6 Cara Hack Password yang Biasa Digunakan Hacker, WASPADALAH!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 26 Pebruari 2020, 17:30
Password adalah harta paling berharga bagi pengguna internet. Jangan sampai dicuri hacker. Agar semakin aman, yuk kenali cara hack yang biasa digunakan hacker ini!

Hacker jadi salah satu ancaman yang banyak ditakuti oleh pengguna internet. Pasalnya hacker dikenal mampu untuk menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan lewat internet. Ngeri, kan? Data kita bisa dicuri!

Meski tidak semua hacker jahat, namun ada banyak oknum yang menggunakan kemampuannya untuk mencuri password dan data orang lain. Makanya, yuk kenali cara hacker website mencuri password!

BACA JUGA
  • 5 Cara Hacker Membobol Password iPhone dan Cara Mengatasinya
  • Cara Membuka Password RAR Dengan 5 Langkah Mudah
  • Cara Mudah Membuat Password Smartphone Bebas dari Hacking

Cara Hack Website Mencuri Password Kamu

Jika orang lain tahu pasword akun milikmu, tamatlah riwayatmu. Gimana nggak, dalam akun milikmu pasti banyak data pribadi bukan? Makanya buat password yang kuat.

Agar Kamu lebih waspada, yuk kenali cara hack password yang biasa digunakan oleh hacker berikut ini!

1. Dictionary Attack

Metode ini terkenal cepat dan mampu membuka password sekuat apapun secara kebetulan. Kenapa kebetulan? Karena cara ini akan menebak berbagai kombinasi password yang dibuat menggunakan "Kamus Password" yang banyak digunakan orang. Jika password kamu terlalu umum, segera ganti agar aman dari cara hack password ini.

2. Brute Force

Sesuai namanya, pengguna metode Brute Force akan memaksa mesin untuk memasukan segala kemungkinan kombinasi dari angka, huruf, hingga karakter spesial. Repotnya lagi, cara ini pasti akan melibatkan semua password yang ada di Dictionary Attack juga.

Namun meski terdengar menakutkan, cara hack password ini juga cukup menyusahkan untuk digunakan hacker. Pasalnya mereka butuh waktu lama untuk mencoba semua kombinasi karakter. Semakin panjang password, misal 16 karakter dengan kombinasi rumit, bisa makan waktu lama bagi si hacker.

Biar Lebih Paham
Ilmu hacking memiliki beberapa teknik. Salah satunya adalah Brute Force. Ingin tahu lebih lanjut mengenai seperti apa teknik Brute Force ini? Simak saja langsung pada artikel JalanTikus berikut!
LIHAT ARTIKEL

3. Phishing

Phising adalah metode pencurian password oleh hacker dengan menyebar "tipuan" berupa email atau link yang mengatasnamakan organisasi atau pihak berwenang untuk mengumpulkan informasi email, password, user ID, dan informasi pribadi lainnya. Hati-hati jika dapat email atau link yang too good too be true; misalnya promo atau iming-iming yang aneh.

ADVERTISEMENT
Udah Tahu Belum?
Salah satu teknik hacking ada yang disebut sebagai phising. Dengan mempergunakan teknik ini, sang hacker dikabarkan bisa mencuri data-data pribadi kita. Nah, mau tahu apa itu phising dan cara mencegahnya? Simak hanya di JalanTikus!
LIHAT ARTIKEL

4. Rainbow Table

Cara hacker website dalam mencuri password oleh hacker yang satu ini biasanya digunakan untuk menembus password yang dienkripsi oleh hash. Password yang dienkripsi ini sulit ditembus karena plaintext-nya telah diubah ke dalam bentuk hash yang panjang.

Untuk menembusnya, Rainbow Table menggunakan fungsi hash dan fungsi reduksi. Fungsi hash akan mengubah plaintext jadi hash, sementara fungsi reduksi ini berperan sebaliknya. Cara hack passwordk ini terbilang lebih cepat dibandingkan Brute Force atau Dictionary Attack.

5. Malware atau Keylogger

Jangan asal buka link atau install aplikasi sembarangan, karena bisa jadi mereka mengandung malware yang telah disisipi keylogger. Jika suhda terinfeksi, setiap user ID, email, hingga password yang kamu ketik akan direkam dan dikirimkan oleh Trojan yang ada di dalamnya.

6. Spidering

Untuk mencuri password perusahaan atau institusi tertentu, hacker biasa membuat daftar password yang lebih spesifik pada hal yang berkaitan dengan target terkait. Jadi tidak ada lagi buang-buang waktu dengan menggunakan metode Brute Force yang menginput password secara acak.

Untuk bisa menebak password spesifik, hacker biasanya menggunakan Web Spider untuk mengunjungi situs-situs, membaca halaman dan mencatat beragam informasi penting lain yang terkait. Sebagai informasi, Web Spider adalah program khusus yang digunakan untuk mengindeks konten di internet, seperti yang digunakan oleh mesin pencari.

Nah, itu dia 6 cara hack password website yang biasa digunakan oleh para hacker di internet. Dengan mengetahui cara mereka mencuri data dan password kita, maka kita bisa lebih bijak untuk membuat data yang kita miliki lebih aman lagi.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Meningkatkan Jumlah Battle Point (BP) di Mobile Legends Dengan Cepat

Cara Daftar Bitcoin Indonesia Lengkap Mudah

Jangan Pakai HP Slot SIM Hybrid! Ini Efek dan Alasannya

5 Smartphone dengan Spesifikasi Istimewa yang Dijual 1 Jutaan

Wajib Coba! 6 Cara Mendapatkan Jaringan 4G LTE dengan Mudah dan Cepat Dalam 5 Menit

APPS TERKAIT
DataVault Password Manager + 6.1.51
Games Ascendo Inc.
WiFi Map 5.2.20
Apps Farproc
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps LastPass
undefined
Kembali Keatas