Cara Cek Apakah Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG atau Belum

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Thursday, 12 November 2015, 19:00
Kali ini, Jaka mau kasih tahu kamu Cara Mengecek Apakah HP Android Kamu Mendukung Fitur USB OTG atau tidak.

USB OTG (On The Go) merupakan salah satu aksesoris HP Android yang wajib kamu miliki. Sebab, banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan dengan USB OTG ini. Mulai dari menambah memori internal, memori eksternal, nge-print, dan sebagainya. Memang sih saat ini hampir semua smartphone mendukung fitur OTG. Tapi bagaimana dengan HP Android jadul? Makanya, kali ini Jaka mau kasih tahu kamu Cara Cek Apakah Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG atau Belum atau tidak.

BACA JUGA

    Ada dua cara untuk mengecek apakah HP Android kamu mendukung fitur OTG atau tidak. Cara pertama adalah dengan mengecek di halaman gadget yang ada di JalanTikus. Sedangkan cara kedua adalah menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker. Berikut Jaka jelasin langkah-langkahnya.

    2 Cara Mengetahui Apakah HP Android Kamu Mendukung Fitur OTG

    Menggunakan Halaman Gadget di JalanTikus

    JalanTikus.com menyediakan halaman khusus yang mengulas produk-produk gadget berupa smartphone dan tablet. Kamu tinggal buka link berikut ini:

    JalanTikus Gadgets

    Kemudian pada kolom pencarian, kamu tinggal tulis merk dan tipe smartphone kamu, lalu tekan Enter. Misalnya kali ini Jaka mau tahu apakah ASUS ZenFone 4 mendukung fitur USB OTG ini.

    Kamu akan diarahkan pada halaman produk gadgets. Pada bagian spesifikasi, lihat kolom "Konektivitas". Maka akan terlihat apakah smartphone kamu mendukung konektivitas OTG.

    Menggunakan Aplikasi USB OTG Checker

    Kamu juga dapat menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker untuk mengecek apakah smartphone kamu mendukung fitur OTG atau tidak. Begini cara penggunaannya.

    USB OTG Checker 5.5
    Apps Office & Business Tools HSoftDD
    DOWNLOAD

    Itulah cara mengecek apakah HP Android kamu mendukung fitur OTG atau tidak. Semoga cara ini dapat membantu kamu yang memiliki HP Android keluaran lama, namun tetap ingin merasakan manfaat fitur USB OTG di smartphone. Kalau kamu punya info atau tips lain seputar USB OTG, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

    ARTIKEL TERKAIT

    Drone Canggih Ini Bisa Selamatkan Nyawa Kamu

    APPS TERKAIT
    Link2SD
    Apps Bülent Akpinar
    GPU-Z 0.8.3
    Apps techPowerUp
    SD Tools 3.5
    Apps Veluscek Ales
    WinToFlash 1.4.00.00
    Apps NoviCorp
    Kembali Keatas