Cegah WannaCry Dan Malware Jahat, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 17 May 2017, 08:30
Sebelum terjangkit WannaCry, ada baiknya kamu lakukan cara pencegahannya berikut ini.

Serangan siber pada hari Jumat (12/05/2017) yang melumpuhkan sebagian bisnis dan organisasi besar di Eropa tercatat sebagai salah satu serangan Ransomware terbesar sepanjang sejarah. Selain itu, total puluhan ribu komputer di hampir 100 negara juga turut menjadi korban.

Ransomware adalah perangkat lunak berbahaya dengan tujuan mengambil alih komputer dan membuat penggunanya tidak mampu mengakses semua file di dalamnya sampai memberi tebusan uang. Program yang berbahaya itu dikenal dengan sebutan WannaCry. Pihak yang bertanggung jawab atas serangan ini meminta tebusan sekitar US$300 kepada setiap korban dan harga tersebut terus meningkat setiap waktu.

BACA JUGA
  • 5 Cara Membuat Laptop Bebas dari Serangan Virus dan Trojan

Cegah WannaCry dan Malware Jahat, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Ransomware masuk kedalam kategori program Worm yang dapat menyebar cepat melalui jaringan untuk menginfeksi sistem komputer. Komputer yang terinfeksi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya.

Jadi, yang perlu kita lakukan sebagai pengguna komputer pribadi adalah melakukan tindakan pencegahan sebelum terinfeksi, apa saja itu? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Instal Semua Pembaruan Perangkat Lunak

Sumber foto: Foto: CNET Download

Sering kali kita abai dalam melakukan pembaruan perangkat lunak. Kenapa ini penting? Pembaruan aplikasi biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug pada versi yang sebelumnya. Jika bug tersebut dibiarkan begitu saja, maka dapat menciptakan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan peretas untuk masuk ke dalam akses komputer. Celah keamanan tersebut dapat dimanfaatkan peretas sebagai pintu masuk awal sebelum mengambil alih semua sumber daya komputer.

2. Aktifkan Update Otomatis Untuk Sistem Operasi

Sumber foto: Foto: InfoWorld

Dengan memperbarui sistem operasi secara teratur, maka bug yang sebelumnya ditemukan akan segera diperbaiki. Selain itu, sistem operasi yang up-to-date juga akan semakin meningkatkan sistem keamanan yang ada.

3. Pengguna Windows, Gunakan Windows Defender

Sumber foto: Foto: dafunda.com

Sebenarnya untuk pengguna Windows kita tidak perlu repot-repot mencari antivirus terbaik. Windows Defender adalah jawabannya. Yang terpenting adalah selalu lakukan update secara berkala.

Antivirus bawaan Windows tersebut juga dapat melakukan scan menyeluruh dan mencegah program malware dan worm yang ingin masuk ke dalam komputer. Selain mengatasi virus, Windows Defender juga mampu mencegah segala jenis Spyware.

ADVERTISEMENT

4. Buat Salinan Foto dan Dokumen Secara Teratur

Sumber foto: Foto: HiDrive Free

Lakukan backup file secara berkala, salin semua file tersebut ke tempat penyimpanan terpisah yang aman. Dengan melakukan backup berkala, kita dapat mencegah kehilangan data yang diakibatkan ulah Ransomware. Kenapa ini harus dilakukan? Karena diketahui program Ransomware mampu mengunci sistem komputer dan menghalangi pengguna mengakses semua file di dalamnya.

5. Jangan Klik Link Asing dan Download File Sembarangan

Sumber foto: Foto: wired.com

Program Ransomware mampu menciptakan dirinya sendiri dan mengirimkannya ke alamat email semua orang setiap detiknya. Setelah program tersebut secara tidak sengaja dieksekusi oleh pemilik komputer, maka dengan cepat program jahat tersebut akan menyebar dan menginfeksi semua sistem komputer.

Maka dari itu, selalu waspada terhadap link yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal, dan juga jangan download file sembarangan seperti aplikasi bajakan dan lain sebagainya.

Itulah 5 cara mencegah WannaCry dan malware menyerang sistem komputermu. Kamu sudah melakukan salah satu cara tersebut? Sebaiknya segera lakukan kalau belum, karena jika sudah terkena dampak serangan, tentu akan lebih sulit lagi menanganinya.

ARTIKEL TERKAIT

Perlukah Pake Smartphone dengan Dual Kamera? Ini Jawabannya!

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus, Dijamin Ampuh!

APPS TERKAIT
Avira Free Antivirus 1.2.143.109
Apps Avira GmbH
Norton AntiVirus 2016
Apps Symantec
Avast Free Antivirus 2.1.1286.0
Apps Avast Software
NOD32 AntiVirus 8.0.319.0
Apps ESET
Kembali Keatas