Awas! Ini 4 BAHAYA Keseringan Pake Instagram Live

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 04 February 2017, 15:00
hampir semua pengguna Instagram mencoba fitur ini. Apa kamu sedang ketagihan Live Instagram? Waspadai juga ya terhadap bahaya Instagram Live berikut ini!

Sejak aplikasi live streaming seperti BIGO Live banyak digemari, Instagram pun mulai mengembangkan fitur serupa. Setelah sempat dirilis terbatas untuk beta tester, fitur yang disebut Instagram Live ini akhirnya resmi dirilis secara global.

Di Indonesia sendiri, Instagram Live disambut dengan antusias. Bukan hanya artis, bahkan hampir semua pengguna Instagram mencoba fitur ini. Apa kamu sedang ketagihan Live Instagram? Waspadai juga ya terhadap bahaya Instagram Live berikut ini!

BACA JUGA
  • HEBAT! Instagram Kini Tembus 600 Juta Pengguna

Bahaya Instagram Live

Sama seperti aplikasi live streaming lainnya, fitur Instagram Live memungkinkan kamu menyampaikan informasi secara cepat dan mudah langsung dari smartphone. Udah gitu kamu juga bisa berinteraksi dengan penonton. Tapi, coba pertimbangkan bahaya berikut:

1. Ruang Privasi Semakin Sempit

For your information, saat ini ada 600 juta pengguna aktif Instagram. Dan tahukah kamu, ada 22 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia? Angka yang besar ya.

Nah, bisa dibayangkan apa jadinya jika aktivitas yang sedang kamu lakukan disebarkan ke orang sebanyak itu kan? Mengancam privasi. Siapa tahu saat kamu sedang bersama pacar, tiba-tiba ada yang membuat live streaming kegiatanmu di Instagram.

2. Informasi Semakin Bebas Tanpa Aturan

Berbeda dengan status di Facebook atau Twitter, informasi yang disebarkan lewat Instagram Live tidak melewati proses editing. Itu artinya, semua informasi disebarkan mentah-mentah. Jika diterima mentah-mentah oleh penontonnya, maka bisa memicu kesalahan informasi.

Meski video Instagram Live tidak bisa disimpan, tapi kita tidak pernah tahu ke depannya bagaimana kan? Siapa tahu ada cara menyimpan video dari Instagram Live seperti cara menyimpan foto dan video dari Instagram Stories.

3. Bisa Dikira Gila

Pernah gak melihat orang yang Live Instagram? Terlihat seperti orang gila yang ngomong dan ketawa-ketawa sendiri. Jadi, buat kamu yang suka banget pake Instagram Live di tempat umum, kurang-kurangin deh biar gak disangka gila sama orang yang gak ngeh dengan fitur ini.

ADVERTISEMENT

4. Bikin Boros Baterai dan Kuota

Jika kamu lupa, Instagram masuk jajaran aplikasi paling boros memori, baterai dan kuota tahun 2016. Begitu juga dengan fitur Live di Instagram ini, jika sering digunakan bisa bikin kuota dan baterai kamu cepet habis loh!

Itu dia 4 bahaya Instagram Live jika dilakukan tanpa kendali. Tapi jika dilakukan dengan kesadaran penuh, hal-hal di atas bisa dicegah kok. Karena seperti disinggung sebelumnya, fitur Instagram Live mempermudah dan mempercepat proses penyebaran informasi kepada publik.

Semoga tidak ada penyalahgunaan fitur Instagram Live di Indonesia ya. Kamu gak mau kan Instagram yang banyak memberikan penghasilan kepada selebgram ini diblokir Kemkominfo seperti BIGO Live?

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

7 Trik Penipuan Paling Efektif di Kasino dengan Untung Jutaan Dolar

APPS TERKAIT
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Instagram+ 7.6.0
Apps
Instagram Downloader 1.8.10
Apps MohammadAG
BIGO LIVE - Live Broadcasting 3.2.0
Apps BIGO TECHNOLOGY PTE. LTD.
Kembali Keatas