USB OTG, Pengganti Memori Eksternal dengan Harga Murah

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 20 Agustus 2015, 09:00
Harga OTG yang murah yaitu sekitar Rp 20.000 hingga Rp 100.000 membuat OTG sekarang ini bisa dibilang pengganti MicroSD sebagai memori eksternal.

USB OTG singkatan dari On The Go merupakan salah satu aksesoris smartphone yang mungkin belum banyak dikenal karena baru sebagian kecil smartphone yang bisa menggunakan OTG. OTG adalah sebuah aksesoris yang dapat menghubungkan smartphone kamu dengan perangkat berbasis USB seperti misalnya Flashdisk, Printer, Keyboard, dan perangkat lainnya yang mendukung penggunaan OTG. OTG memiliki lambang seperti di bawah ini:

Cara menggunakan OTG sendiri cukup mudah tinggal sambungkan OTG USB Adapter Cable Connector Kit ke smartphone milikmu lalu sambungkan socket USB misalnya ke Flashdisk. Dengan menggunakan Flashdisk, kamu berarti tidak perlu lagi membeli memori eksternal atau kartu microSD dengan harga yang cukup mahal. Untuk menggunakan keyboard dan mouse melalui OTG mungkin sedikit sulit dikarenakan adanya Driver yang perlu diinstal terlebih dahulu apalagi jika kamu menggunakan keyboard dan mouse gaming dengan banyaknya tombol. (Baca juga: USB 3.0 Terkecil di Dunia Sekecil Koin Ini Bisa Simpan Video Full HD 16 Jam!)

Apa saja gadget yang bisa menggunakan OTG?

Harga OTG USB Adapter Cable Connector Kit yang murah yaitu sekitar Rp 20.000,- hingga Rp 100.000,- membuat OTG jenis ini bisa dibilang sebagai pengganti MicroSD sebagai memori eksternal, tetapi kekurangannya ada di smartphone yang menjadi tidak enak dipegang karena ada kabel yang terhubung dengan perangkat lain.

Nah, kalo kamu nggak mau terganggu dengan kabel, sekarang ada pilihan lain yaitu Flashdisk yang sudah OTG-ready; sebuah USB Flashdisk yang telah dilengkapi dengan dua sisi konektor: USB dan Micro USB. Sayangnya, USB OTG jenis ini harganya tergolong jauh lebih mahal dari Kabel USB OTG biasa. So, kamu sendiri lebih pilih yang mana?

Artikel Menarik Lainnya

undefined
Kembali Keatas