OnePlus X vs iPhone 5S, Mana yang Lebih Baik?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 12 November 2015, 08:00
Jika melihat desain elegan yang diusungnya, OnePlus X terlihat memadupadankan desainnya dengan iPhone 5s. Bagaimana jika Jaka membandingkan OnePlus X dengan iPhone 5s?

Setelah sukses dengan OnePlus One, ternyata peluncuran OnePlus 2 tidak turut menuai sukses seperti sebelumnya. OnePlus tidak berdiam diri, karena lanjut memperkenalkan OnePlus X. Jika melihat desain elegan yang diusungnya, OnePlus X terlihat memadu-padankan desainnya dengan iPhone 5s. Bagaimana jika Jaka membandingkan OnePlus X dengan iPhone 5s?

BACA JUGA
  • ASUS Zenfone 2 Laser vs Xiaomi Mi 4i, Mana yang Lebih Hebat?

OnePlus bukan hanya bermain di segmen pasar smartphone dengan harga terjangkau, namun juga dibekali fitur terkini dengan spesifikasi memukau. Apa jadinya jika pendatang baru ini dihadapkan dengan jagoan lama dari Apple, iPhone 5s ya?

OnePlus X VS iPhone 5s

Desain yang terinspirasi dari iPhone 5s, digabungkan dengan fitur khas membuatnya terlihat memukau. Namun, sang peniru desain rupanya mampu mengungguli iPhone 5s di berbagai aspek yang dibawanya.

Harga

Sebagai pendatang baru, OnePlus X dibanderol dengan harga Rp 3.499.000,-, jauh lebih murah dibandingkan iPhone 5s yang masih dibanderol dengan harga Rp 4.250.000,- hingga Rp. 6.000.000,-. Harga ini tentu sangat timpang, mengingat OnePlus X adalah smartphone baru, sementara iPhone 5s adalah smartphone keluaran lama yang sudah tidak diproduksi lagi.

[gadget]1615[/gadget]

[gadget]868[/gadget]

Desain

Tujuan Jaka membandingkan OnePlus X dengan iPhone 5s ini adalah karena memang konsep keduanya mengusung desain yang hampir sama. Jelas terlihat bahwa OnePlus hendak membuktikan bahwa pengguna Android pun bisa memiliki smartphone yang dibalut material premium, seperti iPhone dari Apple.

Salah satu yang membuat OnePlus X terlihat premium adalah material keramik atau onyx yang digunakan dalam material bodinya. Membuatnya terlihat nyaman dalam genggaman meski dengan dimensi yang lebih besar daripada iPhone 5s. iPhone 5s sendiri yang menggunakan layar 4 inci memang masih disukai oleh para pengguna iPhone karena desainnya yang kokoh, tapi layar 4 inci bukankah sudah mulai ditinggalkan pengguna? Apple sendiri menghadirkan iPhone terbaru dengan membekalinya layar yang lebar.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya yang mencolok dari OnePlus X sehingga dibandingkan dengan iPhone 5s adalah rongga speaker di sisi bawah. OnePlus dengan cermat menyematkan 28 rongga speaker di sisi bawah secara simetris. Terlihat menginggung iPhone 5s yang menyematkan 26 rongga speaker secara asimetris.

OnePlus X juga meninggalkan iPhone 5s dari segi desain, karena OnePlus X telah dibekali tombol Alert Slider. Tombol ini memudahkan kamu untuk mengatur pemberitahuan, yaitu mau menerima alert semua notifikasi, hanya alert notifikasi penting, atau tidak ada alert sama sekali. Lebih mudah bukan? Jadi kamu bisa mengatur alert tanpa harus menyalakan layar.

Hardware dan Software

Untuk melihat perbandingan hardware, kamu bisa melihatnya di tabel berikut:

Spesifikasi OnePlus X Apple iPhone 5s
SoC Qualcomm Snapdragon 801 Apple A7
CPU Quad-core 2.3 GHz Dual-core 1.3 GHz
GPU Adreno 330 PowerVR G6430
RAM 3 GB 1 GB
Memori Internal 16 GB 16/32/64 GB
Memori External Ya, hingga 128 GB Tidak
Baterai Li-Po 2525 mAh Li-Po 1560 mAh
Sistem Operasi Android OS, v5.1 (Lollipop) iOS 8.1.2

Terlihat bahwa OnePlus X meninggalkan iPhone 5s dengan RAM 3 GB. Selain itu sistem operasi yang dibawa oleh OnePlus X pun lebih baru dibandingkan dengan iPhone 5s.

Kamera

Mengusung kamera 13 MP dengan bukaan lensa f/2.2, serta dibekali sensor terbaru yang canggih, mengambil gambar dengan OnePlus X lebih cepat dan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Jauh meninggalkan iPhone 5s yang hanya dibekali kamera utama beresolusi 8 MP. Selain itu, OnePlus X dilengkapi dengan teknologi ISOCELL, sehingga membuat sensitivitas terhadap cahaya menjadi lebih baik daripada iPhone 5s.

Kamu suka selfie? Daripada menggunakan kamera 1,2 MP yang dibawa oleh iPhone 5s, kamu akan lebih puas jika menggunakan OnePlus X yang dibekali kemera pendukung selfie beresolusi 8 MP. Video call dan selfie kamu pun semakin memuaskan, bukan?

Kesimpulan

Alih-alih membeli iPhone 5s yang hanya menang dengan logo Apple, kenapa tidak mencoba sensasi baru yang ditawarkan oleh OnePlus X? Selain desainnya yang kokoh dan elegan seperti iPhone 5s, secara spesifikasi hardware jelas iPhone 5s kalah tertinggal oleh OnePlus X. Bukan hanya elegan dan mampu menyajikan performa yang cepat, kamu juga semakin puas berekspresi dan mengabadikan gambar dengan kamera beresolusi tinggi.

Sumber foto: The Verge

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
OnePlus One 1.3
Apps Inthiaano
Espier Launcher 7 1.4.7
Apps Espier Studio
Espier Message 7 3.0.0
Apps Espier Studio
Espier Dialer 7 1.2.0
Apps Espier Studio
Kembali Keatas