11 Aplikasi Terkenal yang Sempat Hilang dari Play Store, Sabotase Hacker?

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 10 Maret 2020, 12:00
Meskipun populer dan banyak didownload, ternyata aplikasi-aplikasi ini sempat hilang loh, geng! Kira-kira, apa penyebabnya?

Semenjak kemunculan Android dengan Play Store-nya, kita bisa dengan mudah mengunduh aplikasi maupun game yang kita butuhkan.

Tak heran jika beberapa aplikasi sangat sering diunduh, bahkan lebih dari satu miliar kali. Dengan kata lain, penggunanya ada banyak banget.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa aplikasi yang sempat hilang dari Play Store, hingga membuat netizen gempar! Aplikasi apa saja?

Aplikasi yang Sempat Hilang dari Play Store

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi bisa tidak muncul di Play Store. Misalnya, aplikasi tersebut memang tidak tersedia di lokasimu atau tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Selain itu, ada pula alasan perbaikan aplikasi sehingga developer memutuskan untuk menariknya untuk sementara waktu.

Yang sering, aplikasi atau game tersebut melanggar ketentuan dari Google sehingga dikeluarkan dari Play Store.

Nah, lantas mengapa aplikasi-aplikasi terkenal di bawah ini sempat hilang dari Play Store? Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftarnya!

ADVERTISEMENT

1. AnTuTu

Siapa sih, sekarang yang nggak kenal dengan aplikasi benchmark AnTuTu yang skornya sudah digunakan sebagai tolak ukur performa HP secara de facto.

Jaman sekarang, nama aplikasi yang satu ini selalu muncul di review HP dan dunia dibuat terkejut ketika aplikasi ini menghilang di bulan Maret 2020, geng!

Meskipun belum ada pengumuman resmi tentang alasan kejadian ini, banyak kritik yang menduga kalau ini dikarenakan hubungan antara AnTuTu dengan developer Cheetah Mobile.

Di bulan Februari, Google menghapus 45 aplikasi buatan Cheetah Mobile karena menggunakan iklan yang sangat mengganggu pengguna dan AnTuTu diduga terkena imbasnya.

2. Bukalapak

Sumber foto: SiriusDely

Aplikasi jual beli online , Bukalapak sempat menjadi bahan pembicaraan karena sempat menghilang di Play Store pada pertengahan bulan September kemarin.

Bahkan, muncul perdebatan di antara netizen yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut hilang karena masalah-masalah yang sedang menimpa perusahaan tersebut.

Pihak Bukalapak sendiri telah mengonfirmasi bahwa hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan teknis dan adanya pembaruan. Sekarang, aplikasi Bukalapak telah kembali hadir di Play Store.

Jadi, aplikasi ini menghilang bukan karena mau bangkrut ya, geng!

3. Instagram

Sumber foto: Engadget

Sebagai salah satu media sosial yang paling populer, Instagram juga pernah hilang loh, geng! Kejadian ini terjadi tak lama setelah aplikasi Bukalapak hilang.

Salah seorang warga net dari India melaporkan hal ini melalui Twitter. Di Indonesia pun beberapa netizen menemukan bahwa aplikasi ini telah menghilang dari Play Store.

Tidak ada keterangan resmi mengenai hilangnya Instagram, kemungkinan besar hal ini terjadi karena adanya pembaruan aplikasi sistem.

Aplikasi Hilang Lainnya . . .

4. WhatsApp

Sebagai salah satu aplikasi chatting terbaik di Android, WhatsApp sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari hidup kita, geng.

Makanya, bayangkan seberapa terkejutnya dunia ketika mereka menemukan bahwa WhatsApp menghilang dari Play Store pada tanggal 11 Oktober 2019.

Untungnya, pihak WhatsApp bergerak cepat dalam menyelesaikan masalah ini dan aplikasi WhatsApp sudah muncul kembali di Play Store hanya dalam beberapa jam saja.

Tapi, mereka nggak menjelaskan alasan dari kejadian ini dan banyak yang menduga kalau hal ini disebabkan atas kesalah teknis dari sisi Play Store, geng.

5. PUBG Mobile Lite

Ingin ikut meramaikan game battle royale PUBG Mobile tapi performa HP kalian masih nggak mencukupi? Tenang saja karena ada PUBG Mobile Lite, geng!

Sesuai namanya, PUBG Mobile Lite adalah versi 'ringan' dari PUBG Mobile yang memiliki jumlah pemain lebih sedikit, 60 dibandingkan 100 di 'kakaknya', dan peta yang lebih kecil.

Versi ini sangat populer di negara berkembang seperti Indonesia dan publik sempat dibuat gempar ketika game ini menghilang di pertengahan tahun 2019, geng!

Tencent selaku developer mengungkapkan adanya masalah teknis dengan game tersebut dan sekarang sudah bisa ditemukan kembali di Play Store.

6. UC Browser

Meskipun nggak memiliki nama sebesar Google Chrome atau Opera, aplikasi browser Android UC Browser tetap terbukti sangat populer, geng.

Sayangnya, developer UC Web yang bernaung di bawah Alibaba pernah ketangkap masalah karena melalukan taktik pemasaran yang dianggap 'kotor' oleh Google.

Sebagai hukumannya, aplikasi UC Browser sempat dihilangkan dari Play Store selama 30 hari meskipun akhirnya statusnya dipulihkan lagi oleh Google.

7. Free Fire

Sumber foto: APKPure

Game battle royale Free Fire juga pernah menghilang dari Play Store untuk waktu yang cukup lama. Tapi, alasannya bukan karena game tersebut tidak memiliki pintu kok, geng!

Tidak hanya menghilang, para pemain juga tidak bisa melakukan Top-up. Ada beberapa dugaan yang bisa menjadi jawaban dari kasus ini.

Salah satunya adalah adanya sistem error dari aplikasi Play Store-nya sendiri. Tentu, kejadian ini cukup merugikan pihak Free Fire.

8. Telegram

Sumber foto: BBC

Aplikasi chatting Telegram pernah menghilang pada bulan Februari tahun 2018. Baik aplikasi Telegram Messenger ataupun Telegaram Messenger-X kompak lenyap dari Play Store.

Diperkirakan bahwa aplikasi ini mengalami permasalahan seputar keamanan penggunaan layanan mereka.

Tidak hanya di Play Store, Telegram juga pernah hilang di App Store milik Apple. Alasannya, pihak Telegram mendapatkan peringatan bahwa ada konten tak pantas yang disebarkan melalui aplikasinya.

Walaupun begitu, kini kita bisa mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut karena pihak Telegram telah menyelesaikannya.

9. Tebak Gambar

Sumber foto: Microsoft

Kamu pernah main game asah otak Tebak Gambar? Kalau pernah, kamu harus tahu bahwa aplikasi ini pernah menghilang dari Play Store!

Game ini memang ditangguhkan oleh pihak Google karena Tebak Gambar ini menggunakan akun kartu kredit seseorang. Nah, orang tersebut melakukan kesalahan hingga berdampak ke game ini.

Untungnya, permasalahan tersebut telah terselesaikan dan kamu pun bisa mengunduh game ini baik di perangkat Android ataupun iOS.

10. Giphy Cam

Sumber foto: Google Play

Kamu tahu aplikasi Giphy? Aplikasi yang satu ini menyediakan begitu banyak gambar GIF yang bisa kita gunakan.

Giphy memiliki aplikasi kamera bernama Giphy Cam. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat gambar berformat GIF lengkap dengan tool editor-nya.

Aplikasi ini sempat hilang karena masih dilabeli unreleased. Artinya, aplikasi tersebut sedang menjalani tahap akhir sebelum resmi bisa digunakan oleh kita.

11. Tempo

Sumber foto: Tempo

Sebagai salah satu media nasional, aplikasi Tempo juga sempat hilang dari Play Store pada pertengahan September kemarin.

Penyebabnya adalah adanya hal teknis yang menyalahi panduan Pengembang Aplikasi Google Play, yakni adanya pemasangan player YouTube.

Sebelumnya, banyak yang mencurigai hilangnya aplikasi Tempo adalah karenanya ulasan aplikasinya yang menurun drastis, dari kisaran empat menjadi satu koma dua.

Penurunan rating tersebut terjadi setelah majalah Tempo menggunakan wajah Presiden Joko Widodo dengan bayangan yang menyerupai pinokio sebagai kover majalah mereka.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi yang sempat hilang dari Play Store dan membuat netizen heboh. Alasannya ternyata ada macam-macam, walau kebanyakan karena masalah teknis.

Kalau ada yang melanggar ketentuan Google pun dengan cepat segera memperbaiki kesalahan tersebut dan segera mengunggahnya lagi ke Play Store.

Ada aplikasi atau game lain yang belum Jaka sebutkan? Tulis si kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Dewasa Menurut Play Store, Awas Jangan Sampe Ke-Download!

10 Aplikasi Download Permainan Android Terbaik 2021 | Koleksinya Lengkap!

10+ Aplikasi Cheat Game Android Terbaik 2021 + Link Download, Jaminan GG!

7 Aplikasi Untuk Menghilangkan Watermark Terbaik, Gratis!

7 Rekomendasi Aplikasi Android untuk Membuat Watermark | Bisa Untuk Foto dan Video!

7 Aplikasi Ganda Terbaik untuk Kloning Aplikasi dan Game

undefined
Kembali Keatas