7 Cara Registrasi Kartu simPATI Terlengkap 2022, via SMS, Telepon, dan GraPARI

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 03 August 2022, 21:30
Begini cara registrasi kartu simPATI baru untuk tahun 2022, bisa via online, SMS, hingga telepon!

Sebagai calon maupun pengguna baru Telkomsel, penting hukumnya buat kamu mengetahui cara registrasi kartu Simpati secara mandiri. Apalagi, jika kartu tersebut kamu beli di marketplace, mau nggak mau kamu harus mendaftarkannya sendiri.

Cara buat daftar kartu Telkomsel juga tergolong mudah. Kamu bisa melakukan pendaftaran menggunakan berbagai pilihan cara yang Telkomsel sediakan.

Salah satunya ialah menggunakan SMS yang tinggal sat-set-sat. Selain via SMS, ada juga cara cepat lainnya yang dijamin gercep, yakni via GraPARI. Meski harus berkunjung, tetapi Jaka jamin kamu bakalan langsung dilayani, deh.

Lantas, apa lagi cara lainnya? Buat kamu yang mau tahu lebih lanjut, kamu bisa simak panduan cara registrasi kartu Telkomsel terlengkap 2022 di artikel ini. Jaka sudah menyiapkan tujuh cara daftar kartu Telkomsel khusus untukmu.

Syarat Registrasi Kartu simPATI

Telkomsel adalah provider Telekomunikasi yang sangat populer. Banyak orang yang menggunakan layanan provider ini, khususnya SimPATI. Hal ini terjadi karena harga paket internetnya yang murah dan terjangkau.

Makanya, jika kamu baru pertama kali menggunakan kartu itu, kamu bisa simak cara pendaftarannya di bawah. Soalnya, kamu bisa menggunakan berbagai cara buat mendaftar, mulai dari online hingga fitur Dial SMS lewat telepon.

Namun, sebelum sampai ke sana, kamu juga wajib memahami syarat dan ketentuan buat mendaftar kartu di provider tersebut, ya, geng.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa persyaratan administrasi yang harus disiapkan oleh pengguna kartu simPATI. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), persyaratan yang harus disiapkan adalah:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)

Selain WNI, ternyata kartu simPATI juga terbuka bagi Warga Negara Asing (WNA). Persyaratannya pun nggak kalah mudahnya, terutama untuk mendaftar kartu prabayar. Persyaratannya adalah:

  1. Paspor
  2. KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
  3. KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

1. Cara Registrasi Kartu simPATI Baru lewat SMS

Cara registrasi kartu simPATI via SMS adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Selain cepat, cara ini juga gratis karena didukung langsung oleh Pemerintah Pusat seperti dilansir situs resmi Telkomsel.

Jika kamu merupakan pengguna baru kartu simPATI Telkomsel, berikut panduannya:

  1. Ketik REG<spasi>NIK#Nomor KK#.
  2. Kirim ke 4444.

Contoh, masukkan REG 12345678910111213#10987654321012345#, lalu kirim ke nomor 4444.

Jika kamu merupakan pengguna lama kartu simPATI Telkomsel, maka format SMS yang dikirimkan adalah:

  1. Ketik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#.
  2. Kirim ke 4444.

Contoh registrasi pengguna kartu simPATI yang lama adalah ULANG 1234567890123456#3201060401130027#, lalu kirim ke nomor 4444.

2. Cara Registrasi Kartu simPATI Baru lewat Online

Sebelumnya, cara registrasi kartu simPATI secara online dilakukan pada https://telkomsel.com/cek-prepaid. Sayangnya, setelah Jaka coba periksa, situs tersebut sudah tidak bisa diakses, geng.

Jaka sempat diarahkan menuju situs Telkomsel lainnya yaitu https://www.telkomsel.com/en/registrasiprabayar, namun di situs ini hanya menyertakan rincian prosedur registrasi kartu Telkomsel prabayar, termasuk simPATI.

Dengan demikian, jika kamu ingin registrasi kartu simPATI, kamu hanya bisa melalui SMS Dial ataupun datang langsung ke GraPARI Telkomsel di seluruh Indonesia.

Selain registrasi kartu Telkomsel, kamu juga bisa mengetahui cara registrasi kartu Tri, Indosat, dan provider lainnya. Semua bisa kamu baca lewat artikel yang Jaka tulis di bawah ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren | Terbaru 2021
Cara registrasi kartu Telkomsel, XL, Indosat, 3, dan Smartfren 2022 bisa kamu temukan di sini. Mudah dan berguna untuk amankan data pribadimu!
LIHAT ARTIKEL

3. Cara Registrasi Kartu Telkomsel melalui GraPARI

Jika dirasa respons sistem saat mendaftar kartu Telkomsel via di atas lamban, maka kamu bisa langsung mengunjungi GraPARI buat melakukan pendaftaran, geng.

Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan daftar via online yang terkadang kamu diminta buat menunggu 24 jam. Gimana caranya? Yuk, simak di bawah.

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti KK dan KTP.
  2. Kunjungi GraPARI terdekat.
  3. Ambil nomor antrian lebih dahulu.
  4. Ikuti instruksi dari petugas yang ada di sana.

4. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Call Center

Selain dari GraPARI, sebenarnya ada cara cepat buat registrasi kartu Telkomsel 2022 lainnya yang bakalan Jaka bagikan. Caranya ialah lewat call center.

Bagaimana cara lengkapnya? Langsung simak di bawah ini, yuk.

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu KK dan KTP.
  2. Buka menu Call/Panggilan di nomor 188.
  3. Ikuti instruksi pendaftaran yang dijelaskan oleh sistem lewat voice over.
  4. Jika ada kendala, kamu bisa langsung minta untuk berbicara dengan Customer Service (CS).

5. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui USSD

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan buat registrasi kartu Telkomsel tanpa gagal ialah via menu USSD. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti KK dan KTP.
  2. Masuk ke menu Call/Panggilan dan hubungi *444#.
  3. Klik menu Pendaftaran.
  4. Ikuti instruksi yang diminta di sana.

6. Cara Registrasi Kartu Telkomsel bagi Warga Negara Asing (WNA)

Kalau cara yang Jaka jelaskan barusan secara keseluruhan buat pengguna dalam negeri saja. Sementara di bagian ini, Jaka bakalan menjelaskan cara daftar kartu Telkomsel tanpa KK untuk WNA.

Soalnya, banyak WNA yang ketika berkunjung ke Indonesia, menjadikan Telkomsel sebagai provider komunikasi mereka.

Nah, jika kamu punya kenalan WNA yang sedang bingung gimana cara aktivasi SIM card Telkomsel, kamu bisa ikuti panduan dari Jaka di bawah.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk WNA via GraPARI

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti Paspor, KITAP, dan KITAS untuk dibawa ke GraPARI.
  2. Ambil nomor antrean saat sampai di sana.
  3. Tunggu beberapa saat sampai nomormu dipanggil.
  4. Ikuti instruksi dari pegawai di GraPARI. Selesai

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk WNA via Call Center

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti Paspor, KITAP, dan KITAS.
  2. Buka menu Call/Panggilan dan hubungi nomor 188.
  3. Pilih layanan Registrasi Kartu.
  4. Lalu, ikuti instruksi yang tampil di sistem saat mendaftar.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk WNA via USSD

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti Paspor, KITAP, dan KITAS.
  2. Buka menu Call/Panggilan dan hubungi nomor *444#.
  3. Pilih layanan Registrasi Kartu.
  4. Lalu, ikuti instruksi yang ada di sistem untuk mendaftar.

7. Cara Cek Kartu simPATI sudah Terdaftar Apa Belum

Ada 4 cara yang digunakan untuk mengetahui apakah kartu simPATI yang kamu punya sudah sukses terdaftar atau belum.

Pertama, kamu bisa mengakses situs Telkomsel di https://telkomsel.com/cek-prepaid. Sayangnya setelah Jaka coba, situs ini sudah tidak bisa diakses.

Kedua, kamu bisa mencoba menghubungi Call Center Telkomsel pada 0807-1-811-811. Nantinya kamu tinggal menyiapkan nomor simPATI mu yang aktif ditambah NIK dan KK.

Ketiga, kamu bisa langsung menuju ke GraPARI Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Sama seperti cara di atas, kamu tinggal menyiapkan nomor simPATI mu yang aktif ditambah NIK dan KK.

Keempat, kamu bisa memanfaatkan fitur SMS Dial untuk menghubungi Data Server Nasional. Berikut cara cek registrasi kartu simPATI:

  1. Silakan menuju UMB Dial Number, lalu ketikkan kode nomor di bawah ini.

*444#

  1. Kalau sudah muncul jendela notifikasi baru, pilih nomor 2 yang bertuliskan Cek Status Registrasi.
  2. Tunggu agak lama sampai muncul pesan SMS dari 4444 yang menyatakan bahwa nomormu sudah terdaftar.

Kenapa Registrasi Kartu simPATI Gagal Terus?

Kamu sudah mengikuti cara registrasi kartu simPATI baru, baik secara online maupun lewat HP Android. Namun ternyata kamu nggak menerima notifikasi apapun. Atau, kamu malah mendapat notifikasi kalau nomormu gagal terdaftar.

Kira-kira kenapa ya bisa seperti itu? Ada beberapa faktor yang menyebabkan registrasi kartu simPATI, Loop, As, hingga Halo gagal. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jaringan Error: Jaringan nasional yang lagi padat bisa membuat terjadinya traffic jam sehingga memperlambat proses registrasi. Potensi gagal bisa lebih besar.
  2. Nomor KK atau NIK Salah: Hati-hati saat menginput data berupa angka. Kalau kamu salah memasukkan angka KK atau NIK, datamu bakal nggak bisa terinput di Database Nasional.
  3. Data Ganda: Bisa jadi nomor KK atau NIK mu diblokir oleh Dispenduk karena kasus data ganda. Kalau sudah begini, wajib diurus!
  4. Kematian Anggota Keluarga: Ternyata, kematian anggota keluarga terutama ayah atau ibu berpotensi mengubah nomor KK.
  5. Pengguna Berpindah Kota: Jika pengguna kartu simPATI berpindah domisili dan mengubah alamat KTP nya sesuai domisilinya sekarang, ada kemungkinan nomor KK mu bakal berganti.

Berapa Lama Proses Registrasi Kartu simPATI?

Baik pengguna lama maupun baru kartu simPATI Telkomsel bakal mendapatkan kemudahan registrasi kartu yang singkat dan cepat.

Biasanya, proses pendaftaran kartu simPATI berlangsung kurang dari 5 menit. Namun untuk proses validasinya sendiri di Database Nasional memakan waktu 1x24 jam.

Apabila traffic sedang lancar, hari itu juga kamu bisa langsung mendapatkan pesan konfirmasi via SMS bahwa nomormu sudah terdaftar, geng.

Kecepatan proses registrasi kartu simPATI sendiri nggak berhubungan dengan kebijakan zonasi Telkomsel terbaru, mengingat zona wilayah ini hanya mengatur pembagian harga saja.

Cara Registrasi Kartu simPATI Tanpa KK dan KTP, Bisa?

Setelah kamu membaca penyebab registrasi kartu simPATI Telkomsel gagal, pastinya kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa nomor KK dan NIK pada KTP sangatlah penting dalam proses ini.

Dengan begitu, kamu nggak bakal bisa mendaftarkan kartu Telkomsel jika nggak ada kedua hal ini, mau itu kartu simPATI, Loop, As, hingga Halo.

Maka, jika kamu menemukan situs yang menjabarkan cara registrasi kartu simPATI tanpa KK dan KTP, Jaka jamin itu hoax 100%, geng!

Bisakah Kartu simPATI yang sudah Mati Diaktifkan Kembali?

Apa yang terjadi jika kamu ingin registrasi kartu simPATI, tapi kamu baru nyadar kalau kartumu ini sudah habis masa berlakunya alias mati?

Sebenarnya, kartu simPATI, seperti kartu Telkomsel atau lainnya, masih bisa diselamatkan jika nomor itu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari. Jika sudah lebih dari 15 hari, kartumu sudah nggak bisa diaktifkan lagi.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel tentang Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati yang sudah pernah Jaka tulis di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!
Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati ternyata gampang banget. Berikut panduan cara reaktivasi kartu Telkomsel paling mudah dan ter-update 2023!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka mengenai cara registrasi kartu simPATI baru yang berlaku per tahun 2021. Gimana? Gampang banget bukan?

Jangan lupa lakukan registrasi terhadap kartu Telkomsel simPATI yang kamu gunakan, ya!

Baca juga artikel seputar Telkomsel atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Paket Internet XL Terlengkap 2022, dari Kuota Terbaru Sampai Unlimited

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

Daftar Harga Paket Internet Tri (3) Update Agustus 2023, Lengkap!

Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru September 2023, Banyak Pilihan!

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

Kembali Keatas