Aplikasi Snack Video Tidak Bisa Dibuka, Apa Penyebabnya?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 04 Maret 2021, 15:15
Aplikasi Snack Video kini tidak bisa dibuka lagi oleh para pengguna. Apa penyebabnya?

Setelah sempat viral selama beberapa minggu, aplikasi Snack Video mulai tidak bisa dibuka oleh para penggunanya.

Hal tersebut disebabkan Snack Video sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pemblokiran secara resmi pada website dan aplikasi penghasil uang populer tersebut.

Sumber foto: InfoKomputer - Grid.ID

Aplikasi Snack Video sendiri menjadi satu dari 25 aplikasi yang baru diblokir oleh Kominfo.

Dilansir Kompas, pemblokiran tersebut dilakukan setelah Satgas Waspada Investasi (SWI) menyatakan bahwa Snack Video adalah aplikasi ilegal.

Hal tersebut tidak lepas dari praktik money game yang dilakukan oleh Snack Video. Seperti yang kamu tahu, Snack Video akan memberikan sejumlah uang kepada para penggunanya setelah menyelesaikan berbagai misi di sana.

SWI khawatir, aplikasi-aplikasi penghasil uang yang tidak memiliki izin usaha di Indonesia tersebut hanya akan merugikan para penggunanya. Apalagi, aplikasi tersebut tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sumber foto: Snack Video

Menurut Kepala OJK Sulawesi Tenggara, Mohammad Fredly Nasution, aplikasi Snack Video diduga menerapkan sistem multi level marketing (MLM) untuk menggaet pengguna baru dan mendapatkan uang dari sana.

Jaka sendiri mencoba mengakses langsung situs resmi Snack Video dari browser smartphone, dan ternyata sudah tidak bisa diakses lagi.

ADVERTISEMENT

Biar pun begitu, versi aplikasinya masih terpasang di Google Play Store. Bahkan, Jaka masih bisa mendownloadnya hingga selesai.

Akan tetapi, ketika Jaka coba membuka dan mengoperasikannya, aplikasi tidak berfungsi dengan baik dan memunculkan notifikasi "Can't connect to server".

Memang, berdasarkan aturan Pemerintah, semua situs maupun aplikasi yang beroperasi di Indonesia harus terdaftar di dalam Kominfo dan tercantum dalam situs https://pse.kominfo.go.id/.

Saat Jaka coba mencari di situs tersebut, nama "Snack Video" tidak muncul. Dengan kata lain, aplikasi Snack Video memang belum terdaftar secara resmi di Kominfo.

Ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan saldo uang para pengguna aplikasi Cash Video masih belum bisa dicairkan hingga saat ini, selain karena faktor-faktor lainnya.

Sumber foto: Yahoo Berita

Sementara itu, pihak Cash Video sendiri sedang mengajukan sanggahan serta negosiasi pada Pemerintah supaya aplikasi tersebut bisa segera dibuka blokirnya dan diizinkan kembali beroperasi di Indonesia.

Jika proses negosiasi dan diskusi berjalan lancar, ada kemungkinan status Snack Video bakal dinormalisasi, atau dengan kata lain bisa diizinkan di Indonesia.

Buat kamu semua yang membaca ulasan Jaka ini, tetaplah berhati-hati pada aplikasi yang memberikan iming-iming penghasilan secara tidak wajar, apalagi sampai meminta data-data pribadimu. Bisa jadi, itu merupakan modus scam atau penipuan.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT

10 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Terbaru 2021, Tanpa Modal!

Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali, 100% Efektif!

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal, Mudah dan Banyak Keuntungan!

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel Paling Gampang | Cepat dan Akurat!

12 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di 2021 | Biar Kamu Gak Boncos!

10+ Aplikasi Saham Online Terbaik 2022, Terdaftar di OJK!

undefined
Kembali Keatas