9+ Cara Mempercepat Koneksi WiFi Android & PC Paling Ampuh 2023, Anti Lemot!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 18 April 2023, 13:00
Mau tahu cara memepercepat koneksi WiFi Android dan PC? Nah, kamu bisa coba cara mempercepat jaringan WiFi terbaru berikut ini, Dijamin anti lelet!

Cara mempercepat koneksi WiFi Android dan PC bisa jadi solusi buat kamu yang sering kesal karena jaringan internet di rumahnya terus-terusan lelet. Bahkan, kamu juga bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan, loh.

Seperti diketahui, jaringan WiFi yang lambat bakal membuat banyak merasa tidak nyaman atau terganggu karena berbagai kegiatan jadi terhambat. Apalagi, internet kini sudah menjadi kebutuhan primer, geng.

Namun jangan khawatir, soalnya Jaka punya sejumlah tips cara mempercepat jaringan WiFi di Android dan PC yang bisa kamu terapkan saat ini juga. Penasaran? Simak sampai habis, ya!

1. Mengubah Posisi Router WiFi

Sumber foto: IST - Mempercepat jaringan WiFi.

Siapa yang mengira kalau hanya dengan mengubah posisi router WiFi bisa memengaruhi kecepatan internet yang kamu gunakan?

Cara agar WiFi cepat yang satu ini terdengar simple dan mudah dilakukan, tetapi banyak orang yang justru tidak mengaplikasikan prinsip ini dengan baik yang berakibat pada buruknya kualitas jaringan WiFi.

Nah, untuk menentukan lokasi penempatan router WiFi yang benar kamu bisa ikuti beberapa anjuran, yakni:

2. Mengarahkan Antena Router ke Arah yang Berbeda

Sumber foto: IST - Mengubah arah antena router.

Jika kamu perhatikan, umumnya router WiFi memiliki dua antena yang berada di bagian belakang. Antena ini bisa kamu manfaatkan untuk mempercepat koneksi WiFi, loh.

Untuk memaksimalkan sinyal yang dipancarkan, kamu bisa mengubah arah dari salah satu antena ke arah lainnya, sehingga masing-masing antena dapat meng-cover berbagai sudut ruangan.

Jika salah satu antena mengarah ke atas, kamu bisa mencoba mengarahkan antena lainnya ke arah samping, geng.

3. Beralih ke Router yang Lebih Mumpuni

Sumber foto: IST - Mempercepat koneksi WiFi.

Kamu sudah menggunakan paket internet yang punya kecepatan paling tinggi, tapi masih merasa internet kamu lemot? Nah, bisa jadi masalah utama kamu datang dari perangkat router yang umumnya masih menggunakan router bawaan dari provider, geng.

Untuk mengatasinya kamu bisa beralih membeli dan mengganti dengan router yang lebih mumpuni dan memiliki kecepatan koneksi yang lebih tinggi. Kamu bisa cek rekomendasinya pada artikel Jaka berjudul Rekomendasi Router WiFi Terbaik dan Paling Cepat berikut.

4. Gunakan ISP yang Belum Banyak Digunakan

Terakhir, banyaknya pengguna suatu ISP (Internet Service Provider) bisa saja membuat kualitas internet makin menurun dan lemot. Jangan tergiur dengan harga yang murah, kamu bisa mulai beralih dan menggunakan ISP yang belum banyak digunakan di daerah sekitarmu.

Hal awal yang mesti kamu lakukan adalah mengecek apakah daerah kamu sudah ter-cover ISP tersebut atau menghubungi customer service terkait untuk informasi lebih detail.

5. Mengubah DNS

DNS atau Domain Name System merupakan sebuah protokol yang berfungsi dalam menerjemahkan sebuah halaman web ke dalam IP address.

Sayangnya halaman web dari waktu ke waktu mengalami banyak perubahan dan membuat DNS bekerja keras dalam memuatnya, geng. Mengubah DNS juga merupakan cara agar WiFi cepat yang ampuh.

Metode mengubah DNS alternatif diklaim mampu mempercepat kecepatan internet hingga 20% dibanding jika kamu menggunakan DNS default.

Ada beberapa DNS alternatif yang biasa digunakan, seperti OpenDNS dan Google DNS yang cara mengubah selengkapnya sudah Jaka ulas di bawah ini. Oh, iya, cara ini dilakukan lewat PC Windows 10, ya.

Sumber foto: JalanTikus - Mengubah DNS WiFi.

6. Mengubah Bandwith

Kamu memang akan sulit untuk mengotak-atik bandwith yang diberikan oleh ISP, tapi ternyata Windows juga membatasi bandwith kamu, loh.

Sistem operasi Windows memiliki fitur untuk membagi bandwith untuk layanan Quality of Service (QoS) yang terdiri dari Windows Update dan program lainnya.

Untuk mempercepat WiFi di Windows 10, kamu bisa mengatur dan mengubah setting bandwith dengan langkah-langkah berikut. Namun, untuk pengguna Windows 10 Home Edition, kemungkinan tidak bisa menggunakan cara memepercepat jaringan WiFi ini.

Sumber foto: JalanTikus - Mempercepat koneksi WiFi.

Note:

Mengubah bandwith limit menjadi 0 dapat berisiko mengganggu proses Windows Update dan program terkait lainnya.

7. Flush DNS

Caramempercepat koneksi Wifi ini terbilang sepele, namun melakukan flush DNS untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10 terbukti cukup berhasil.

Soalnya dengan melakukan flush DNS kamu akan me-reset cache DNS PC atau laptop yang sedang kamu gunakan untuk menyesuaikan informasi dan ubahan dari sebuah domain.

Untuk melakukan flush DNS, kamu tinggal mengaksesnya menggunakan Command Prompt dengan beberapa langkah mudah berikut.

Sumber foto: JalanTikus - Mempercepat koneksi WiFi.

8. Ubah Setting Bawaan HP

Tanpa memerlukan aplikasi tambahan, kamu bisa mempercepat jaringan WiFi menggunakan pengaturan bawaan yang sudah ada di HP Android kamu, geng. Nah, di sini Jaka mempraktikkan dengan menggunakan HP Android bertipe Xiaomi Redmi 4X yang sudah menggunakan MIUI 10.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan pun terbilang cukup sederhana. Berikut ini urutan cara yang bisa kamu ikuti dalam cara mempercepat koneksi WiFi Android kamu.

Sumber foto: JalanTikus - Mempercepat koneksi WiFi.

Sampai tahap ini, ada opsi Regular mode untuk membagi bandwith antara aplikasi yang berjalan di foreground dan background secara merata.

Apa pula opsi Extreme mode yang akan mengutamakan bandwith pada aplikasi yang berjalan di foreground. Sementara aplikasi background kemungkinan tidak bisa mengakses internet sementara.

9. Pakai Aplikasi WiFi Switcher

Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan jaringan WiFi dengan kualitas sinyal yang maksimal.

Jaka sendiri merekomendasikan aplikasi bernama WiFi Switcher yang dikembangkan oleh Cloudie Development yang bisa kamu gunakan tanpa perlu akses root.

Aplikasi penguat sinyal WiFI ini memiliki fungsi yang cukup baik untuk HP kamu. Bagaimana cara menggunakan aplikasi WiFi Switcher? Berikut caranya!

Sumber foto: JalanTikus - Mempercepat koneksi WiFi.

Di sini kamu tinggal menetapkan batas minimal kekuatan jaringan WiFi yang kamu anggap lemot. Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Ask Before Switching untuk memberikan notifikasi penggantian WiFi dan Run in Foreground untuk mencegah aplikasi tertutup karena sistem.

Penyebab Koneksi WiFi Lambat Saat Digunakan

Sebelum mulai ke pembahasan utama, mungkin banyak di antara kamu yang belum mengetahui kenapa sinyal WiFi sering menjadi lemot, kan?

Nah, faktanya ternyata sinyal WiFi memiliki jangkauan terbatas, apalagi jika kamu tinggal di rumah bertingkat atau bekerja di kantor dengan ruangan luas.

Dengan mengenal penyebab sinyal WiFi menjadi lemot ini, kamu bisa lebih familiar lagi mengenai cara mempercepat jaringan WiFi. Beberapa penyebab jaringan WiFi lemot di antaranya:

1. Kabel LAN Terputus

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kondisi fisik router dan kabel LAN yang kamu gunakan, geng.

Cek apakah kabel LAN sudah terpasang dengan baik atau belum, penempatannya sesuai atau tidak, dan mungkin terputus loh.

Kabel LAN yang terputus otomatis kan mengganggu kekuatan sinyal WiFi yang kamu terima. Maka dari itu, selalu pastikan kondisi perangkat keras yang kamu gunakan untuk mempercepat koneksi WiFi.

2. Posisi Router WiFi Tidak Sesuai

Kemudian, cek kembali apakah kamu meletakkan router di posisi yang benar atau belum.

Nah, faktanya ada beberapa posisi terlarang untuk meletakkan router, antara lain di lantai, dalam ruangan yang tertutup, dekat dengan jendela, dan dekat barang elektronik lainnya, geng.

Mulai dari penyebaran sinyal WiFi yang kurang maksimal hingga terganggu medan elektromagnetik dari barang elektronik lainnya, bisa menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot.

3. Terlalu Banyak Pengguna WiFi

Hal ini sangat umum ditemui saat kamu menggunakan jaringan WiFi publik alias yang berada di tempat umum, seperti kantor, restoran, maupun pusat perbelanjaan.

Pengguna WiFi yang terlalu banyak kemungkinan besar bisa memengaruhi kecepatan internet saat kamu gunakan.

Makanya sangat disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi yang terkunci dan diberi password, agar kualitas internet terjamin dan anti lemot, geng.

4. Download dalam Kapasitas Besar

Nah, apalagi kalau pengguna yang banyak sedang melakukan proses download dalam kapasitas yang besar, seperti film, game, lagu, ataupun hal lainnya.

Proses download yang terlalu banyak bisa mengganggu stabilitas jaringan internet yang diterima oleh para pengguna. Kenapa internet bisa menjadi lebih lemot saat sedang melakukan proses unduhan?

Pasalnya WiFi akan lebih memberi prioritas untuk menyelesaikan proses download terlebih dulu, makanya saat browsing akan terasa lebih lambat.

5. ISP Bermasalah

Jika keempat penyebab di atas ternyata nggak kamu temui, kemungkinan Internet Service Provider (ISP) kamu yang bermasalah, geng.

Trik cara mempercepat jaringan Wifi Andorid dan PC seperti apapun tidak akan bisa berhasil apabila terjadi gangguan pada ISP yang kamu gunakan.

Kalau ISP sudah bermasalah, yang jelas kamu tinggal menunggu perbaikan atau sekiranya menghubungi untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Akhir Kata

Nah, itulah dia kumpulan cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa kamu praktikkan di HP Android dan maupun PC dengan sistem operasi Windows 10. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, kok.

Di satu sisi, memang ada banyak aspek yang mesti kamu perhatikan jika jaringan internet kamu lemot atau nggak stabil. Namun kalau kamu sudah menguasai cara di atas, maka hidupmu pasti bakal lebih mudah lagi.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar WiFi atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

Rekomendasi 8 Modem WiFi Terbaik dan Tercepat 2022, Anti Lemot & Murah!

11 Cara Mengganti Password WiFi Rumah Semua Modem IndiHome + ISP Lain, Terlengkap 2023!

3 Cara Mudah Daftar Wifi Id 2019 | SMS, UBM, dan Aplikasi

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Terhubung di HP, Mudah!

9 Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Bisa Akses Internet Gratis!

Kembali Keatas