7 Aplikasi Scan Barcode di HP Android, Bisa Bikin Barcode Sendiri!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 23 November 2020, 08:00
Aplikasi scan barcode merupakan solusi terbaik untuk HP yang belum dilengkapi fitur scanner bawaan. Cek rekomendasi aplikasinya di sini!

Aplikasi scan barcode semakin banyak dicari karena aplikasi ini berfungsi untuk memindai barcode alias kode batang yang banyak digunakan, termasuk untuk beragam produk.

Gak hanya barcode, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindai QR code (Quick Response Code) yang fungsinya nggak jauh beda dengan barcode, geng.

Malahan, di masa pandemi virus Corona seperti ini banyak mall-mall besar yang mengharuskan pengunjung untuk memindai QR code sebelum memasuki pusat perbelanjaan, loh!

Untungnya, saat ini banyak HP terbaru yang dilengkapi fitur scanner bawaan. Tapi, kalau HP-mu belum memiliki fitur ini, kamu bisa download aplikasi scan barcode di bawah ini!

Rekomendasi Aplikasi Scanner Barcode & QR Code

Dengan memanfaatkan fitur kamera yang ada pada HP, aplikasi pemindai barcode bisa berfungsi dengan baik untuk menampilkan informasi yang ada di dalamnya.

Sayangnya, banyak HP yang belum memiliki fitur scanner bawaan sehingga kamu harus memasang aplikasi barcode scanner di HP milikmu, geng.

Gak usah berkecil hati! Sebab, ada banyak aplikasi scan QR code dan barcode yang bisa kamu download secara gratis di HP kamu, loh! Cek selengkapnya di bawah ini!

ADVERTISEMENT

1. QR & Barcode Scanner

Sumber foto: Play Store

Rekomendasi aplikasi pertama adalah QR & Barcode Scanner. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk memindai barcode maupun QR code.

Bukan cuma itu, aplikasi besutan Gamma Play ini juga termasuk aplikasi scan barcode WiFi, produk, lokasi, dan lainnya yang bisa dibilang sangat populer, loh!

Buktinya, aplikasi pemindai yang tersedia gratis di Play Store ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android. Gak usah ragu lagi, deh!

Detail QR & Barcode Scanner
Developer Gamma Play
Ukuran Bervariasi
OS Minimal Bervariasi
Download 100.000.000+
Rating 4.6/5 (Google Play)

Download QR & Barcode Scanner via Play Store.

2. QR Droid Private

Sumber foto: Play Store

Sama-sama dikembangkan oleh DroidLa, satu-satunya pembeda di antara QR Droid Private dan QR Droid adalah jumlah izin yang diperlukan untuk bisa menggunakan aplikasi.

QR Droid Private membutuhkan izin lebih sedikit dibandingkan QR Droid. Meski begitu, fungsi dari kedua aplikasi scan barcode barang ini nggak jauh beda, kok!

Menariknya, kamu bisa membuat QR code sendiri untuk berbagai kontak, lokasi, maupun keperluan lainnya melalui QR Droid Private. Multifungsi banget, kan?

Detail QR Droid Private
Developer DroidLa
Ukuran 17MB
OS Minimal Android 2.0 ke atas
Download 5.000.000+
Rating 4.4/5 (Google Play)

Download QR Droid Private via Play Store.

3. QRbot

Sumber foto: Play Store

Aplikasi scan barcode iPhone dan Android selanjutnya adalah QRbot. Aplikasi ini memiliki interface yang sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan, geng.

Untuk memindai melalui aplikasi ini, kamu hanya tinggal membuka aplikasinya dan klik tab Scan lalu arahkan kamera HP pada barcode yang akan dipindai.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, QRbot juga memungkinkanmu untuk membuat barcode dan QR code di HP dengan sangat cepat dan praktis.

Detail QRbot
Developer TeaCapps
Ukuran 5.2MB
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Download 1.000.000+
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download QRbot via Play Store.

4. Barcode Scanner Pro

Sumber foto: Play Store

Barcode Scanner Pro bisa memindai semua barcode atau Kode QR yang ditampilkan, sehingga membuat aplikasi ini cukup baik dan mudah untuk digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat barcode maps, nomor telepon, dan lainnya untuk dibagikan kepada teman atau keluargamu, geng.

Aplikasi scan barcode online ini juga menyediakan menu pengaturan sehingga kamu bisa memindai berbagai jenis barcode maupun QR code tertentu.

Detail Barcode Scanner Pro
Developer Geeks.Lab.2015
Ukuran 3.9MB
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Download 10.000.000+
Rating 4.5/5 (Google Play)

Download Barcode Scanner Pro via Play Store.

5. BcWebcam

Sumber foto: Softonic

Cari aplikasi scan barcode PC atau laptop? Kalau begitu, kamu bisa coba aplikasi bernama BcWebcam yang bisa menampilkan informasi secara online.

Setelah menginstal aplikasi scan QR code untuk PC dan laptop ini, kamu cukup menggunakan webcam untuk memindai. Tapi, gimana kalau nggak ada webcam?

Gak perlu bingung! Kamu bisa menghubungkan kamera HP ke laptop atau PC sebagai pengganti webcam. Lalu, kamu tinggal memindai barcode yang diingikan, deh!

Detail BcWebcam
Developer QualitySoft
Ukuran 9.3MB
OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10

Download BcWebcam via situs resmi.

6. Free QR Scanner - Barcode Scanner, QR Code Reader

Sumber foto: Play Store

Buat kamu yang lagi cari aplikasi scan barcode untuk cek keaslian produk, kamu bisa menggunakan aplikasi Free QR Scanner - Barcode Scanner, QR Code Reader.

Aplikasi scan barcode BPOM pada produk kecantikan maupun makanan ini dikembangkan oleh developer dari aplikasi edit video InShot yang sangat populer saat ini.

Kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk memindai semua jenis QR code dan barcode seperti produk, kontak, URL, teks, email, WiFi, lokasi, buku, dan masih banyak lagi.

Detail Free QR Scanner - Barcode Scanner, QR Code Reader
Developer InShot Inc.
Ukuran 9.1MB
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Download 10.000.000+
Rating 4.6/5 (Google Play)

Download Free QR Scanner - Barcode Scanner, QR Code Reader via Play Store.

7. QR Code Scan & Barcode Scanner

Sumber foto: Play Store

Sama seperti deretan aplikasi lain di daftar ini, QR Code Scan & Barcode Scanner bisa memindai baik barcode maupun QR code, geng.

Aplikasi scan barcode Android ini juga memiliki fitur pembuat QR Code dan barcode. Jadi, kamu berbagi tautan, kontak, dan lainnya melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Selain itu, ukuran aplikasi yang juga sangat kecil, yakni hanya sekitar 3MB saja sehingga bisa dipasang pada HP dengan spek rendah tanpa perlu menambah RAM HP.

Detail QR Code Scan & Barcode Scanner
Developer pickwick santa
Ukuran 3.6MB
OS Minimal Android 4.0 ke atas
Download 10.000.000+
Rating 4.0/5 (Google Play)

Download QR Code Scan & Barcode Scanner via Play Store.

Cara Scan Barcode di Android

Dengan aplikasi scanner, kamu bisa scan barcode dan QR code untuk menampilkan informasi di dalamnya. Bisa berupa tautan untuk menuju situs tertentu hingga alamat di Google Maps.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara scan barcode di Android tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi, kamu bisa simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

3 Cara Scan Barcode & QR Code Di HP Android, Bisa Tanpa Aplikasi!
Mau scan barcode di TV, YouTube, atau undangan? Nih, Jaka ulas kumpulan cara scan barcode dan QR code di HP Android dengan mudah dan bisa tanpa aplikasi, loh!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi rekomendasi aplikasi scan barcode dan QR code di Android, iPhone dan PC atau laptop yang bisa kamu coba untuk berbagai keperluan, geng.

Selain untuk memindai, beberapa aplikasi tadi juga bisa sekaligus digunakan untuk membuat barcode dan QR code sendiri, loh! Menarik, bukan?

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membuat Link WA untuk Olshop dan Bio Medsos Tanpa Save Kontak

Download WhatsApp MOD iOS 14 v9.29 Terbaru 2022, Anti Banned & Fitur Lebih Lengkap!

Kembali Keatas