KEREN! 5 Fitur Baru Telegram Ini Pasti Bikin Kamu Tinggalkan WhatsApp

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 21 May 2016, 13:00
Sukses menjadi layanan chatting terbesar, WhatsApp mulai disaingi oleh Telegram. Bahkan update terbaru Telegram dijamin buat kamu pengen ninggalin WhatsApp.

Jaka yakin, hampir semua pengguna smartphone pasti menggunakan WhatsApp. Jika dibandingkan dengan layanan seperti BBM dan LINE, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling ringan dengan interface yang nyaman. Dan bebas iklan.

Meski WhatsApp telah memiliki basis pengguna terbesar di dunia, tapi saat ini WhatsApp harus berhati-hati dengan keberadaan aplikasi chatting Telegram. Karena Telegram memiliki fitur-fitur keren yang akan membuat kamu rela meninggalkan WhatsApp.

BACA JUGA
  • Kumpulan Tips dan Trik Fitur WhatsApp Terbaru 2023, Jarang Diketahui!
  • WhatsApp Sudah Ditinggalkan, Sekarang Telegram Lebih Populer!

Fitur Telegram yang Bikin Rela Tinggalkan WhatsApp

Memasuki tahun 2016, Telegram semakin serius menggarap layanan chatting miliknya. Bukan hanya menyediakan fitur pesan terenkripsi dan secret chat, baru-baru ini Telegram menggulirkan fitur baru yang membuatnya semakin canggih. Udah download Telegram terbaru belum? Kalo belum download dari link berikut ya!

Telegram for Android 7.1.3
Apps Social & Messaging Telegram LLC
DOWNLOAD

1. Edit Pesan yang Sudah Dikirim

BBM boleh bangga dengan fitur Retract Message yang memungkinkan kamu untuk menarik kembali pesan yang telah dikirim. Alih-alih menarik kembali pesan yang dikirim, di Telegram kamu bisa mengedit pesan yang sudah dikirim ke teman kamu. Fitur edit pesan ini bisa digunakan untuk pesan yang maksimal sudah dikirim dalam waktu 2 hari.

Fitur ini akan sangat bermanfaat buat kamu yang sering typo, atau saat kamu salah kirim. Dan serunya lagi, fitur ini bisa digunakan baik di personal chat, atau obrolan grup. WhatsApp belum ada loh fitur ini!

2. Lebih Banyak dan Lebih Mudah Mention Orang di Grup

Seperti yang sempat Jaka sebutkan di artikel update Telegram terbaru, kamu bisa membuat Supergroup dengan anggota hingga 1000 orang! WhatsApp yang hanya bisa menampung anggota grup 250 orang tentu kalah kapasitas oleh Telegram.

Tapi bukan hanya jumlah anggota grup saja yang menjadi andalan Telegram. Update terbaru Telegram yang digulirkan tanggal 15 Mei lalu membawa fitur Mention. Fitur ini memudahkan kamu me-mention anggota grup walau dia tidak menggunakan username, yakni dengan tanda "@" yang diikuti anggota grupnya. Seru lah!

3. People List

Ngomong-ngomong soal mention orang, kamu juga akan lebih mudah menghubungi orang yang sering kamu hubungi di Telegram dengan fitur People List. Dengan fitur ini kamu gak usah lagi ribet-ribet scroll setiap nama di kontak kamu saat akan mencari orang yang pernah dihubungi tapi pesannya telah dihapus.

ADVERTISEMENT

4. Menyisipkan Bot dari Attachment Menu

Salah satu fitur seru yang dimiliki oleh Telegram adalah Bot. Bot adalah software yang secara otomatis akan merespon setiap pesan atau perintah yang kamu berikan. Beberapa Bot Telegram yang terkenal adalah @jaconda dan @bangjonibot yang akan bertindak sebagai asisten pribadi kamu. Ada juga @bold sebagai MarkDwown Bot yang akan membuat pesan yang kamu kirimkan jadi Bold atau Italic. Beberapa Bot baru yang bisa kamu coba di Telegram adalah @youtube, @foursquare, @sticker dan @music.

Nah, di update terbarunya, Telegram membuat kamu jadi lebih mudah saat akan menggunakan Bot. Sekarang Bot yang kamu gunakan akan dimunculkan di dalam Attachment Menu. Semakin sering kamu menggunakan Bot-nya, semakin atas posisi dia di Attachment menu.

5. Rise and Speak

WhatsApp emang keren sih karena punya fitur Voice Call. Udah gitu bakal ada rencana WhatsApp Video Call juga. Tapi Telegram gak kalah keren dan canggih loh. Lewat fitur Rise and Speak, kamu bisa mengirimkan pesan suara tanpa harus menekan tombol apa pun!

Dengan fitur Rise and Speak yang dihadirkan di update awal tahun 2016 ini, kamu tinggal buka halaman chat, lalu tempelkan ke telinga. Setelah itu kamu tinggal ngomong deh untuk merekam pesan suara. Saat selesai, letakkan smartphone kamu dan kirim pesanya. Fitur ini menggunakan sensor dalam smartphone kamu, yaitu Gyroscope, Accelerometer, dan Proximity Sensor.

Keren-keren kan update terbaru yang ditawarkan Telegram ini? Dengan fitur keren yang disediakan oleh Telegram, yakin kamu gak mau ninggalin WhatsApp? Kalo kamu amsih ragu buat ninggalin WhatsApp, coba kamu buka artikel WhatsApp VS Telegram: Tinggalkan yang Ini, Pilih yang Itu.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android & iOS, Paling Ampuh 2022

20+ Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!

Cara Mudah Melakukan Video Call di WhatsApp

APPS TERKAIT
Telegram for Android 7.1.3
Apps Telegram LLC
Telegram for Desktop 2.4.3
Apps Telegram LLC
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
WhatsApp Plus 13.00.2
Apps JalanTikus
Kembali Keatas