara dan tips aman me-reset HP.

Alasan Harus Reset Ulang HP Android

Alasan me-reset HP tiap orang berbeda-beda, tentunya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel. Misalnya untuk mengatasi HP lemot, lupa kunci, dan memperbaiki masalah kerusakan software.

ADVERTISEMENT

Sehingga tidak ada pilihan lain selain reset ulang HP Android kamu. Selain itu, kalau kamu memutuskan untuk menjual HP atau mengganti ulang, reset HP memang diwajibkan, geng.

Nah, apa saja yang akan hilang jika HP di reset? Beberapa hal berikut ini akan hilang dan terhapus secara otomatis saat kamu lakukan cara kembali ke pengaturan pabrik Xiaomi, Samsung, vivo, Oppo, realme dan lainnya:

Tips Aman Reset HP Android

Agar nggak terjadi kesalahan seperti data atau file penting yang hilang, Jaka punya tips aman dalam me-reset HP Android kamu.

Sehingga kamu bakalan terhindar dari kemungkinan kehilangan file atau data yang sangat penting. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk reset, persiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

1. Backup aplikasi yang penting

Tips pertama dari Jaka adalah untuk backup atau mencadangkan aplikasi yang penting di ponsel kamu menjadi file mentah. Dengan hal ini, kamu bisa mengantisipasi risiko aplikasi yang hilang ketika kamu me-reset ponsel.

Karena dampak merestart HP menyebabkan semua data akan hilang termasuk aplikasi Android. Bisa jadi, aplikasi tersebut adalah aplikasi penting yang datanya tidak bisa kamu hapus.

Setelah dicadangkan, aplikasi tersebut nantinya bisa kamu simpan di memori eksternal dan bisa kamu gunakan nanti setelah reset HP. Simak selengkapnya cara backup aplikasi dari Jaka di link berikut ini:

2. Salin kontak ke kartu SIM atau email

Nomor kontak adalah salah satu data yang penting yang akan otomatis hilang begitu kamu me-reset HP Android kamu. Terutama jika kamu menyimpan nomor kontak di memori internal.

Misalnya saat melakukan cara kembali ke pengaturan pabrik oppo dan kamu lupa untuk mencadangkan seluruh nomor kontak yang ada di ponsel kamu, sudah pasti kamu akan kehilangan semua nomor kontak.

Kamu bisa menyalin kontak kamu ke akun email kamu atau ke kartu SIM. Kamu bisa membaca artikel berikut ini untuk tahu cara menyalin atau memindahkan nomor kontak:

Cara Memindahkan Kontak Ke HP Baru Semua Tipe, Mudah & Cepat!
Cara memindahkan kontak ke HP baru ada beberapa langkah yang mudah dan praktis. Bisa dari Android ke iPhone atau pakai akun Gmail hingga Bluetooth.
LIHAT ARTIKEL

3. Pindahkan file penting ke kartu SD

Di dalam ponsel kamu pasti punya file-file penting seperti foto, video, dokumen, ataupun musik. File-file ini otomatis akan hilang jika tidak kamu backup terlebih dahulu sebelum reset HP.

Agar menghindari terjadinya hal tersebut saat kamu melakukan cara reset HP vivo, maka kamu harus memindahkan file-file penting tersebut ke kartu SD.

Jika kamu tidak menggunakan kartu SD pada ponsel kamu, kamu bisa memilih untuk backup file-file tersebut menggunakan aplikasi backup data seperti Helium.

Cara Reset HP Android

Ada dua cara untuk me-reset HP Android kamu. Kamu bisa menggunakan salah satunya sesuai dengan kondisi dan masalah yang kamu alami.

Apabila kedua cara ini tidak berhasil, maka sebaiknya kamu membawa ponsel kamu ke tempat servis resmi untuk bisa mengatasi masalah tersebut dengan ahlinya.

1. Cara Reset HP Android Manual

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah me-reset dengan manual atau menggunakan pengaturan HP.

Tiap ponsel sudah memiliki pengaturan yang memungkinkan kamu untuk reset HP, jadi cara ini bisa dilakukan apabila kamu masih bisa mengakses ponsel kamu.

Jaka bakalan kasih contoh langkah-langkahnya menggunakan HP Samsung. Jadi, cara ini juga bisa jadi cara kembali ke pengaturan pabrik Samsung atau factory reset:

Langkah 1 - Masuk ke menu Settings
Langkah 2 - Buka General Management
Langkah 3 - Klik Reset
Langkah 4 - Klik tombol Reset

2. Cara Reset HP Android Hard Reset

Cara yang kedua adalah menggunakan hard reset atau memakai beberapa tombol alternatif yang bisa me-reset HP kamu tanpa akses masuk ke ponsel.

Sehingga, cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak bisa mengakses HP Android kamu atau tidak bisa menyalakan ponsel kamu.

Kamu bisa melakukan hard reset HP Android dengan syarat-syarat berikut:

Akhir Kata

Demikianlah cara dan tips reset HP Android yang aman agar kamu tidak kehilangan data dan file yang penting saat melakukannya.

Selain itu, kamu juga jadi tahu apa saja yang akan hilang jika HP di reset sehingga kamu bisa mengantisipasi apa saja yang bisa kamu cadangkan sebelum reset HP.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas