4 Cara Pasang WiFi di Rumah Tanpa Kabel Telepon, Mudah & Murah!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 16 Mei 2020, 14:00
Nggak sanggup kalau harus bayar mahal biaya pasang WiFi hotspot? Mending simak tips cara pasang WiFi di rumah dengan biaya hemat berikut ini!

Memiliki jaringan WiFi pribadi di rumah pastinya menjadi keinginan bagi setiap orang, apalagi di zaman yang serba membutuhkan koneksi internet seperti sekarang ini.

Mulai dari aktivitas hiburan seperti nonton film streaming, hingga untuk keperluan kerjaan sekalipun semuanya serba membutuhkan dukungan koneksi internet.

Sayangnya, keinginan untuk memiliki jaringan WiFi pribadi tersebut seringkali nggak bisa dinikmati oleh semua kalangan karena terkendala oleh biaya pasang WiFi hotspot yang dianggap mahal.

Oleh karena itu, di artikel kali ini Jaka akan membahas tips cara pasang WiFi di rumah dengan biaya murah dan tanpa kabel telepon, geng. Mau tahu?

Tips Cara Pasang WiFi di Rumah dengan Biaya Murah

Jika dibandingkan dengan koneksi internet paket data dari HP, layanan internet berbasis WiFi memang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

Tapi, kalau harga yang ditawarkan terlalu mahal? Mencari cara pasang WiFi sendiri di rumah pun jadi solusinya.

Apalagi kalau kamu memang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari jangkauan jaringan telepon, pasang WiFi sendiri emang sudah paling benar deh!

ADVERTISEMENT

Nah, buat kamu yang lagi mencari cara pasang WiFi di rumah dengan biaya murah dan tanpa kabel telepon, berikut Jaka punya beberapa tips caranya.

1. Menggunakan Modem WiFi

Sumber foto: JakartaNotebook (Kamu bisa menggunakan MiFi untuk cara pasang WiFi di rumah tanpa kabel telepon).

Tips pertama buat kamu yang mau pasang WiFi sendiri di rumah adalah dengan menggunakan modem WiFi alias MiFi, geng.

Saat ini ada banyak sekali modem WiFi yang dibanderol dengan harga terjangkau dan bahkan sudah menawarkan konektivitas jaringan 4G.

Selain itu, sejumlah produk MiFi juga menawarkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan beberapa gadget sekaligus dalam satu waktu, layaknya layanan WiFi rumahan pada umumnya.

Cara pasang modem WiFi alias MiFi juga sangat mudah karena kamu nggak perlu mendaftar terlebih dahulu seperti ketika ingin pasang WiFi Telkom atau lainnya.

Kamu hanya perlu membeli perangkat MiFi dan sebuah kartu SIM yang sudah terisi kuota internet. Kemudian masukkan kartu SIM tersebut ke slot yang sudah disediakan, lalu nyalakan MiFi. Selesai deh!

Nah, buat kamu yang lagi bingung mikirin bagaimana cara pasang WiFi di kampung, penggunaan MiFi ini bisa banget kamu coba lho, geng.

2. Menggunakan Router USB

Sumber foto: T-Elek International (Gunakan router USB untuk cara memasang WiFi sendiri di rumah).

Nggak jauh berbeda dengan MiFi, router USB juga pada dasarnya menawarkan fungsi yang sama yaitu untuk memancarkan sinyal WiFi, geng.

Hanya saja, penggunaan router USB memerlukan perangkat tambahan lain yaitu berupa modem USB yang berperan sebagai sumber penyedia jaringan internetnya.

Dibandingkan dengan perangkat MiFi biasa, router USB umumnya menawarkan kecepatan internet yang lebih kencang tergantung dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Meskipun mungkin budget yang dikeluarkan untuk menggunakan router USB ini lebih besar dibandingkan dengan membeli MiFi, tapi yang pasti nggak semahal biaya pasang WiFi hotspot dari provider penyedia layanan internet rumahan kok, geng.

3. Menggunakan Hotspot di HP

Kalau yang satu ini cocok banget nih, geng, buat kamu yang lagi mencari cara pasang WiFi di rumah dengan biaya murah dan tanpa kabel telepon.

Soalnya, kamu nggak perlu membeli perangkat modem apapun karena hanya memanfaatkan fitur hotspot tethering yang ada pada smartphone Android atau iOS milikmu.

Nah, mengenai cara pasang WiFi menggunakan hotspot di HP sendiri sangat mudah, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Buka 'Settings'

Langkah 2 - Buka menu 'WiFi'

Sumber foto: JalanTikus (Beli paket internet unlimited dan gunakan fitur hotspot tethering untuk cara pasang WiFi di rumah tanpa batasan kuota).

Langkah 3 - Aktifkan hotspot tethering

Selain mengikut langkah-langkah di atas, kamu juga bisa aktifkan fitur hotspot tethering dengan lebih mudah lewat jendela notification bar seperti gambar di bawah ini, geng.

4. Berlangganan WiFi IndiHome

Kalau kamu sudah mecoba ketiga cara pasang WiFi di atas dan menganggap bahwa cara itu kurang efektif, maka jalan terakhir yang harus kamu pilih yaitu dengan berlangganan WiFi IndiHome, geng.

Nah, supaya biaya tagihan setiap bulannya lebih murah, kamu bisa memilih paket IndiHome yang menawarkan produk internet saja tanpa layanan UseeTV.

Misalnya saja paket IndiHome Phoenix, di mana paket ini menggabungkan antara internet dan telepon menjadi satu sehingga kamu bisa menikmati dua fasilitas tersebut hanya dengan membayar satu paket saja.

Nah, buat kamu yang belum pernah berlangganan IndiHome, kamu bisa simak pembahasan cara pasang WiFi IndiHome di bawah ini.

Cara Pasang WiFi IndiHome

Kamu belum pernah berlangganan internet IndiHome? Mau tahu cara pasang WiFi IndiHome dengan mudah secara online?

Nih, kamu simak saja langkah-langkah cara pendaftaran IndiHome via website resminya berikut ini.

Langkah 1 - Buka website resmi IndiHome

Langkah 2 - Cek ketersediaan pada 'Alamat pemasangan'

Sumber foto: JalanTikus (Gambar di atas merupakan salah satu langkah cara pasang WiFi IndiHome secara online via web).

Langkah 3 - Pilih paket IndiHome

Sumber foto: JalanTikus (Harga pasang WiFi internet saja IndiHome berbeda-beda tergantung paket yang dipilih).

Langkah 4 - Masukkan data personal

Jika, semua prosesnya sudah berhasil kamu lewati, maka terakhir kamu tinggal menunggu pihak IndiHome menghubungimu via telepon atau email.

Setelah itu, tim teknisi pun akan datang ke rumah untuk memasang WiFi IndiHome, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa tips cara pasang WiFi di rumah dengan biaya murah dan tanpa kabel, geng.

Ada juga langkah cara pasang WiFi IndiHome buat kamu yang mungkin lebih memilih mengeluarkan budget lebih demi mendapatkan koneksi internet lancar dan cepat.

Semoga artikel dari Jaka kali ini bermanfaat dan membantu kamu, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Mengganti Password Wifi Semua Modem, Indihome, dan ISP Lain Terbaru & Lengkap!

6 Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Terbaru 2022, Cuma 5 Detik!

Cara Ampuh Mengatasi IndiHome Gangguan (Penyebab + Cara Lapornya)

Penyebab & Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot 2021 | Paling Ampuh!

Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Berasa Jadi Hacker!

15 Aplikasi Pembobol Wifi Paling Ampuh 2022, Bisa Digunakan untuk Android dan PC

undefined
Kembali Keatas