10+ Smartphone Android Paling Canggih yang Dibuat oleh Produsen China

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 16 March 2016, 12:00
7 dari 10 besar berasal dari Tiongkok. Ini bukan kebetulan, produsen smartphone asal China ini memang berkembang pesat. Berikut JalanTikus kasih daftar smartphone China terbaik dari harga mahal sampai dengan yang murah.

Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa smartphone buatan China itu tidak bagus, kualitasnya jelek, mudah rusak, dan banyak cloningan (palsu). Jika sampai saat ini kamu masih beranggapan demikian, sebaiknya kamu berpikir ulang deh.

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sebagian besar smartphone China harganya sangat kompetitif, bahkan faktanya memang jauh lebih murah dibandingkan smartphone lainnya (non-China) meskipun spesifikasinya identik. Namun untuk dapat bersaing, harga murah saja itu memang sudah tidak cukup, produsen harus berinovasi.

BACA JUGA
  • Inilah 8 Alasan Kenapa Xiaomi Mi 5 Sangat Memikat!

10+ Smartphone Android Terbaik dari Produsen Asal China

Menurut grafik pembuat ponsel terbesar di dunia pada tahun 2015, 7 dari 10 besar berasal dari Tiongkok. Ini bukan kebetulan, produsen smartphone asal China ini memang berkembang pesat. Berikut JalanTikus kasih daftar smartphone China terbaik dari harga mahal sampai dengan yang murah.

1. Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5 adalah smartphone terbaik dari salah satu produsen China yang paling cepat berkembang di dunia - Xiaomi. Flagship terbaru Xiaomi memang sangat mengesankan: Mi 5 adalah smartphone yang ditenagai chipset gahar Snapdragon 820 dengan harga paling terjangkau. Desain orisinil dan terlihat kece dengan paduan bahan premium, seperti kaca, keramik, dan metal. Mi 5 menjalankan ROM MIUI 7 berbasis Android Marshmallow yang kaya akan fitur. Sektor kamera, Mi 5 dibekali kamera utama 16MP yang sangat digunggulkan dengan kemampuannya menangkap gambar di cahaya rendah dan sistem OIS yang sangat canggih.

2. Huawei Mate 8

Huawei Mate 8 memiliki layar yang sangat lapang 6 inci. Meski berlayar lebar namun dimensi ponsel ini ternyata identik dengan iPhone 6S Plus yang berlayar 5,5 inci. Sebagian besar bodi Mate 8 terbuat dari bahan metal jenis aluminium yang kuat dan premium. Mate 8 dilengkapi pemindai sidik jari di belakang, dan kamera 16MP yang sangat bisa diandalkan. Ukuran supersized-nya membuat menonton video dan bermain game jauh lebih nyaman.

3. Meizu PRO 5

Meizu PRO 5 dilengkapi dengan layar 5,7 inci. Otaknya mengandalkan chipset Samsung Exynos 7420 yang juga terdapat di Samsung Galaxy S6 dan Galaxy Note5, soal performa chipset ini tidak perlu diragukan lagi. Meizu juga telah membuat lompatan besar dalam hal kualitas desain dengan bahan baku metal. Sekilas desain Meizu PRO 5 memang terlihat mirip dengan desain iPhone, terlebih ada list antenanya.

4. Xiaomi Redmi 3

Xiaomi memang dikenal dengan perusak harga pasaran khususnya di segmen menengah, bahkan hingga sekarang. Belum lama ini Xiaomi telah memperkenalkan penerus Redmi 2 dengan harga di bawah Rp 2 juta, namun dengan peningkatan yang sangat signifikan.

Xiaomi Redmi 3 mengusung layar 5 inci 720p dengan baterai 4.100 mAh, memastikan ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang awet dan tahan lama. Desainnya naik tahta, tidak lagi menggunakan plastik melainkan metal. Sehingga tampangnya benar-benar terlihat stylish meskipun harganya yang murah meriah.

ADVERTISEMENT

Dapur pacunya juga tidak asal-asalan, Xiaomi membenamkan chipset Snapdragon 616 dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Redmi 3 menjalankan MIUI 7 berbasis Android 5.1 Lollipop, kamera 13MP, slot dual SIM hybrid, yang bisa kamu gunakan salah satunya untuk kartu microSD.

5. Meizu M1 Metal

Sesuai namanya, Meizu M1 Metal adalah smartphone berlayar 5.5 inci harga terjangkau (Rp 2.8 jutaan) dengan bodi metal yang solid. Tidak hanya desain yang bagus, jeroannya juga mumpuni dengan chipset octa-core MediaTek Helio X10, dipadukan RAM 2GB, baterai 3.140 mAh, kamera utama 13MP dan dilengkapi sensor sidik jari.

6. Xiaomi Redmi Note 3

Redmi Note 3 ini terdapat dua versi, pertama keluar dengan chipset Helio X10 dan baru-baru ini dirilis kembali dengan chipset Snapdragon 650. Smartphone dengan harga Rp 2 jutaan ini berlayar 5,5 inci, kamera utama 13MP, bodinya berbahan metal yang kokoh dan juga dilengkapi dengan sensor sidik jari. Varian 16GB hadir dengan RAM 2GB, sementara varian 32GB hadir dengan RAM 3GB.

7. LeTV Le 1s

LeTV adalah pendatang baru di pasar ponsel yang begitu sengit. Seperti produsen smartphone asal China lainnya, LeTV mengandalkan harga murah, desain menarik, dan spesifikasi tinggi. Contoh LeTV Le 1s ini yang dibanderol Rp 3.2 jutaan, namun memiliki daftar spesifikasi yang ada di smartphone flagship. Sebut saja, prosesor octa-core Mediatek Helio X10, ditandemkan dengan RAM 3GB LPDDR3 dan penyimpanan internal 32GB.

8. Lenovo K4 Note

Lenovo K4 Note dilengkapi dengan layar berukuran 5.5-inci dengan resolusi 1080p. Terdapat pemindai sidik jari di punggungnya dan dual speaker 1,5 Watt yang menggelegar. Dapur pacunya sendiri dilengkapi dengan chipset MediaTek MT6753, dengan penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas. Smartphone dengan harga Rp 2 jutaan ini dilengkapi kamera utama 13MP dengan phase-detection auto-focus, dan semua ini didukung dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh.

9. Xiaomi Mi Note

Mi Note adalah salah satu smartphone terbaik yang pernah dikeluarkan Xiaomi. Di mana Xiaomi mulai membuat smartphone dengan desain yang orisinil yang tidak hanya terlihat bagus, tapi juga menjadi inspirasi vendor lain. Mi Note hadir dengan layar 5,7 inci 1080p, prosesor kencang, kamera 13MP yang dapat diandalkan, dan daya tahan baterai yang sangat baik dengan kapasitas baterai 3.000mAh.

10. Meizu MX5

Satu lagi smartphone yang menarik dari Meizu adalah MX5. Perangkat ini hadir dengan bingkai aluminium kokoh yang memancarkan nuansa premium. Meizu MX5 dilengkapi dengan layar AMOLED 5,5-inci, didukung oleh sistem chip MediaTek Helio X10 dan dengan RAM 3GB. Ponsel dengan harga sekitar Rp 3.8 jutaan ini memiliki kamera utama 20MP dan pemindai sidik jari.

11. Zuk Z1

Anak perusahaan dari Lenovo ini sempat membuat geger dengan Zuk Z1. Smartphone Android stylish dengan bodi aluminium. Jeroannya mengandalkan chipset Snapdragon 801, RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB. Selain itu, layarnya 5,5 inci 1080p, kamera belakang 13 MP, mendukung USB Type-C, dan baterai 4.100 mAh.

12. Lenovo Vibe P1

Lenovo Vibe P1 merupakan phablet berlayar 5,5 inci 1080p dengan balutan body metal aluminium, kapasitas baterainya jumbo 5.000 mAh dengan harga yang memikat. Jeroannya mengandalkan chipset Snapdragon 615 dengan RAM 2GB, dan penyimpanan internal 32GB.

Melihat daftar smartphone di atas apakah kamu masih berpikir bahwa smartphone bikinan China itu jelek dan hanya menang murah? Jika ada yang kelewat, bantu sisipkan melalui komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

Meizu MX5 Unggulkan Kamera 20,7 MP dan Desain Premium Berbodi Logam

5 HP 'Tiruan' Terpopuler Buatan Cina yang Sukses Menipu Konsumen

APPS TERKAIT
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
Cymera - Camera & Photo Editor 4.0.1
Apps SK Communications
Camera FV-5 3.0
Apps FlavioNet
LINE Camera for Android 9.0.3
Apps Naver
Kembali Keatas