Cara Ampuh Mengatasi First Media Gangguan (Penyebab + Cara Lapornya)

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 12 September 2020, 12:00
First Media gangguan di rumahmu? Begini cara mengatasi gangguan First Media lengkap dengan penyebab dan cara melaporkannya!

First Media adalah layanan internet rumah dan TV kabel milik PT Link Net Tbk. Meski menyajikan kecepatan tinggi, tapi bukan berarti tidak pernah terjadi First Media gangguan.

Beberapa trouble yang mungkin kamu alami akibat gangguan First Media adalah koneksi internet melambat, modem menyala namun tidak tersambung ke internet, atau modem tidak bisa menyala sama sekali.

Padahal, seperti yang mungkin sudah kamu tahu, harga paket langganan First Media tidak murah. Kalau begini, kamu sebagai pelangganlah yang akan dirugikan.

Nah, pada artikel kali ini, Jaka akan membahas mengenai penyebab gangguan First Media lengkap dengan cara mengatasi dan melaporkannya.

Mengalami Gangguan First Media Hari Ini? Atasi dengan Cara Ini!

Kamu sedang download video YouTube atau film favorit tapi tiba-tiba unduhan terhenti di tengah jalan karena internet First Media mati? Pasti menyebalkan banget, kan, geng?

Apalagi jika kamu membutuhkan koneksi internet yang cepat saat sedang belajar atau bekerja dari rumah di era pandemi seperti saat ini, tentunya gangguan First Media akan sangat menghambat aktivitas online-mu.

Kegiatan work from home (WFH) yang banyak dilakukan orang-orang turut menjadi salah satu penyebab First Media gangguan. Tingginya tingkat penggunaan internet rumah menyebabkan traffic First Media melonjak, sehingga internet jadi lemot.

ADVERTISEMENT

Beberapa penyebab lain First Media error hari ini bisa kamu simak melalui penjelasan Jaka di bawah.

Penyebab First Media Gangguan

Pada zaman serba digital seperti saat ini, internet dengan kecepatan tinggi seolah telah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari.

Hal ini nggak mengherankan karena setiap hari kita melakukan aktivitas yang membutuhkan jaringan internet cepat, seperti mencari informasi, melakukan video call, hingga streaming film.

Sayangnya, layanan penyedia internet rumah seperti First Media kadang mengalami gangguan hingga menyebabkan kita nggak bisa terhubung ke internet sama sekali.

Tapi, apakah kamu tahu penyebab gangguan First Media sebenarnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gangguan di Sistem Provisioning Modem

Sumber foto: Tokopedia

Pelanggan First Media sempat tidak bisa terkoneksi ke internet sama sekali pada April 2020 lalu hingga dua hari.

Alasannya disebabkan oleh adanya trouble pada sistem provisioning modem. Hal ini berarti terdapat gangguan pada sistem pengaturan yang membuat modem tidak mendapatkan IP (Internet Protocol).

IP First Media berfungsi untuk menghubungkan kamu ke internet, sehingga jika terjadi masalah pada sistem, maka browser andalanmu pun jadi percuma karena tidak bisa digunakan untuk mencari informasi maupun hiburan di internet.

2. Pemadaman Aliran Listrik

Sumber foto: First Media

Gangguan listrik juga bisa menyebabkan masalah pada layanan internet maupun TV kabel dari First Media, lho, geng.

Hal ini seperti yang dialami oleh wilayah Jabodetabek ketika dilanda banjir besar pada awal 2020 lalu. Agar tidak menimbulkan bahaya dan kerusakan lebih lanjut, PLN memutuskan untuk melakukan pemadaman listrik.

Kalau sudah begini, tentu kamu tidak bisa menikmati film-film terbaru yang sudah ditayangkan di TV kabel dari First Media. Selain itu, aktivitas browsing juga jadi terhambat.

3. Pemeliharaan atau Perbaikan Jaringan

Sumber foto: Urbanasia

Sebagai salah satu layanan penyedia internet rumah dan TV kabel terkemuka, tentu First Media berusaha memberikan kualitas terbaik pada produk mereka.

Hal ini dilakukan dengan pemeliharaan berkala pada jaringan mereka untuk mengetahui jika ada kerusakan atau masalah lain yang menyebabkan koneksi internet para pelanggan menurun, sehingga perbaikan bisa segera dilakukan.

Untungnya, First Media telah menjadwalkan pemeliharaan rutin, sehingga jika mereka terpaksa memutus jaringan karena akan dilakukan perbaikan, maka mereka akan memberitahukan pelanggan terlebih dahulu.

4. Belum Melunasi Tagihan Pembayaran

Sumber foto: Kompasiana

Alasan lain internet First Media mati bisa jadi bukan karena hal teknis, melainkan karena kamu belum membayar tagihan bulanan.

Jika kamu lalai dalam membayar tunggakan, tentu jaringan internet di rumahmu akan diputus. Dengan demikian, kamu nggak bisa menikmati layanan dari First Media sampai kamu membayar tagihan tersebut.

Oleh karena itu, lebih baik buat pengingat setiap bulannya agar kamu nggak lupa membayar tagihan. Ada baiknya jika kamu mengatur reminder tersebut jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Cara Mengatasi Gangguan First Media

Setelah kamu mengetahui penyebab gangguan First Media, maka kamu pasti juga ingin tahu cara mengatasi gangguannya.

Kamu nggak perlu bingung jika mengalami salah satu penyebab First Media bermasalah, karena ada beberapa cara mengatasi gangguan First Media yang bisa kamu ikuti seperti penjelasan di bawah ini.

1. Melakukan Restart Modem

Sumber foto: Keepo.me

Jika masalah yang kamu alami ada pada modem First Media, maka cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan restart.

Coba tekan tombol power pada modem First Media di rumahmu untuk mematikannya, lalu tunggu hingga lima menit. Jika sudah, tekan tombol power kembali untuk mengatifkannya.

Meskipun terdengar sepele, namun cara ini juga sering disarankan oleh petugas First Media. Jika tidak ada kendala yang berarti, maka seharusnya modem di rumahmu sudah bisa kembali berfungsi.

2. Memanggil Teknisi First Media

Sumber foto: BeritaSatu

Jika setelah melakukan restart modem kamu masih tidak bisa terhubung ke internet, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanggil teknisi untuk melakukan pengecekan.

Bisa jadi ada kerusakan yang agak serius pada jaringan internet First Media di rumahmu, sehingga hal ini hanya bisa diatasi oleh profesional.

Masalahnya, kamu harus menunggu hingga teknisi datang ke rumahmu. Selama tidak ada koneksi internet, kamu bisa coba bermain game offline agar tidak bosan, geng.

3. Melunasi Tagihan Pembayaran

Sumber foto: Inferiror Savings Credit Union

Nah, kalau cara yang satu ini sudah jelas bagi kamu yang ternyata masih memiliki tunggakan, yaitu dengan membayar tagihan berlangganan First Media.

Tenang saja, First Media sudah menyediakan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih, sehingga kamu tinggal sesuaikan saja dengan cara yang paling mudah.

Pembayaran bisa dilakukan melalui website First Media, menggunakan kartu kredit, transfer via ATM, m-banking, internet banking, membayar di minimarket, hingga aplikasi jual beli online seperti Tokopedia.

Cara Melaporkan Gangguan First Media

Kalau kamu sudah bisa mengatasi gangguan First Media secara manual, berarti sekarang kamu bisa kembali menikmati layanan internet dan TV kabel dari First Media.

Tapi, jika kamu masih mengalami kendala, maka kamu perlu memanggil teknisi First Media untuk melakukan pengecekan seperti yang telah Jaka jelaskan di atas.

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melapor kepada pihak First Media agar mereka bisa segera mengirimkan teknisi ke rumahmu.

1. Menghubungi Customer Service First Media

Sumber foto: Africa Online Marketing

Cara pertama untuk melaporkan masalah jaringan internet atau TV kabel adalah dengan menghubungi customer service (CS) First Media.

Kamu bisa menghubungi mereka melalui telepon rumah maupun smartphone di nomor 1500 595.

Sebelumnya, pastikan bahwa pulsamu mencukupi jika kamu memilih untuk menelepon CS First Media melalui smartphone agar sambungan telepon tidak terputus di tengah jalan.

2. Melaporkan Gangguan Melalui Twitter

Selain menyediakan call center, kamu juga bisa melaporkan gangguan melalui akun First Media Twitter resmi mereka.

First Media membuka layanan aduan dan permintaan informasi seputar produk mereka melalui akun Twitter @FirstMediaCares.

Kamu bisa langsung mention mereka maupun mengirim pesan di fitur Direct Message (DM). Selanjutnya, tunggu hingga mendapat balasan dan ikuti instruksi dari mereka.

3. Lapor Melalui Aplikasi My First Media

Sumber foto: First Media

Cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk melaporkan gangguan First Media adalah melalui aplikasi My First Media yang bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store.

Nah, langkah-langkah melaporkan keluhan CS First Media melalui aplikasi adalah sebagai berikut.

Langkah 1 - Buka Aplikasi My First Media

Sumber foto: First Media
Sumber foto: First Media

Langkah 2 - Melaporkan Keluhan First Media

Sumber foto: First Media
Sumber foto: First Media
Sumber foto: First Media
Sumber foto: First Media

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan Jaka mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi First Media gangguan. Kalau kamu masih tidak bisa mengatasinya sendiri, kamu bisa ikuti cara melaporkan gangguan First Media di atas.

Dengan demikian, kamu nggak perlu panik ketika tiba-tiba mengalami gangguan First Media hari ini di rumahmu, geng.

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

Bingung Cara Berhenti Berlangganan First Media? Ini Dia Caranya!

11 Cara Bayar Tagihan IndiHome Terbaru 2022, Mudah dan Praktis!

7+ Cara Mengatasi IndiHome Gangguan dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Ngebut Lagi!

Daftar Harga Pasang WiFi Terlengkap 2021 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

20+ Aplikasi Nonton TV Online di Android & PC Legal 2024, Gratis & Kualitas HD!

Kembali Keatas