Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Menganggu | Dijamin Hilang 100%!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 13 November 2020, 21:00
Kamu sering merasa terganggu dengan iklan pada saat browsing? Tenang geng, Jaka punya cara menghilangkan iklan di HP Android mu!

Cara menghilangkan iklan di HP kini jadi jurus ampuh agar aktivitas browsing kamu nggak lagi terganggu dengan kemunculan berbagai iklan.

Padahal, browsing alias menjelajah internet tentunya menjadi salah satu aktivitas favorit yang sering kita lakukan dengan smartphone ataupun laptop. Mulai dari mencari informasi hingga menonton film favorit.

Tentu kamu nggak mau hal tersebut terjadi lagi, kan? Kalau begitu, bagaimana cara menghilangkan iklan di smartphone?

Tenang aja, Jaka akan memberikan beberapa panduan cara menghilangkan iklan di HP Android paling efektif dan dijamin works 100%. Gak sabar kan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Iklan di HP

Nggak selamanya iklan di website yang kamu buka aman. Mau kamu buka di HP maupun laptop, semua menyimpan potensi yang berbahaya buat gadgetmu. Ini pun sama seperti aplikasi-aplikasi asing yang diam-diam membawa virus, loh!

Untuk mengetahui cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul, kamu harus melakukan beberapa tahapan dan langkah yang sudah Jaka tulis di bawah ini, ada juga yang tanpa aplikasi ya!

Nantinya, kamu bisa menghilangkan aneka iklan yang ada di HP mu, mau itu Samsung, Xiaomi, HP vivo, Oppo, hingga Advan. Gak sabar kan? Tanpa menunggu lama-lama, berikut ulasannya!

ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Tanpa Root

Kamu pasti sering ditawari bisa bebas dari iklan namun dengan syarat smartphone Androidmu harus di-root terlebih dulu.

Padahal, bisa dibilang sudah cukup banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk bebas dari iklan tanpa perlu root HP Android kesayangan kamu.

Untuk yang belum tahu, Jaka kasih kamu cara menghilangkan pop up iklan di Android.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Menggunakan AdClear

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi bernama AdClear. AdClear sendiri adalah aplikasi yang punya fitur untuk memblokir iklan saat kamu browsing atau menggunakan aplikasi lain yang berpotensi disisipi iklan.

1. Buka aplikasi AdClear

Kamu bisa langsung download aplikasinya secara gratis pada tautan yang Jaka sediakan di bawah ini.

AdClear 5.0.0
Apps Productivity Seven Networks
DOWNLOAD

Setelah memastikan aplikasi tersebut terpasang di smartphone Android kamu, maka kamu bisa langsung buka aplikasinya dan aktifkan fitur untuk memblokir iklan.

2. Konfigurasikan AdClear dengan Browser Terkait

Setelah itu, kamu langsung konfigurasikan aplikasi AdClear dengan browser terkait, misalkan saja di Samsung Browser. Selesai! Sesimpel itu, geng.

Kalau kamu bertanya kenapa kok aplikasi ini nggak bisa dikonfigurasikan di aplikasi browser terbaik lainnya seperti Google Chrome, itu karena Chrome punya metodenya sendiri untuk menghilangkan iklan. Berikut panduannya!

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android

Selain menggunakan AdClear, cara menghilangkan iklan di HP tanpa aplikasi adalah dengan memodifikasi pengaturan Google Chrome. Google Chrome sendiri adalah browser utama yang digunakan sebagian besar pengguna Android.

Untuk dapat bebas iklan saat menjelajah internet dengan browser yang satu ini, kamu cukup ikuti langkah demi langkah berikut:

1. Buka Google Chrome

Buka Google Chrome, lalu pilih menu Settings untuk mulai mengatur agar browser tersebut memblokir iklan yang muncul.

2. Pilih Site settings

Setelah berada di menu Settings, lanjutkan dengan memilih Site settings.

3. Pilih pop-ups

Lanjutkan dengan memilih Pop-ups, lalu aktifkan menu tersebut agar Google Chrome secara otomatis memblokir iklan yang ada di situs manapun yang kamu kunjungi.

Selesai! Supaya tahu panduan lebih lengkapnya, kamu bisa membaca lewat artikel Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome di Android dan PC Tanpa Ribet di awah ini:

Cara Menghilangkan Notifikasi Chrome Di Android Dan PC Tanpa Ribet
Bingung gimana cara menghilangkan notifikasi Chrome yang mengganggu? Jaka punya nih cara mematikan notifikasi Chrome Android & PC yang dijamin berhasil.
LIHAT ARTIKEL

Cara Menghilangkan Iklan di HP Menggunakan NoRoot Firewall

Cara atau metode yang ketiga untuk bebas dari iklan adalah dengan menggunakan aplikasi NoRoot Firewall.

Aplikasi ini bukan hanya bisa kamu gunakan untuk memblokir iklan yang ada di browser, melainkan seluruh aplikasi di smartphone Android kamu yang berpotensi memunculkan iklan, bisa ikut diblokir. Berikut cara menggunakannya:

1. Instal aplikasi NoRoot

Setelah menginstal aplikasi NoRoot Firewall di smartphone Android kamu, segera buka aplikasinya. Pilih tab Apps untuk melihat daftar aplikasi yang ada di HP kamu.

2. Pilih aplikasi yang ingin di blokir

Kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu blokir iklannya. Caranya hanya dengan menandai aplikasi tersebut dengan dua tanda X yang otomatis membuat iklan yang berpotensi ada di aplikasi tersebut jadi tidak muncul.

NoRoot Firewall 2.2.5
Apps Antivirus & Security Grey Shirts
DOWNLOAD

Cara Menghilangkan Iklan di HP Menggunakan UC Browser

Metode terakhir adalah dengan menggunakan browser lain yang juga memiliki fitur untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul.

Salah satunya adalah UC Browser. Browser yang satu ini juga bisa kamu andalkan untuk menjelajahi berbagai situs di internet tanpa terganggu dengan munculnya berbagai iklan.

Berikut langkah-langkah menggunakan UC Browser tanpa iklan:

1. Buka UC Browser

Buka UC Browser lalu pilih ikon tiga garis mirip hamburger yang ada di posisi bawah tengah. Masuk menu Settings, lalu pilih Add-ons.

2. Aktifkan Ad Block

Pilih Ad Block lalu aktifkan Ad Blocker dan Powerful Ad Blocker untuk memblokir segala jenis iklan agar nantinya tidak muncul selama kamu browsing menggunakan UC Browser.

UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps Browser UCWeb Inc.
DOWNLOAD

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Samsung masih jadi salah satu merek smartphone paling banyak digunakan saat ini. Untuk kamu pengguna merek asal Korea Selatan ini, ada beberapa cara tersendiri untuk menghapus iklannya.

Berikut dua cara menghilangkan iklan di HP Samsung yang bisa kamu terapkan juga di HP lainnya seperti ASUS, vivo, Oppo, atau Advan.

1. Menghapus Aplikasi Selain dari Play Store

Pengguna Android yang gemar eksplorasi cenderung akan menginstal berbagai aplikasi, termasuk yang bukan berasal dari Play Store resmi. Sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut seringkali berisi banyak iklan mengganggu.

Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Buka menu pengaturan smartphone > pilih Aplikasi > pilih aplikasi yang bukan dari Play Store > Pilih Hapus Instalasi atau Unistall aplikasi tersebut.

2. Hapus Aplikasi Aktif/Berjalan yang Mencurigakan

Cara yang kedua adalah dengan menghapus aplikasi aktif atau aplikasi yang sedang berjalan dan mencurigakan.

Kembali lagi, aplikasi-aplikasi dari toko tidak resmi atau aplikasi "selundupan" yang datang entah dari mana dan ternyata berjalan tanpa diketahui bisa memunculkan iklan mengganggu.

Kamu bisa mematikannya dengan cara memilih menu Aplikasi Aktif > Pilih aplikasi asing berjalan yang tidak kamu kenal > Uninstall aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Selain Samsung, Xiaomi juga jadi salah satu merek paling banyak digunakan. Sayangnya, ada sedikit cara berbeda untuk bisa menghilangkan iklan di HP yang satu ini.

Ikuti langkah demi langkah di bawah ini untuk bisa menerapkan cara hapus iklan di HP Xiaomi dengan mudah yang bisa dilakukan di HP lainnya seperti ASUS, vivo, realme, Oppo, atau Advan.

1. Masuk ke pengaturan

Masuki menu Pengaturan/Setelan > Pilih opsi Setelan tambahan.

2. Pilih privasi

Lanjutkan dengan memilih Privasi.

3. Pilih menu aplikasi dengan akses penggunaan

Selanjutnya, kamu tinggal pilih menu Aplikasi dengan akses penggunaan.

4. Pilih aplikasi msa

Pilih aplikasi msa > Lanjutkan dengan mematikan Izinkan akses penggunaan agar iklan di HP Xiaomi kamu tidak muncul lagi.

Cara Menghapus Iklan di HP ASUS

Buat kamu yang kini menggunakan HP ASUS dan terganggu dengan iklan-iklan yang muncul, gak perlu khawatir, geng! Pasalnya, Jaka bakalan kasih tahu kamu cara hilangkan iklan di HP ASUS.

1. Melakukan Factory Reset

Sumber foto: ASUS.com

Cara satu ini terbilang paling ampuh dalam menghapus semua iklan yang muncul di HP ASUS kamu. Gak cuma iklan, bahkan aplikasi dan data kamu juga bakal terhapus, geng.

Factory Reset adalah upaya mengembalikan software device kamu ke kondisi ketika awal device tersebut diproduksi dengan cara menghapus semua data dan setelah yang kamu buat.

Oleh karena itu, Jaka merekomendasikan kamu untuk terlebih dahulu mem-backup data-data penting sebelum melakukan cara yang satu ini.

2. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Kalau kamu suka download aplikasi dari luar Google Play Store, terkadang APK tersebut membawa virus atau malware yang membahayakan HP kamu.

Seringkali, APK ilegal tersebut malah bikin HP ASUS kamu malah jadi penuh iklan. Apalagi jika kamu download APK tersebut dari situs abal-abal yang gak terjamin keamanannya.

Misalnya kamu cuma download 1 aplikasi. Gak taunya, yang ter-install di HP kamu malah ada 2 aplikasi. Kalau ini sih kamu wajib waspada, geng.

Cara Menghilangkan Iklan di HP OPPO

Untuk menghilangkan iklan di HP OPPO, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas yang sudah Jaka bahas sebelumnya. Namun, jika iklan muncul dari Google Chrome, maka kamu bisa ikuti cara berikut ini:

1. Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome yang terpasang di HP OPPO kamu.

Google Chrome 64-bit 86.0.4240.111
Apps Browser Google Inc.
DOWNLOAD

2. Masuk ke menu Settings

Klik pada tombol menu dengan ikon 3 titik di pojok kanan atas. Kemudian, pilih Settings.

3. Pilih Site Settings

Pilih tab Site Settings. Di sini, kamu bakalan mengubah setelan pada JavaScript dan Pop-Ups.

4. Nonaktifkan JavaScript dan Pop-ups

Nonaktifkan keduanya untuk mencegah iklan muncul di HP OPPO kamu. Perlu diingat, menonaktifkan JavaScript bakal memengaruhi tampilan beberapa Web yang kamu kunjungi. Untuk mencegahnya, kamu bisa klik pada opsi ADD SITE EXCEPTION.

Cara Hilangkan Iklan di HP Advan

Meskipun HP ini gak setenar Samsung, Xiaomi, atau OPPO, namun pengguna Advan di Indonesia cukup banyak, lho. Harganya yang murah dengan dibekali fitur canggih jadi poin plus HP anak bangsa ini.

Banyak banget pengguna HP Advan yang mengeluh kalau HP-nya sering muncul iklan. Oleh karena itu, Jaka mau kasih tahu kamu cara menghilangkan iklan di hadphone Advan dengan mudah.

Salah satu langkah yang paling mudah dan simpel adalah dengan mengecek aplikasi mencurigakan yang terpasang di HP-mu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Settings

Buka aplikasi Settings di HP-mu, kemudian scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi Aplikasi / Applications.

Sumber foto: BKD Tutorials (YouTube)

2. Cari aplikasi yang mencurigakan

Carilah aplikasi yang menurutmu mencurigakan. Cara paling mudah sih dengan mencari aplikasi yang gak ada namanya dan kamu gak ingat pernah meng-install.

Sumber foto: BKD Tutorials (YouTube)

3. Hapus aplikasi

Klik pada aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi untuk menghapus aplikasi tersebut. Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi cleaner agar HP-mu bersih dari malware.

Akhir Kata

Itulah beberapa kumpulan cara menghilangkan iklan di HP Android yang kamu gunakan.

Kini aktivitas kamu di smartphone gak perlu lagi terganggu dengan munculnya iklan yang selain mengganggu, kadang bikin kita jadi kurang produktif. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

9 Aplikasi Edit Suara Gratis Terbaik 2021 di Android & PC | Bikin Suara Jadi Merdu!

Sering Lihat Iklan Game of Sultans di YouTube? Itu Game Apa Sih? Ini Dia Pembahasannya!

30 Aplikasi Android Terbaik Desember 2018 | Paling Seru

15+ Aplikasi Nonton Film Bioskop Gratis & Legal di HP | Lengkap!

Cara Menghilangkan Status Online di WA | Privasi Tetap Terjaga!

undefined
Kembali Keatas