7 Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti, Cepat dan Mudah!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 18 June 2020, 14:00
Layanan Google Play kamu tidak dapat beroperasi? Harus segera diperbaiki, geng. Berikut cara mengatasi layanan Google Play terhenti, cek selengkapnya!

Apakah kamu sedang mengalami masalah dengan layanan Google Play di HP?

Bagi pengguna Android, pasti sudah gak asing lagi dengan Google Play yang biasa digunakan untuk mengunduh segala jenis aplikasi penting.

Namun, apa jadinya kalau layanan Google Play mengalami masalah dan tidak dapat beroperasi dengan semestinya?

Pastinya kamu gak akan bisa unduh aplikasi baru ataupun update aplikasi lagi. Hal ini akan sangat menyebalkan bagi pengguna Android.

Namun, kamu gak usah khawatir karena Jaka punya cara mudah mengatasi layanan Google Play yang terhenti. Yuk, simak cara selengkapnya!

Penyebab Layanan Google Play Telah Berhenti

Sumber foto: Saung Net (Kenali beberapa faktor penyebab layanan Google Play terhenti berikut).

Google Play merupakan sebuah layanan konten digital yang dikembangkan oleh Google untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Android.

ADVERTISEMENT

Kini, Google Play semakin berkembang dan menjadi sangat penting di perangkat Android. Layanan ini pun jadi salah satu aplikasi sistem yang tidak dapat kamu hapus.

Sayangnya, terkadang pengguna mengalami masalah pada Google Play mereka nih, geng. Salah satunya yang paling sering dialami adalah 'Layanan Google Play telah berhenti' yang tertulis dalam notifikasi singkat.

Jika hal ini terjadi, maka kamu pun tak dapat mengakses layanan Google Play. Itu artinya, semua update aplikasi juga tidak dapat dilakukan. Menyebalkan bukan?

Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab tergantung dari perangkat smartphone Android apa yang kamu gunakan. Dikutip dari Android Pit, berikut adalah penyebabnya:

Tentu penyebab lainnya dapat terjadi di perangkat kamu sehingga layanan Google Play tidak dapat berjalan dengan benar.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena di bawah ini sudah Jaka siapkan pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi layanan Google Play terhenti.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti, Pakai Langkah Jitu!

Nah, sekarang kamu sudah tahu dong faktor apa saja yang menyebabkan layanan Google Play terhenti secara tiba-tiba?

Kalau kamu mengalami masalah ini dan mau tahu bagaimana cara mengatasi layanan Google Play terhenti Xiaomi, Samsung, atau merek HP lainnya, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Hapus Cache Google Play

Cache merupakan sebuah data yang tersimpan sementara yang akan membantu kamu untuk masuk kembali ke halaman sebelumnya tanpa harus melakukan reload.

Namun, terkadang cache ini bisa jadi masalahnya, sehingga kamu harus menghapusnya. Caranya pun cukup mudah.

Langkah 1 - Masuk ke pengaturan aplikasi Google Play Store

Sumber foto: JalanTikus (Ini adalah salah satu langkah cara mengatasi Google Play Store terhenti di Samsung. Tapi, kamu juga bisa terapkan pada merek HP lainnya).

Langkah 2 - Hapus Cache

Sumber foto: JalanTikus (Meskipun terdengar sepele, tapi hapus cache terkadang bisa atasi layanan Google Play terhenti lho).

Sampai di tahap ini, kamu sudah berhasil untuk menghapus cache Google Play. Sekarang kamu tinggal buka kembali aplikasi Google Play di HP deh. Gampang, kan?

Tapi, kalau ternyata langkah cara mengatasi layanan Google Play terhenti di atas masih belum berhasil, kamu bisa gunakan cara selanjutnya berikut ini.

2. Hapus Data Google Play (Cara atasi layanan Google Play terhenti paling ampuh)

Selanjutnya adalah dengan menghapus data Google Play di HP kamu. Hal ini akan menyebabkan segala data yang disimpan dalam Google Play akan terhapus.

Namun, aplikasi Google Play tetap terinstall di HP kamu. Cara untuk menghapusnya cukup mudah, kamu tinggal ikuti langkah menghapus Cache.

Namun, kali ini pilih 'Clear Data' dalam pengaturan storage. Lalu, buka kembali Google Play kamu dan unduh ulang atau update aplikasinya.

Sumber foto: JalanTikus (Hapus data aplikasi merupakan salah satu cara mengatasi Google Play Store terhenti di Samsung atau merek HP lainnya).

Setelah selesai update, maka seharusnya layanan Google Play dapat digunakan kembali.

3. Reset Google Account

Masih cari alternatif cara mengatasi layanan Google Play terhenti? Kalau gitu kamu bisa coba cara selanjutnya yaitu dengan me-reset akun Google.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1 - Masuk ke pengaturan Account

Langkah 2 - Pilih akun Google kamu, lalu Remove Account

Dengan menghapus akun Google, maka segala aplikasi yang terkoneksi dengan akun Google kamu pun akan mengalami reset.

Untuk memasukkan ulang akun, kamu tinggal pilih Add Account di pengaturan Account di HP Android kamu.

4. Force Stop Google Play dan Google Play Services

Jika cara-cara sebelumnya masih belum ampuh untuk mengatasi masalah layanan Google Play terhenti, maka cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan Force Stop Google Play dan Google Play Services, geng.

Dengan melakukan langkah ini, maka apapun yang sedang dikerjakan baik oleh Google Play ataupun Google Play Services akan dihentikan secara paksa dan aplikasi akan keluar sepenuhnya dari latar belakang.

Kamu bisa melakukan Force Stop Google Play melalui halaman setting aplikasi, seperti yang sudah Jaka jelaskan di cara hapus Cache sebelumnya.

Sementara itu, untuk cara menghentikan layanan Google Play sendiri masih sama, kamu hanya perlu memilih tombol 'Force Stop'.

Sumber foto: JalanTikus (Sementara itu, kamu juga bisa pilih Force Stop untuk cara menghentikan layanan Google Play).

5. Unduh Google Play Updates

Cara lainnya yang cukup sepele tapi mungkin sering kamu abaikan, yaitu dengan update aplikasi Google Play kamu ke versi yang lebih baru.

Kamu bisa melakukannya dengan menyalakan auto update aplikasi, sehingga Google Play tak akan ketinggalan versi.

Untuk menyalakan auto update, kamu bisa atur di dalam aplikasi Google Play dengan cara berikut:

Langkah 1 - Buka pengaturan dalam aplikasi Google Play

Langkah 2 - Nyalakan Auto Update

Sementara, alternatif cara lainnya untuk update Google Play Store, kamu bisa simak di artikel Jaka berikut ini:

Cara Update Google Play Store Versi Terbaru | Gampang Banget!
Jangan diabaikan, Google Play Store juga harus diperbarui secara berkala! Simak cara update Google Play versi terbaru di sini.
LIHAT ARTIKEL

6. Matikan VPN

Salah satu penyebab Google Play kamu bermasalah adalah penggunaan VPN yang membuat aplikasi Google Play berjalan dalam versi luar negeri.

Memang aplikasi VPN ini dapat digunakan untuk menginstal aplikasi yang tidak ada di Indonesia. Contohnya adalah game yang telah lebih dulu rilis di negeri asalnya.

Namun, menggunakan VPN dapat menimbulkan eror dan menyebabkan layanan Google Play berhenti bekerja.

Tentu cara yang dapat kamu lakukan adalah mematikan VPN yang sudah menjadi bawaan HP kamu ataupun melalui aplikasi VPN.

7. Restart atau Factory Reset HP

Sumber foto: The Android Soul (Solusi terakhir cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti adalah dengan melakukan restart atau Facrtory Reset).

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah restart hingga factory reset HP kamu sehingga Google Play dapat bekerja seperti semula.

Lakukan restart terlebih dahulu untuk mengetahui apakah layanan Google Play dapat berjalan.

Jika masih tidak bisa, maka cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Namun, kamu harus ingat bahwa factory reset akan menyebabkan segala data yang ada di dalam HP kamu akan terhapus.

Jadi, pastikan kamu back-up data sebelum melakukan factory reset. Cara untuk factory reset pun cukup mudah, kamu bisa temukan di dalam halaman Setting alias Pengaturan.

Akhir Kata

Itu dia cara mengatasi layanan Google Play terhenti yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu melakukan cara yang paling atas secara berurut.

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

20 Aplikasi Nakal Menurut Play Store, Awas Jangan Sampe Ke-Download!

10+ Aplikasi Penghasil Saldo Google Play Tercepat, Ekstra Saldo Tanpa Ekstra Usaha!

Cara Menyadap Panggilan Telepon Pasangan di HP Android, Ampuh Tanpa Ketahuan!

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Mengganti Nama Email Gmail di HP & Laptop, Gak Sampai 1 Menit!

Kembali Keatas