Cara Tepat Menggunakan Aplikasi Sosial Media Supaya Tidak Boros Kuota Dan Baterai

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 05 May 2017, 15:00
Paket kuota data kamu sering cepat habis? Coba cek jangan-jangan ada aplikasi yang boros kuota? Nih, Jaka kasih tahu juga daftar aplikasi yang banyak mengonsumsi kuota data dan penggunaan daya baterai.

Masih mahalnya harga kuota di Indonesia memaksa kita untuk pandai berhemat. Apalagi bagi kita pengguna aktif sosial media tentu saja borosnya kuota data akan menjadi mimpi buruk di tanggal tua. Belum lagi penggunaan aplikasi sosial media tersebut juga terlalu banyak menguras penggunaan daya baterai smartphone.

Masalah tersebut juga menjadi persoalan tersendiri mengingat harga smartphone dengan kapasitas baterai yang besar juga masih relatif mahal. Lalu bagaimana mengatasi kedua permasalahan tersebut? Dikutip dari situs cnet, berikut adalah daftar aplikasi yang masuk kategori sebagai aplikasi yang banyak mengonsumsi kuota data dan penggunaan daya baterai yang berlebihan.

BACA JUGA

    Cara Tepat Menggunakan Aplikasi Sosial Media Supaya Tidak Boros Kuota dan Baterai

    1. Instagram

    Aplikasi Instagram ternyata mengonsumi data sebanyak 44.81 KB/min, belum lagi masalah tersebut juga masih bertambah dengan fitur preloading video dan gambar. Jadi bagi kamu pengguna Instagram, mungkin saja penyebab kuota kamu boros adalah fitur preloading tersebut. Jadi bagaimana mematikan fitur tersebut? Begini caranya.

    2. Facebook

    Aplikasi Facebook mengonsumsi data sebanyak 3.63 KB/min di belakang layar. Fitur lain yang turut berperan menguras kuota data adalah fitur autoplay video. Oleh karena itu, fitur tersebut harus dimatikan. Berikut caranya.

    ADVERTISEMENT

    3. Twitter

    Twitter sebagai aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia ternyata juga masuk ke dalam aplikasi yang banyak menguras kuota data. Twitter dibelakang layar mengkonsumsi data sebanyak 1.01 KB/min. Fitur yang harus dimatikan dari aplikasi ini adalah fitur auto playing videos. Berikut caranya.

    4. Snapchat

    Aplikasi untuk berbagi foto ini setiap harinya diakses oleh ribuan pengguna. Wajar saja jika aplikasi ini juga banyak mengonsumsi kuota data internet. Di belakang layar, aplikasi ini mengonsumsi data sebesar 8 KB/min. Maka dari itu, ada fitur yang harus kita matikan dari aplikasi Snapchat yaitu fitur travel mode dan location. Berikut caranya.

    Cara lain menghemat penggunaan kuota data menggunakan aplikasi Android

    Selain cara di atas kita juga dapat melakukan cara lain untuk menghemat penggunaan kuota data internet. Cara ini terbilang efektif karena menggunakan layanan aplikasi yang khusus untuk mengatasi permasalahan penggunaan kuota data. Apa saja aplikasi tersebut? Simak uraian berikut ini.

    1. Opera Max

    Opera Max adalah aplikasi berbasis VPN yang digunakan untuk mengurangi penggunaan kuota data hingga mencapai 50 persen. Sambungan koneksi yang dilakukan aplikasi ini menggunakan Opera server sehingga saat koneksi dibuat, data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum di-download ke dalam perangkat ponsel. Aplikasi Opera Max selain mengontrol penggunaan mobile dan WiFi, juga dapat mengontrol aplikasi yang lain seperti aplikasi YouTube dan aplikasi sosial media yang lain.

    2. NetGuard

    Aplikasi NetGuard adalah aplikasi data saver yang dapat mengurangi konsumsi penggunaan data internet secara berlebihan. cara kerja aplikasi ini adalah membatasi setiap aplikasi yang ingin menggunakan koneksi data internet. Tanpa aplikasi NetGuard, kita juga dapat melakukan pembatasan penggunaan internet pada tiap-tiap aplikasi. Caranya untuk Android versi Nougat dengan masuk ke menu 'setting > Data Usage > Data Saver'. Sedangkan untuk Android versi yang lama, yaitu masuk ke menu 'setting > Apps', pilih aplikasi yang diinginkan, kemudian pilih 'Data Usage > Restrict app background data'. Selesai.

    Kedua cara di atas hanya bekerja dengan mencegah penggunaan data tiap aplikasi pada latar belakang perangkat dan membatasi penggunaan data seluler. Pilihan yang paling efektif adalah menggunakan aplikasi NetGuard. Dengan aplikasi tersebut kita akan diberikan akses kendali penuh untuk mengatur aplikasi tertentu agar dapat mengakses internet dan selain itu kita akan diberikan fitur firewall yang dapat mengamankan perangkat dari virus dan malware.

    3. My Data Manager

    Aplikasi ini digunakan untuk mengawasi penggunaan data internet pada perangkat Android kita. Dengan aplikasi My Data Manager, kita dapat melihat aplikasi mana saja yang saat ini menggunakan data, dan seberapa banyak kuota data yang telah digunakan. Jadi secara real-time kita akan diberi tahu penggunaan kuota data dan kita akan diberi tahu apabila terdapat penggunaan data dalam jumlah yang tidak wajar.

    Selain mengawasi penggunaan data, aplikasi ini juga akan mengawasi penggunaan data Roaming yang biasanya biayanya relatif mahal. Jadi, bisa disimpulkan aplikasi ini sangat berguna untuk memberitahukan penggunaan data yang telah kita habiskan sepanjang hari.

    Itulah informasi mengenai cara tepat menggunakan aplikasi sosial media supaya tidak boros kuota dan daya baterai. Apakah kamu punya trik dan tips lain untuk menghemat kuota data di Android? Silakan bagikan di kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat.

    ARTIKEL TERKAIT

    1 Dari 4 Pengguna Smartphone Ingin Pacaran dengan Asisten Digital, Kamu?

    10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!

    APPS TERKAIT
    Facebook 259.0.0.36.115
    Apps Facebook, Inc.
    Instagram 127.0.0.30.121
    Apps Instagram
    Twitter for Android
    Apps Twitter
    Snapchat 10.2.1.0
    Apps Snapchat
    Kembali Keatas