7 Lagu tentang Hubungan Sesama Jenis, Ada yang dari Indonesia!

Ditulis oleh Michelle Lim - Wednesday, 04 May 2022, 15:00
Tak hanya kisah asmara laki-laki dan perempuan saja, banyak juga lagu yang dibuat untuk kelompok LGBT seperti kumpulan lagu LGBT yang ada di sini.

Kebebasan dalam menjalani kehidupan nggak hanya diungkapkan seseorang melalui pikiran, tetapi ditunjukkan juga dalam karya berupa lagu-lagu tentang LGBT. Lagu tentang hubungan sesama jenis tersebut menjadi tanda akan kebebasan mereka dalam menentukan orientasi seksual.

Seolah menjadi anthem bagi cinta terlarang, yang dianggap sebagian orang, lagu tentang kisah cinta sesama jenis ini pun mengudara di mana-mana. Bahkan, menjadi lagu LGBT TikTok yang begitu populer seperti Angel Baby yang dibawakan oleh Troye Sivan.

Kalau kamu mau tahu tentang lagu-lagu bertemakan LGBT yang saat ini banyak diputar di media sosial maupun aplikasi musik, kamu bisa simak daftar lagunya di bawah.

Soalnya, di artikel ini Jaka sharing info seputar kumpulan lagu dan musisi mana saja yang menyuarakan hak-hak LGBT tersebut. Yuk, kita simak.

1. Macklemore & Ryan Lewis - "Same Love"

Lagu "Same Love" menjadi salah satu lagu yang sangat populer di tahun 2013 silam. Lagu ini meledak lantaran menyuguhkan lirik yang penuh arti sekaligus sindiran buat masyarakat setempat

Bagaimana tidak, lewat "Same Love", Macklemore dan Ryan Lewis memberikan pesan bahwa kisah asmara sesama jenis itu ada di tengah-tengah masyarakat kita. Mereka bertahan di tengah lingkungan sosial sebagai minoritas yang dipandang sebelah mata.

Selain menggambarkan hal tersebut, dua hip hop ini juga ingin membicarakan persoalan tradisi, agama, dan homophobia yang ada di dalam kelompok LGBT.

Meskipun begitu, Macklemore dan Ryan Lewis menyelipkan harapan agar dunia bisa berpikir lebih luas, menggunakan sudut pandang lain, mengenai kisah asmara sesama gay dan lesbian.

ADVERTISEMENT

2. Sara Bareilles - "Brave"

Meskipun bukan berasal kelompok LGBT, Sara Bareilles turut mendukung kisah cinta sesama jenis, geng. Melalui lagunya yang berjudul "Brave", Sara menjadi sosok pendukung yang angkat bicara soal hak asasi manusia dalam mencintai sesama.

"Brave" keluar pada tahun 2013 dalam album "The Blessed Unrest". Lagu barat slow "Brave" dibuat karena Sara terinspirasi dari kisah sahabatnya yang berpacaran dengan sesama jenis.

Karena nggak berani speak up dan show up hubungan mereka, sahabatnya itu sering merasa tertekan.

Oleh karenanya, Sara pun berharap "Brave" bisa menjadi nasihat bagi kelompok LGBT, khususnya untuk sahabatnya, supaya bisa lebih berani menghadapi kehidupan sosial yang kejam terhadap mereka.

3. Sam Smith - "Love Goes"

Dalam beberapa kesempatan, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Inggris, Sam Smith secara terang-terangan menyuarakan keberpihakannya kepada LGBT.

Mulai dari cara berpakaian, mengatakan soal identitas gender yang diinginkan, hingga lagu-lagu yang dibawakannya. Contohnya saja pada lagu Smith berjudul "Love Goes".

Bagi dirinya, "Love Goes" mengandung berbagai arti. Lagu tersebut menandai lahirnya sosok Sam Smith yang matang dalam segala aspek.

Dia juga merasa lebih bebas lantaran menemukan banyak arti di dalam hidupnya. Bahkan, "Love Goes" menandai hubungan pertamanya sebagai queer, lho, geng. Sudah pernah denger lagunya belum?

4. Lady Gaga - "Born This Way"

Pelantun lagu "Bad Romance" yang viral di TikTok tahun 2021 lalu juga membuat lagu tentang kisah asmara sesama jenis.

Dalam "Born This Way" Gaga mendorong para pendengar, khususnya kelompok gay dan lesbian, buat terbuka mengenai diri dan orientasi seksualnya.

Dia juga mengajak mereka untuk lebih menghargai diri sendiri dengan nggak tunduk begitu saja pada norma yang ada di masyarakat.

Saking totalitasnya Lady Gaga dalam mendukung kelompok LGBT, Gaga pun mengklaim kalau lagu "Born This Way" bisa menjadi Anthem song buat para LGBT.

5. Hayley Kiyoko - Girls Like Girls

Lagu LGBT nggak hanya datang dari kalangan pria saja. Makin ke sini, banyak musisi perempuan yang turut menyuarakan dukungan terhadap persoalan itu.

Dialah Hayley Kiyoko, penyanyi, penari, penulis lagu, dan sekaligus artis yang ikut angkat bicara dalam karya. Dia mengeluarkan lagu berjudul "Girls Like Girls".

Dari judulnya saja pasti kamu sudah tahu, dong, maksud dari lagu ini? Yap! Hayley Kiyoko seolah bicara lewat "Girls Like Girls" agar kelompok LGBT, khususnya lesbi, jangan merasa takut berada di lingkungan sosial.

Mereka harus berani memperlihatkan diri dan "coming out" mengenai identitas genre maupun asmaranya.

6. Logic feat. Alessia Cara dan Khalid - "1-800-273-8255"

Lagu "1-800-273-8255" hasil kolaborasi Logic bersama Alessia Cara dan Khalid juga terinspirasi dari kisah LGBT remaja, nih, geng. Jika kamu menonton video klipnya sampai tuntas, kamu bakalan paham gimana secara gamblang Logic dan kawan-kawannya menyuarakan tentang persoalan LGBT.

Dikisahkan ada seorang remaja yang mencoba coming out, tetapi ditentang oleh lingkungan sekitar sehingga dia harus kehilangan keluarganya, bahkan dia pun sampai berniat bunuh diri.

Kisah LGBT yang ada di dalam lagu ini juga tak hanya "mengandung bawang" alias sedih, tetapi berisi pesan agar kelompok LGBT tersebut dihargai pilihannya.

Soalnya, geng, pas Jaka baca di internet, ternyata lagu "1-800-273-8255" merupakan bagian dari kampanye sang penyanyi untuk mencegah kasus bunuh diri, memperbaiki kesehatan mental, dan mengungkap kisah coming out remaja LGBT.

7. Kerispatih - "Aku Harus Jujur"

Grup band asal Indonesia, Kerispatih, memulai debutnya pada tahun 2005 dengan mengeluarkan album berjudul "Kejujuran Hati". Lagu tersebut pun booming dan selalu dinyanyikan pendengar di saat galau.

Namun, selain terkenal dengan karya-karyanya yang puitis, Sammy dan kawan-kawan juga pernah membuat lagu yang disinyalir begitu kontroversional lantaran mengandung dukungan terhadap kelompok LGBT, geng.

Hal itu bisa kamu temuin dalam "Aku Harus Jujur". Usut punya usut, ternyata lagu "Aku Harus Jujur" diangkat dari kisah seorang pria yang menyukai sesama jenis.

Menurut pengakuan Badai, sang penulis lagu, "Aku Harus Jujur" nggak ditunjukkan untuk hubungan perselingkuhan, tapi untuk kelompok gay yang mencintai sesamanya. Kamu bisa lihat pada lirik "Tak ada satu pun yang mungkin bisa menerima kau...", "kau" yang dimaksud di situ ialah "kaum".

Makanya, karena banyak yang "kecele" Badai pun akhirnya buka suara di beberapa media terkait makna dari lagu ini.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi daftar lagu bertemakan LGBT yang pernah dibuat oleh para penyanyi Internasional. Lagu-lagu tersebut nggak hanya sekelebat terdengar, tetapi ada juga yang sangat akrab di telinga kita, contohnya lagu Sam Smith dan Logic di atas.

Semoga pembahasan ini bisa menambah pengetahuanmu mengenai kebebasan dalam berkarya dan soal isu gender yang ada di dunia, ya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Baca juga artikel seputar Film Menjelang Magrib (2022) Full Movie, Cara Update e-Faktur 3.2 Terbaru 2022, atau artikel Out of Tech lainnya dari Rismawati Idris.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Cek Resi Shopee Express Hemat Paling Mudah, Lacak Paket Sampai Datang!

Kembali Keatas