5 Aplikasi Penghemat Penggunaan Data Mobile Di Android

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 25 Maret 2017, 19:30
Kali ini Jaka akan membantu kalian melakukan penghematan data mobile dengan mengandalkan sejumlah aplikasi penghemat data di Android. Apa saja? Simak yuk!

Kebutuhan akan data mobile atau WiFi merupakan salah satu yang amat penting bagi setiap pengguna smartphone Android saat ini. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari banyaknya aplikasi Android dan game-game yang memang membutuhkan data mobile atau WiFi untuk bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

Disadari ataupun tidak, kita sebagai pengguna smartphone umumnya bisa menghabiskan 3 hingga 4 GB data mobile maupun WiFi dalam sebulan. Bahkan, terkadang bisa lebih jika dipakai streaming setiap hari, misalnya. Kalau layanan data mobile kalian unlimited sih, mau sampai 10 GB juga nggak masalah. Tapi, bagaimana kalau layanan data mobile yang kalian gunakan memiliki batasan kuota? Tentunya kita harus menghemat dong?

BACA JUGA
  • Bikin Miskin, 11 Aplikasi Ini Boros Banget Kuota!
  • Gak Nyangka! Ternyata Iklan Bisa Sedot Kuota Kamu Hingga 80%
  • Begini Cara Agar Kuota Internet Bertahan 1 Bulan Penuh

Aplikasi Penghemat Data Di Android

Dampak dari memiliki smartphone, hidup kalian jadi tidak bisa lepas dari internet. Maka wajar saja jika baru diisi, kuota data jadi cepat habis. Apalagi sejumlah aplikasi Android justru terkoneksi ke internet secara otomatis. Jadi, tanpa sepengetahuan kalian kuota data terus terpakai dan baru berhenti setelah habis.

Pertanyaannya, apa yang sebenarnya harus dilakukan terkait masalah ini? Nah, tenang aja. Kali ini Jaka akan membantu kalian melakukan penghematan data mobile kalian dengan mengandalkan sejumlah aplikasi penghemat data di Android. Apa saja aplikasinya? Langsung aja simak pembahasan dari Jaka nih.

1. Facebook Lite

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Oke, aplikasi pertama yang bisa membantu kalian melakukan penghematan data mobile di smartphone Android kalian adalah Facebook Lite.

Facebook Lite merupakan aplikasi yang memang sengaja dibuat untuk diakses oleh para pengguna dengan spesifikasi smartphone rendah. Tentunya, juga untuk mereka yang memang memiliki kuota data terbatas.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Selain itu aplikasi Facebook Lite ini memiliki loading time yang lebih cepat karena konten-konten yang ditampilkan sedikit lebih rendah kualitasnya dibandingkan djika kita mengakses Facebook melalui aplikasi Android Facebook Messenger.

10+ Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android
Kuota data kamu sering cepat habis? Baca artikel ini agar kamu dapat menghematnya guys.
LIHAT ARTIKEL

2. Opera Browser

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Opera Browser merupakan salah satu browser yang cukup terkenal, walaupun tingkat popularitasnya masih sedikit di bawah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Meskipun tidak setenar dua browser tersebut, Opera Browser ini memiliki sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh browser-browser lain, yaitu fitur Opera Turbo.

ADVERTISEMENT

Fitur Oper Turbo ini memungkinkan kalian melakukan penghematan data ketika sedang browsing dengan Opera Browser. Kalian bisa mengakses fitur ini pada bagian Settings di Opera Browser.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Pada bagian Settings, cukup tap pada bagian Data Savings, kemudian kalian akan berpindah ke halaman pengaturan Data Savings.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Nah, di bagian ini, kalian cukup mengaktifkan Enable Data Savings dan juga Block Ads untuk melakukan penghematan data mobile. Selain itu, jangan lupa kurangi meteran bar Image Quality agar data mobile kalian tidak banyak terkuras ketika sedang melakukan load gambar di Opera Browser.

3. Opera Max

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Aplikasi berikutnya yang bisa membantu kalian menghemat data mobile kalian adalah Opera Max. Aplikasi yang masih satu keluarga dengan aplikasi Opera Browser ini merupakan sebuah aplikasi VPN yang mampu mengurangi penggunaan data mobile kalian secara drastis, kira-kira hingga 50%. Caranya dengan melakukan kompresi data yang berasal dari jaringan internet, sesaat sebelum masuk ke dalam smartphone Android kalian.

Agar kalian bisa menggunakan fitur kompresi data yang dimiliki aplikasi ini, ketika kalian membuka aplikasi ini, cukup lakukan tap pada tombol besar berwarna merah yang ada di bagian tengah.

Tombol tersebut berfungsi untuk mengaktifkan fitur Data Savings. Fitur ini akan melakukan penghematan data mobile dan juga data yang ditransfer melalui WiFi dengan cara melakukan kompresi data.

Selain kompresi data, aplikasi ini juga dapat membantu kalian melihat jumlah penggunaan data mobile dan data WiFi, yang digunakan oleh setiap aplikasi yang terkoneksi ke internet.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Jika diperhatikan pada bagian tombol hijau besar di tengah, terdapat waktu yang terus menghitung mundur, kan? Nah, itu merupakan waktu yang diberikan Opera Max untuk menghemat data mobile dan data Wi-Fi kalian. Kalian bisa menambahkan waktu penghematan data tersebut dengan melakukan tap lagi pada ikon + yang ada di tengah tombol hijau tersebut.

4. Netguard - No Root Firewall

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Seperti namnya, Netguard - No Root Firewall merupakan sebuah aplikasi firewall yang berfungsi mengontrol aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh terkoneksi ke internet sepanjang waktu.

Kenapa aplikasi seperti ini diperlukan? Karena salah satu penyebab data mobile kalian sering jebol atau habis adalah sejumlah aplikasi yang terus terkoneksi ke internet tanpa sepengetahuan kalian. Itu berarti aplikasi-aplikasi tersebut akan terus-menerus memakai paket data mobile kalian untuk dowload data dari internet.

Nah, dengan adanya aplikasi Netguard - No Root Firewall ini, kalian bisa menentukan aplikasi Android mana saja yang boleh terkoneksi ke internet untuk mencegah penggunaan data berlebih yang tidak kalian ketahui.

Cara kerja aplikasi ini pun cukup mudah. Kalian hanya perlu menentukan aplikasi Android yang ingin kalian hentikan aksesnya, kemudian pilih ikon drop down atau expand di samping ikon aplikasi pilihan kalian.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Selanjutnya, kalian tinggal menentukan apakah aplikasi Android pilihan kalian tadi akan otomatis terkoneksi via data mobile atau via WiFi atau menghentikan akses aplikasi tersebut ke internet untuk sementara.

5. My Data Manager

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Aplikasi My Data Manager merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu kalian melakukan pengawasan penggunaan data mobile oleh berbagai aplikasi Android yang telah kalian instal di smartphone Android kalian. Penggunaan aplikasi ini juga tidak begitu sulit, berkat tampilannya yang rapi dan user friendly banget.

Kalian bisa melihat penggunaan data mobile kalian pada bagian Mobile. Di sini, kalian juga bisa mengatur batas penggunaan data mobile di smartphone Android kalian dengan cara melakukan tap pada Set or Join Data Plan.

Kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan batas penggunaan data mobile, di mana kalian tinggal mengisi batasan data mobile bulanan yang kalian inginkan. Saat mencapai batas tersebut, nantinya aplikasi ini akan menampilakn pemberitahuan begitu kalian hampir mencapai batasan data mobile yang sudah kalian tentukan. Kalian juga bisa melihat seberapa banyak penggunaan data WiFi di smartphone Android kalian pada bagian WiFi.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Nggak cuman itu, kalian juga bisa melakukan pembatasan data roaming pada bagian Data Roaming, kemudian tap pada bagian Set or Join Data Plan. Kalian akan diarahkan ke halaman pengaturan pembatasan data roaming dan di sini kalian tinggal mengisi saja batasan data roaming yang kalian inginkan. Aplikasi ini akan memberikan peringatan jika nantinya penggunaan data roaming kalian mendekati batas yang kalian sudah tentukan.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Oh, iya, kalian juga bisa melihat history penggunaan data mobile harian kalian dengan mengaksesnya melalui daftar menu yang ada di bagian kiri atas layar smartphone Android kalian.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Satu lagi yang nggak boleh terlewatkan adalah fitur yang bisa membantu kalian melihat jumlah penggunaan data mobile untuk setiap aplikasi Android yang ada di smartphone Android kalian.

Sumber foto: Foto: Google Play Store

Gimana? Mantap kan kombinasi aplikasi penghemat data di Android yang Jaka kasih ini? Okelah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Pesan dari Jaka saya adalah perhatikan terus penggunaan data seluler dan data WiFi kalian, jangan sampai berlebihan dan gunakan seperlunya saja.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga Paket Internet Tri (3) Update September 2022, Lengkap!

Daftar Harga Paket Internet Bolt Terbaru November 2018

Daftar Harga Paket Smartfren Murah & Unlimited Oktober 2021, Mulai Rp5 Ribuan Aja!

Paket Internet Indosat November 2021, Mulai Rp2 Ribuan!

APPS TERKAIT
mySF Self Care, Exclusive Deals, Rewards Smartfren 6.3.8
Apps Smartfren
MyTelkomsel APK 4.2.0
Apps Telkomsel
myCare Indosat 40.50000
Apps Indosat
My BOLT! (Official) 2.2.5
Apps PT INTERNUX
undefined
Kembali Keatas