Mengenal Teknik Hacking Phising dan Cara Mencegahnya

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 12 January 2017, 18:00
Salah satu teknik hacking ada yang disebut sebagai phising. Dengan mempergunakan teknik ini, sang hacker dikabarkan bisa mencuri data-data pribadi kita. Nah, mau tahu apa itu phising dan cara mencegahnya? Simak hanya di JalanTikus!

Permasalahan kasus hacking hingga tahun 2017 ini tampaknya masih tetap saja ramai. Mulai dari situs FBI yang terkena hack saat awal 2017 kemarin, sampai para selebriti yang akun medsosnya kerap menjadi target. Dampaknya pun sangat berbahaya dan bisa menimbulkan masalah yang sangat besar.

Berbicara mengenai kasus hacking, ada salah satu teknik hacking yang disebut sebagai phising. Dengan mempergunakan teknik ini, sang hacker dikabarkan mampu mencuri data-data pribadi kita. Nah, mengenai definisi phising dan bagaimana cara mencegahnya, Jaka akan ulas pada artikel berikut.

BACA JUGA

    Mengenal Teknik Hacking Phising dan Cara Mencegahnya

    Dalam menjalankan sebuah proses hacking, pada umumnya seorang hacker akan mempergunakan beberapa teknik. Salah satunya adalah Phising.

    Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password, dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah jalur komunikasi digital (sumber: Google).

    Sumber foto: Foto: Kupas Bengkulu

    Phising sendiri berasal dari kata Fishing, hanya saja diplesetkan huruf F menjadi PH. Hal ini dikarenakan tradisi para hacker di zaman dahulu yang lebih suka mempergunakan PH daripada F.

    Disebut demikian karena memang Phising ibarat kegiatan memancing di internet. Para hacker pada umumnya mempersiapan sebuah situs palsu yang sudah disulap sedemikian rupa mirip dengan situs aslinya. Lalu situs tersebut disebar ke banyak orang, baik melalui email, media sosial, dan lain-lain.

    Setelah melakukan hal tersebut, sang hacker hanya perlu menunggu sampai ada korban yang memakan umpannya. Sebut saja korban yang memasukkan user ID dan password milik mereka ke dalam situs palsu. Setelah itu, sang hacker akan memiliki akses menuju akun si korban.

    Nah, bagaimana kalau yang disamarkan adalah situs perbankan? Pastinya akan terjadi hal yang sangat merugikan bagi si korban. Pasalnya semua uang yang ada pada akun rekening perbankan si korban bisa saja dikuras habis sampai tidak bersisa sama sekali.

    ADVERTISEMENT

    Jangan sampai deh hal ini terjadi kepada kita. Oleh karena itu, berikut akan Jaka beri tahu kamu cara mencegahnya.

    Cara Mengatasi Teknik Hacking Phising

    Untuk menghidari phising, sebetulnya tidak sulit. Dengan kemampuan dasar kamu dalam mempergunakan internet saja sudah cukup. Seperti apa caranya? Berikut jaka jabarkan.

    Kalau kamu merasa sudah terlanjur terkena serangan phising, berikut adalah tips Jaka untuk mengatasinya.

    Nah, itu dia barusan cara Jaka untuk mengenal phising dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk kamu ya! Kalau kamu ada infomasi lain mengenai phising, kamu juga bisa meninggalkannya di kolom komentar.

    Banner: BGR

    Yuk baca lebih banyak artikel dari penulis, klik disini!

    ARTIKEL TERKAIT

    6 Teknologi Canggih di Film Porno, No. 6 Hollywood Mah Lewat!

    Anjay! Oppo Find 9 Pakai Layar AMOLED Dan RAM 8GB

    APPS TERKAIT
    WiFi Hacker ULTIMATE Terbaru
    Apps WiFi Cracker Group
    Process Hacker 2.39.124
    Apps Wei Jia Liu
    Resource Hacker 4.0.0
    Apps Angus Johnson
    Hackers 1.002
    Games Trickster Arts
    Kembali Keatas