7 Hal Mendebarkan Tentang Flagship Killer OnePlus 3

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 08 April 2016, 13:00
Bocoran dan rumor OnePlus 3 memang sudah tak terbendung. OnePlus 3 ini digadang-gadang sebagai smartphone dengan spesifikasi high-end, namun dengan harga sedikit di atas smartphone mid-range. Mampukah OnePlus 3 menjadi flagship killer?

Bocoran dan rumor penerus OnePlus 2 memang sudah tak terbendung. Sempat dikabarkan akan dirilis pada tanggal 7 April, namun para penggemar OnePlus 3 tampaknya harus bersabar menunggu. Pasalnya, OnePlus telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada perangkat baru yang diungkap bulan ini.

OnePlus 3 digadang-gadang sebagai smartphone dengan spesifikasi high-end, namun dengan harga hanya sedikit di atas smartphone mid-range. Tugas OnePlus 3 sebagai flagship killer tahun ini memang sungguh berat, di mana akan berhadapan dengan sejumlah flagship dari vendor terkemuka yang sudah terlebih dahulu dirilis. Mampukah OnePlus 3 melebihi ekspektasi kita semua?

BACA JUGA
  • 6 Alasan Kenapa OnePlus X Lebih Baik dari Samsung Galaxy S7 Edge

7 Hal Mendebarkan Tentang Flagship Killer OnePlus 3

1. Spesifikasi

Tak mau kalah dengan kompetitor lain, OnePlus juga akan mengenakan chipset Snapdragon 820 sebagai otak OnePlus 3. Bocorannya juga telah terkuak di situs benchmark AnTuTu, dimana perangkat OnePlus dengan nomor model A3000 terpampang menggunakan chipset Snapdragon 820. Besaran RAM mencapai 4 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Selain itu OnePlus 3 juga akan memiliki kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Sementara untuk sistem operasinya, akan hadir dengan pre-installed Oxygen OS berbasis Android 6.0 Marshmallow. Sebagai catatan, handset ini bakal memiliki lebar layar 5.5 inci dengan resolusi Full HD. Informasi lain menyebutkan bahwa OnePlus juga menyiapkan varian dengan resolusi Quad HD. Untuk baterainya, meningkat jadi 3.500 mAh. NFC dan Android Pay kabarnya juga akan didukung oleh OnePlus 3.

2. Desain OnePlus 3

Bocoran video mengungkapkan OnePlus 3 tampaknya menggunakakn frame terbuat dari bahan logam dan memiliki desain dengan sudut lebih tumpul dibanding generasi sebelumnya. Kalau melihat desain depannya, tampang OnePlus 3 kelihatan tak banyak berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Kamera belakang terlihat ditemani dengan dual-tone LED Flash. Terdapat port USB Type-C dan sepasang speaker pada panel depan.

Sedangkan menurut bocoran beberapa gambar render yang telah beredar, sangat jelas menunjukkan bahwa tidak ada lagi pemindai sidik jari di bagian depan perangkat. Ada kemungkinan OnePlus akan menggunakan teknologi pengenalan mata iris-recognition atau mungkin sensor sidik jari ultrasonik tertanam di bawah layar.

3. Mampukah Meneruskan Kesuksesan Pendahulunya

OnePlus cukup fenomenal beberapa tahun terakhir. Produsen asal Tiongkok ini terbilang sukses dengan smartphone pertama mereka, sayangnya di generasi keduanya OnePlus tidak sebaik yang diharapkan. Smartphone OnePlus memang dibekali dengan hardware yang tidak asal-asalan, kinerjanya pun terbukti mampu menyaingi flagship Samsung dan Apple. Harga yang dipatok juga cenderung tidak semahal flagship kompetitor, sayangnya untuk membeli smartphone OnePlus membutuhkan undangan.

4. Tren Smartphone Telah Berubah

Smartphone OnePlus memang diciptakan sebagai flagship killer, namun pasar smartphone kini berubah. Tahun lalu smartphone kelas menengah sudah punya spesifikasi dan kinerja yang lumayan, tapi tahun ini rata-rata smartphone kelas menengah harga Rp 3 jutaan bahkan sudah hadir dengan RAM 3GB, kinerjanya pun terdongkrak. Pasar yang dituju OnePlus pun semakin menipis, ini akan jadi tantangan tersendiri.

ADVERTISEMENT

6. Tak Perlu Undangan Untuk Beli OnePlus 3?

Sistem undangan terbukti menjadi strategi jitu yang mampu mendongkrak popularitas OnePlus. Selain dapat mengontrol persediaan lebih baik, orang cenderung penasaran dengan sesuatu yang tidak mudah kita miliki. Memang itu juga menjadi hal yang sangat menyebalkan, bagi penggemar baru yang ingin membeli smartphone OnePlus.

OnePlus tampaknya sudah cukup pede melihat antusias OnePlus 3 cukup besar. Dengan basis pelanggan yang sudah ada, mengapa OnePlus ingin membatasi ketersediaan? OnePlus pun berencana membuang sistem undangan dan akan menjual bebas OnePlus 3.

7. Kesimpulan: Mampukah Menjadi Flagship Killer Sesungguhnya?

Bagaimana pun peluncuran OnePlus 3 sangat layak dinantikan. Penasaran bukan bagaimana OnePlus menyikapi perubahan pasar smartphone tahun ini? OnePlus One mampu melesatkan popularitas, OnePlus 2 melakukan dengan cukup baik sebagai penerus. Dan kita sangat mengharapkan ada kejutan besar di OnePlus 3.

Kita telah melihat bocoran spesifikasi OnePlus 3, sama seperti yang ada di flagship baru lainnya. Kita lihat saja desain finalnya bagaimana ketika dirilis nanti. Soal harga pasti akan dibandingkan langsung dengan Xiaomi Mi 5. Apakah kamu salah satu penanti OnePlus 3 dan akan membelinya ketika dirilis nanti?

(Sumber: AndroidPit)

ARTIKEL TERKAIT

Update Android Marshmallow untuk OnePlus Sudah Dipastikan!

OnePlus X vs iPhone 5S, Mana yang Lebih Baik?

APPS TERKAIT
OnePlus One 1.3
Apps Inthiaano
MiHome 3.7.0
Apps XDA Developers
Spotify Latest Version
Apps Spotify
Xperia Home 8.1.A.0.14
Apps Sony Mobile Communications
Kembali Keatas