Adu Smartphone Selfie Terbaik Dengan Kamera 16MP dan RAM 4GB

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 29 August 2016, 09:00
Bukan hanya mengandalkan sisi performa, fitur penunjang selfie pun menjadi hal yang diperhatikan saat membeli smartphone baru. Sebagai smartphone selfie, OPPO F1 Plus dan Vivo X7 Plus, mana yang lebih baik?

Sejak fenomena selfie rame-rame di ajang Oscar, selain menjadi bahasa baru, selfie juga menjadi sesuatu yang mutlak diperhatikan di smartphone. Maka tak heran jika kemudian smartphone selfie terus bermunculan.

Bukan hanya mengandalkan kamera depan beresolusi tinggi dan dilengkapi LED flash, beberapa smartphone selfie terbaik pun dibekali dengan spesifikasi tinggi untuk mendukung performanya. Nah, smartphone selfie yang memiliki performa tinggi di antaranya OPPO F1 Plus dan Vivo X7 Plus.

BACA JUGA

    OPPO F1 Plus vs Vivo X7 Plus

    Diawali oleh OPPO F1, OPPO mengumumkan keseriusannya untuk menggeluti segmen kamera smartphone. Keseriusan OPPO rupanya diikuti oleh Vivo yang juga meluncurkan smartphone selfie yang dibanderol dengan harga murah, yakni Vivo X7 Plus. Jika diadu, antara OPPO F1 Plus vs Vivo X7 Plus lebih keren mana ya?

    [gadget]1671[/gadget] [gadget]1675[/gadget]

    Desain dan Layar

    Dari segi fisik, baik OPPO F1 Plus dan Vivo X7 Plus sama-sama dibekali dengan material metal. Menariknya, desain yang terinspirasi dari iPhone 6 pada kedua smartphone ini pun, tampak tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanyalah peletakan detail garis pada desain kedua smartphone ini, dan bukan masalah besar.

    Satu yang menjadi pembeda dari segi fisik adalah ukuran layarnya. OPPO F1 Plus hanya dibekali bentang layar 5,5 inci, sementara Vivo X7 Plus memiliki layar 5,7 inci. Dampaknya, Vivo X7 Plus jadi tampak lebih bongsor. Sementara nilai positif bagi OPPO F1 Plus, selain punya desain yang lebih ringkas, layarnya pun jadi lebih tajam. Selain itu OPPO sudah dibekali dengan Gorilla Glass 4.

    Kamera

    Sebagai smartphone selfie, kedua smartphone ini beradu tangguh dengan mengandalkan kamera depan yang dibekali sensor kamera 16MP. Sayangnya, OPPO F1 Plus kembali harus menelan kekalahan dari Vivo X7 Plus. Pasalnya, kamera depan Vivo sudah dibekali dengan LED Flash, sementara OPPO masih mengandalkan flash screen.

    Di sisi kamera belakang, OPPO kembali kalah oleh Vivo. Pasalnya Vivo sudah mengusung kamera utama beresolusi 16MP, sementara OPPO masih 13MP. Menurut kamu, kira-kira dengan megapiksel kamera yang lebih besar, kamera siapa yang lebih mumpuni? Jika bicara soal angka, tentu OPPO kalah oleh Vivo.

    Memori dan Performa

    Meski smartphone-nya ini dikhususkan untuk menyasar pencinta selfie, tapi baik OPPO dan Vivo tidak mengesampingkan soal performa. Hal ini terlihat dengan keseriusan mereka dalam membekali 'jeroan' smartphone selfie terbaiknya. Baik OPPO F1 Plus maupun Vivo X7 Plus, keduanya dibekali dengan RAM 4GB yang menjanjikan performa cepat dalam menjalankan setiap perintah dan aplikasi.

    ADVERTISEMENT

    Tidak cukup mengandalkan RAM yang besar, Vivo dan OPPO membekali smartphone selfie murah terbaiknya ini dengan dukungan memori internal yang luas, yakni 64GB. Dengan memori sebesar ini, kamu tidak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan di smartphone walaupun menginstal banyak game dan aplikasi. Jika masih dirasa kurang, pada kedua smartphone ini kamu masih bisa menambahkan memori eksternal hingga 256GB.

    Sepintas keduanya terlihat sama ya, tapi rupanya jeroan mereka berbeda di dapur pacunya. OPPO mempercayakan F1 Plus pada chipset Mediatek MT6755 P10, sementara Vivo lebih memilih Snapdragon 652 terbaru dari Qualcomm. Kira-kira lebih cepat mana ya? Kamu bisa lihat grafik perbandingan dari Tech Grapple berikut ini.

    Jadi menurut kamu, bakal lebih cepat mana saat digunakan?

    Fitur Unggulan

    Selain menjanjikan hasil kamera depan dan performa smartphone cepat, OPPO F1 Plus dan Vivo X7 Plus dibekali dengan fitur-fitur lain yang tak kalah memukau. Untuk kamu yang peduli dengan keamanan smartphone, keduanya sudah dibekali dengan sensor fingerprint yang bisa digunakan untuk mengunci layar dan data di smartphone kamu. Akan semakin aman karena keduanya juga menggunakan Android Lollipop 5.1.

    Namun, kembali Vivo mengungguli OPPO. Kali ini dari segi baterai. Vivo X7 Plus telah dibekali baterai 4000mAh, sementara OPPO F1 Plus harus berpuas diri dengan kapasitas baterai sebesar 2850mAH. Dengan kapasitas baterai lebih besar, tentu akan memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih lama, kan?

    Harga dan Kesediaan

    Secara spesifikasi, OPPO F1 Plus kalah oleh Vivo X7 Plus. Dari segi harga sendiri, OPPO F1 Plus yang telah resmi hadir di Indonesia dibanderol seharga Rp5.499.000. Sementara Vivo X7 Plus yang belum masuk Indonesia, diperkirakan harganya sekitar Rp4.999.000. Meski demikian, harga Vivo X7 Plus masih belum harga final setelah nanti masuk ke Indonesia.

    Jadi, secara spesifikasi, jelas bahwa OPPO F1 Plus kalah dari Vivo X7 Plus. Tapi dari segi ketersediaan, OPPO F1 Plus bisa dibilang sebagai smartphone selfie terbaik yang bisa kamu pertimbangkan jika hendak membeli smartphone baru. Tapi jika kamu mau smartphone selfie terbaik dengan harga murah, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk memilih OPPO F1 Plus.

    ARTIKEL TERKAIT

    10 Aplikasi Android Gratis Terbaik Agustus 2016

    Jangan Menonaktifkan Fitur ini di Android Kalau Nggak Mau Kena Akibatnya

    APPS TERKAIT
    Oppo Tools 1.6.5
    Apps Wuxianlin
    AnTuTu Benchmark
    Apps AnTuTu
    BestMe Selfie Camera 1.2.7
    Apps RC PLATFORM
    YouCam Perfect - Selfie Cam 5.15.1
    Apps CyberLink
    Kembali Keatas