17 Artis Indonesia yang Pernah Terlibat di Marvel, Ada yang Pernah Main di MCU!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 15 Agustus 2022, 18:30
Para artis, seniman, dan penyanyi berbakat asal Indonesia ini pernah dan sedang terlibat dalam proyek Marvel. Mulai dari komik, action figure, hingga film-film MCU.

Siapa sih yang tak tahu Marvel? Salah satu waralaba superhero terbesar di dunia ini memang punya nama yang begitu besar di dunia hiburan.

Produk yang mereka keluarkan bermacam-macam. Mulai dari komik, serial animasi, hingga film budget besar yang tergabung dalam salah satu semesta sinematik paling besar dalam sejarah, Marvel Cinematic Universe (MCU).

Kesuksesan Marvel tak hanya terjadi berkat peran eksekutif studionya saja. Namun juga bergantung pada kerja keras tim yang ada di depan maupun belakang layar.

Tak diragukan bahwa untuk mempertahankan kualitas produk yang mereka buat, Marvel hanya melibatkan orang-orang terbaik di bidangnya.

Mereka tak segan mencari hingga penjuru dunia untuk mendapatkan para artis dan seniman yang tepat. Termasuk juga para artis dan seniman yang berasal dari Indonesia.

Ternyata, ada beberapa artis dan seniman Indonesia yang tercatat pernah dan sedang terlibat dalam kerja sama dalam proyek Marvel loh.

Ada yang terlibat mengisi soundtrack film MCU, jadi seniman untuk komik Marvel dan juga animasi film MCU, hingga diajak berakting dalam film MCU!

Penasaran siapa saja sosoknya? Simak daftarnya berikut ini ya!

ADVERTISEMENT

1. NIKI

Penyanyi muda berumur 22 tahun ini memang sudah aktif berkarier di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. NIKI berada di bawah label 88Rising.

Pemilik nama asli Nicole Zefanya ini disebut terlibat dalam proyek soundtrack film terbaru MCU, Shang-Chi.

Ia merilis lagu berjudul 'Every Summertime' dengan cover yang memiliki lambang 10 cincin seperti organisasi Ten Rings dalam film tersebut.

Hal itu bisa diketahui di laman lagu di platform Spotify miliknya. Terdapat label copyright Marvel 2021 yang menandakan bahwa lagu tersebut merupakan soundtrack dari film Shang-Chi.

2. Rich Brian

Sama seperti NIKI, Rich Brian juga sosok penyanyi muda berbakat Indonesia yang berkarier di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Rapper yang satu ini juga terlibat dalam pembuatan soundtrack film "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings" (2021) yang telah dirilis pada September 2021 lalu.

Ia mengisi soundtrack film tersebut lewat lagunya yang berjudul 'Lazy Susan'. Sama seperti lagu milik NIKI, lagu ini juga memiliki gambar 10 cincin di cover-nya. Rich Brian juga punya label copyright Marvel 2021 di laman lagunya di Spotify.

3. Warren Hue

Satu lagi rapper berbakat Indonesia yang terlibat dalam soundtrack film Shang-Chi. Sosok Warren Hue berkolaborasi bersama Rich Brian lewat lagu 'Lazy Susan'.

4. Ray Sahetapy

Tahukah kamu kalau aktor senior Ray Sahetapy pernah bermain dalam film Captain America: Civil War? Pada 2016 lalu, ia sempat berakting sebagai tokoh Auctioneer dalam film tersebut.

Namun sayangnya, adegan tersebut malah dihapus saat filmnya dirilis di bioskop. Usut punya usut, penampilan Ray Sahetapy saat itu dianggap sangat bagus.

Saking bagusnya, tokoh yang ia perankan sampai-sampai lebih menonjol dibanding akting Daniel Bruhl, aktor yang memerankan villain utama film yakni Baron Zemo. Sayang banget ya, geng?

Walaupun begitu, adegan Ray Sahetapy di film Civil War ini masih sempat beredar di sejumlah media sosial kok.

5. Arief Muhammad

Konten kreator yang dikenal dengan nama Poconggg ini juga ternyata sempat muncul di film MCU loh. Ia dan sang istri, Tiara Pangestika, sempat diundang Marvel untuk jadi salah satu warga planet Sakaar.

Planet ini jadi latar tempat Hulk, Thor, dan Loki terdampar dalam film Thor: Ragnarok (2017). Penampilan Arief dan Tipang bisa dilihat dalam video promosi film tersebut yang bertajuk "Welcome to the Planet Sakaar".

Tak hanya bisa tampil di sana, Arief juga berkesempatan melakukan wawancara dengan pemain dan sutradara filmnya. Wah, bikin iri banget ya!

6. Dallas Liu

Film Shang-Chi kayaknya banyak melibatkan seniman dan artis asal Indonesia deh. Di sini adalah aktor Dallas Liu. Namun belum diketahui tepatnya karakter apa yang akan diperankan oleh Dallas di sini.

Walaupun berasal dari Amerika Serikat, tapi Dallas juga memiliki darah Tionghoa dan juga Indonesia loh.

Ia sudah terlibat dalam beberapa film Hollywood. Di antaranya adalah "Tekken" (2010), "Mortal Kombat: Legacy_" (2013), dan juga serial live action Avatar yang akan dibuat sebagai sosok Zuko.

7. Ronny Gani

Penggemar film Avengers merapat. Kenalan dulu sama Ronny Gani, sosok animator berbakat yang terlibat dalam keempat film Avengers di MCU.

Ia bertugas untuk menyempurnakan efek visual film-film tersebut. Wah, gak heran ya kalau hasilnya jadi terlihat begitu nyata.

8. Miralti Firmansyah

Miralti Firmansyah adalah seorang ilustrator. Ia sudah terlibat dalam banyak proyek komik Marvel. Di antaranya Star-Lord, Kitty Pride, The New X-Men 92, dan Gweenpool.

9. Andre Surya

Digital artist asal Indonesia bernama Andre Surya juga pernah terlibat dalam pembuatan film "Iron Man" (2008).

Bukan sembarangan, adegan yang Andre buat saat itu adalah adegan Iron Man terbang. Adegan ini merupakan karya debut Andre di dunia film. Tak itu saja, Andre juga terlibat lagi dalam pembuatan film sekuelnya, "Iron Man 2" (2010).

10. Reynold Tagore

Sosok Reynold Tagore jadi salah satu animator yang sukses bikin efek visual beberapa film Marvel jadi makin keren dan terlihat nyata nih, geng.

Beberapa film yang sempat melibatkan Reynold di antaranya adalah "Iron Man 3" (2013) dan "The Wolverine" (2013).

11. Rini Sugianto

Tak hanya Reynold saja, Marvel juga melibatkan sosok animator Indonesia lainnya dalam film "Iron Man 3", yakni Rini Sugianto. Sebelumnya, ia juga sempat terlibat dalam film "The Avengers" (2012).

12. Denny Ertanto

Kamu pasti familiar dengan beberapa film yang melibatkan sosok Denny Ertanto ini. Ia adalah seorang digital compositor dalam beberapa film sukses Marvel.

Di antaranya adalah "X-Men: Days of Future Past" (2014), "Avengers: Infinity War" (2018), dan "Avengers: Endgame" (2019).

13. Ario Anindito

Ario Anindito adalah seorang komikus asal Indonesia. Ia sudah terlibat dalam pembuatan beberapa seri komik Marvel populer sekaligus juga dalam pembuatan desain action figure beberapa karakter Marvel terkenal. Misalnya, Lady Sif dan Beta-Ray Bill.

Kamu mungkin familiar dengan beberapa karyanya. Sebut saja "Secret Wars: House of M", "Hyperion", "Venom: Space Knight", "Agents of SHIELD", "Uncanny Inhumans", dan "Secret Empire: United".

14. Yasmine Putri

Kamu penggemar Hulk wajib tahu sosok Yasmine Putri. Ia adalah seorang ilustrator Indonesia yang pernah terlibat dalam pembuatan salah satu komik Hulk. Ia jadi orang yang mendesain cover komik The Totally Awesome Hulk #8 (2015).

15. Sunny Gho

Sunny Gho merupakan seorang colorist asal Indonesia. Ia sempat terlibat dalam pembuatan beberapa komik terkenal Marvel. Di antaranya adalah Civil War II dan juga Secret Empire.

16. Basuki Juwono

Sumber foto: Irwan Chandra Official Channel - Basuki Juwono

Nama Basuki Juwono dikenal banyak penggemar film Marvel berkat kepiawaiannya di serial "I Am Groot". Padahal, sebelumnya dia juga masuk jajaran tim produksi MCU lain, yakni "What If?" dan "Captain Marvel".

Dalam serial "I Am Groot", Basuki Juwono masuk dalam tim Editorial department sebagai assistant editor episode 1-5.

16. Wayan Blue Palmieri

Sumber foto: Instagram - Wayan Blue Palmieri

Bersama Basuki Juwono, Wayan Blue Palmieri juga menggarap serial "I Am Groot" sebagai assistant editor. Wayan memang kelahiran Indonesia, tepatnya Bali. Namun, dia pindah ke Amerika. Hingga dikenal sebagai seorang sutradara, editor film, dan fotografer video musik Amerika.

Sebelumnya, Wayan Blue Palmieri juga menjadi stereoscopic editor untuk film MCU lain, seperti "Thor: Love and Thunder" (2022), "Doctor Strange in the Multiverse of Madness" (2022), "Spider-Man: No Way Home" (2021), "Eternals" (2021), dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Itu tadi sejumlah seniman, aktor, dan juga penyanyi asal Indonesia yang pernah dan sedang terlibat kerja sama dengan Marvel. Jadi, karya siapa saja yang paling familiar buatmu?

Ternyata kiprah orang Indonesia di mancanegara tak kalah saing ya dengan orang Hollywood sana. Bikin bangga banget, geng! Jangan lupa juga untuk nonton, baca, dan mendengarkan karya-karya mereka ini ya.

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Inilah Pemilik Nama Terpanjang di Indonesia dengan 17 Kata, Tapi Panggilannya Cuma Y

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT

10 Momen Terbaik MCU, Bikin Marvel Menang Telak Lawan DC!

9 Superhero yang Belum Muncul di MCU, Ada yang Filmnya Siap Rilis?

40 Urutan Film Marvel Cinematic Universe (MCU) Lengkap, Sampai Akhir Phase 4!

12 Fakta Mengejutkan Tentang Marvel Comics

5 Game Marvel Terburuk yang Pernah Ada

11 Perbedaan Cerita Marvel Antara Komik dan Film, Captain America Mati di Civil War!

undefined
Kembali Keatas