Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel, Tri, Indosat dkk, Buka Kartu SIM Terblokir

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 11 December 2022, 10:00
Kode PUK Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan AXIS sangat dibutuhkan saat kartu SIM terblokir. Nah, inilah cara mendapatkan kode PUK semua operator!

Sebagai pengguna kartu seluler, kamu mungkin tidak asing dengan istilah kode PUK. Kode ini digunakan untuk membuka kartu SIM yang terblokir.

Nggak sedikit orang yang pernah salah memasukkan PIN kartu SIM. Operator hanya memberikan tiga kali kesempatan, kalau semuanya gagal, kartu bakal terblokir.

Sebenarnya, langkah ini dilakukan demi mencegah kartu SIM-mu diutak-atik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Makanya, sudah seharusnya pemilik kartu mengingat PIN-nya sendiri.

Tenang, kalau sudah terlanjur, kamu bisa kembali membuka blokir kartu SIM-mu dengan kode PUK ini. Simak cara mendapatkannya di artikel Jaka berikut!

Apa Itu Kode PUK 8 Angka?

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK

Kode PUK adalah merupakan kode unik yang dimiliki tiap kartu SIM. Ketika kamu membeli kartu perdana, kamu akan mendapatkan nomor PIN dan PUK untuk keamanan kartumu.

Biasanya, kode PUK digunakan untuk membuka kartu SIM yang terblokir. Tapi, ada juga pengguna yang meminta kode PUK karena ingin berganti layanan seluler dan tetap menggunakan nomor HP yang sama.

Kode yang juga dikenal sebagai Personal Unlock Key ini terdiri dari delapan digit angka berbeda dan dikelola langsung oleh operator jaringan seluler. PUK berperan sebagai pelindung lapis kedua pada SIM.

ADVERTISEMENT

Ketika ada orang iseng yang ingin mendapat akses ke kartu SIM-mu, dia harus memasukkan PIN terlebih dulu. Jika salah 3 kali, maka harus masukkan kode PUK.

Jadi, walaupun PIN kartumu terekspos dan diketahui orang lain, tapi jika tidak tahu kode PUK-nya, kartu SIM-mu bisa dipastikan masih aman.

Kode PUK Lihat Dimana?

Biasanya, jika kamu baru membeli kartu perdana, informasi kode ini disertakan bersama PIN kartu SIM tersebut. Kalau kartumu terlanjur terblokir, kamu bisa mendapatkan kode PUK lewat aplikasi operator.

Kamu juga bisa langsung menghubungi CS operator yang bersangkutan. Tapi, sebelum mendapatkan kode ini, kamu harus memahami beberapa hal terlebih dulu:

  1. Masukkan kode PUK hanya jika kamu mendapat notifikasi bahwa kartu SIM-mu terblokir
  2. Hati-hati saat menginput kode PUK. Jika kamu salah memasukkan kode ini 3 kali, maka kartu SIM akan benar-benar terblokir.
  3. Kalau kamu salah memasukkan kode ini sebanyak 10 kali, kartu SIM kamu tidak akan bisa digunakan lagi.

Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel 2022

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK Telkomsel

Nah, Jaka akan memberikan cara untuk mengetahui apa kode PUK Telkomsel. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

1. Melalui Veronika (Asisten Virtual Telkomsel)

Cara ini Jaka kutip langsung dari laman resmi Telkomsel, jadi 100% works. Kamu akan memanfaatkan fitur Veronika, yang bisa diakses di tautan di bawah ini.

Nah, begini cara mendapatkan kode PUK Telkomsel 8 digit lewat fitur Veronika:

  1. Kunjungi salah satu tautan di atas
  2. Ketik Hai
  3. Ketik Info PUK
  4. Pilih salah satu metode verifikasi yang diinginkan, PIN T-Care, Nomor Telepon atau Tanggal Lahir
  5. Veronika akan mengirimkan Informasi PUK kamu

2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Kamu juga bisa mengecek kode PUK Telkomsel lewat section profil di aplikasi MyTelkomsel. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Masuk tab Menu
  3. Klik ikon edit di kanan atas layar
  4. Kode PUK akan terlihat (kode 1 dan 2)

Bagaimana Cara Mengetahui Kode PUK 3 (Tri)?

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK Tri

Ada setidaknya empat cara untuk mendapatkan kode PUK Tri. Sebelumnya, siapkan dulu nomor Trimu dan kode ICCID (Integrated Circuit Card Identifier) berupa 16 digit nomor di belakang kartu SIM.

Jika sudah, silakan simak cara mendapatkan PUK-nya di bawah. Kamu tinggal sampaikan saja maksudmu, yaitu untuk meminta kode PUK.

  1. Hubungi 123 (Rp300 per panggilan)
  2. Hubungi 0896 44000 123 (berbayar berdasarkan durasi telepon)
  3. Request kode PUK ke 3care@three.co.id
  4. Datang langsung ke 3Store

Cara Mendapatkan Kode PUK Indosat Ooredoo

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK Indosat

Sama seperti kartu Tri, kamu bisa mendapatkan kode PUK Indosat Ooredoo melalui kanal media sosial dan customer service. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mencatat nomor HP Indosat dan kode ICCID-mu.

Kamu dapat langsung menghubungi CS Indosat di nomor 100 (berbayar). Langsung sampaikan keperluanmu, yaitu untuk meminta kode PUK. Jelaskan pula kondisi kenapa kamu harus meminta kode tersebut.

Selain itu, kamu dapat mengakses tautan berikut dan menyampaikan keluhan langsung ke CS Indosat:

Cara Lihat Kode PUK Kartu XL

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK XL

Pengguna XL dapat memanfaatkan kode dial (UMB) dan aplikasi MyXL untuk mengetahui kode 8 digit ini. Cara membuka kode PUK bisa kamu baca di bawah!

1. Akses UMB

Kamu tidak perlu menginstal apapun untuk mendapatkan kode PUK XL ini, cukup buka dial pada kamu dan ikuti instruksi berikut:

  1. Ketik ***123#**
  2. Pilih MyInfo
  3. Pilih Info Kartu XL-ku
  4. Pilih Detail Nomor XL Anda
  5. Pilih Cek Profile
  6. Pilih PUK

2. Aplikasi MyXL

Sebelum menggunakan cara ini, kamu harus mengunduh aplikasi MyXL terlebih dulu di Google Play Store atau Apps Store.

Setelahnya, kamu bisa memilih Info & Bantuan, pilih PUK, lalu ikuti petunjuk selanjutnya untuk membuka kode PUK yang terblokir.

Cara Mendapat Kode PUK AXIS 2022

Sumber foto: Telkomsel - Kode PUK AXIS

Terakhir, ada cara mendapatkan kode PUK AXIS. Kamu bisa melalui akses UMB, aplikasi AXISnet, dan menghubungi call center. Untuk cek melalui kode UMB, kamu harus membuka dial pad HP-mu terlebih dulu. Selebihnya, ikuti langkah berikut:

  1. Tekan *123#** lalu **OK
  2. Pilih MyInfo
  3. Pilih Info Kartu AXIS-ku
  4. Pilih Detail Nomor AXIS Anda
  5. Pilih Cek Profile
  6. Pilih PUK

Untuk cek melalui AXISnet, kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dulu. Setelahnya, cek Info & Bantuan dan pilih PUK. Jika masih belum berhasil, silakan hubungi call center AXIS di 818, 817, atau 883.

Akhir Kata

Cara cek kode PUK kartu SIM ternyata gampang, kan? Secara garis besar, kamu hanya perlu menghubungi pihak call center operatormu dan masalah akan beres!

Kalau dirasa terlalu merepotkan dan makan banyak biaya, kamu dapat memanfaatkan media sosial. Kamu juga bisa cek kode ini di dial pad atau aplikasi operator selulermu.

Jika sudah mendapatkan nomor PUK, kamu harus menyimpannya dengan baik di tempat yang kamu ingat. Jangan pernah memberi tahu informasi PUK kepada siapapun, ya!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Kembali Keatas