12 Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa, Penyelamat Anak Kos!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 26 May 2023, 14:30
Kamu mahasiswa yang Ingin mandiri dan punya penghasilan sendiri? Berikut adalah rekomendasi kerja sampingan mahasiswa yang cocok untuk kamu di tahun 2023!

Sedang mencari kerja sampingan mahasiswa yang menghasilkan uang dan gak banyak menyita waktu? Jaka punya rekomendasinya, nih!

Seperti diketahui, mahasiswa biasanya erat dengan masalah keuangan, terutama bagi mereka yang ngekos atau di perantauan. Jatah uang yang biasanya sudah dipatok perbulan dari orangtua, tak jarang sudah habis sebelum masa tenggang.

Nah, dengan kerja sampingan, kamu bukan hanya mendapat uang tambahan, tapi juga belajar banyak hal. Berlatih disiplin, belajar mengelola manajemen waktu yang baik, dan menambah pengalaman adalah beberapa hal berharga yang akan kamu dapatkan.

Lantas apa saja macam pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Supaya kamu nggak penasaran, mari simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jasa Desain

Jika kamu seorang mahasiswa yang jago desain, kamu memiliki kesempatan untuk memulai pekerjaan tambahan dengan mengembangkan jasa desain profesional. Upahnya cukup menggiurkan, loh.

Kamu dapat menciptakan desain photobook tahunan sekolah, logo produk, dan banyak lagi. Saat ini, permintaan untuk jasa desain sangat banyak, sehingga peluang untuk terlibat di bidang ini juga semakin besar.

2. Jualan Online

Di era digital seperti ini, siapa saja bisa memulai bisnis, salah satunya dengan berjualan secara online. Kamu bisa menjual barang-barang lucu dan menarik untuk sesama mahasiswa.

Adapun beberapa contoh barang yang bisa dijual seperti makeup, baju, skincare, dan sebagainya. Kamu pun bisa memanfaatkan berbagai platform e-commerce serta media sosial untuk memasarkan produk.

ADVERTISEMENT

3. Penulis Freelance

Mendapatkan bayaran untuk menulis tidak hanya terbatas pada wartawan profesional. Kamu mungkin akan terkejut melihat betapa banyak situs web yang membayar orang untuk menulis artikel di sana.

Tidak perlu menjadi jurnalis atau Shakespeare untuk bisa menjadi penulis yang dapat menghasilkan uang. Siapa pun dapat menghasilkan pendapatan tetap dengan menjadi penulis lepas dalam bidang keahlian mereka, sepert seputar finansial, kesehatan dan gaya hidup, hiburan, marketing, dan sejenisnya.

4. YouTuber

Pengen kerja sampingan mahasiswa online yang mudah? Kalau kamu suka membuat konten video maka buatlah channel YouTube. Platform ini bisa kamu gunakan untuk menyalurkan hobi sekaligus mencari uang.

Adanya Google Adsense membuatmu bisa mendapat uang dari hasil tayangan video yang kamu unggah. Tentu saja, video kamu harus menarik dan memberikan manfaat bagi penontonnya. Selain itu, kalau views-nay sudah banyak, kamu bisa bekerja sama dengan brand tertentu, loh.

5. Driver Ojek Online

Kalau kamu punya motor dan sudah memiliki SIM, coba aja kerja sampingan mahasiswa dengan menjadi driver ojek online. Kesempatan ini terbuka lebar untuk siapapun, termasuk untuk mahasiswa.

Kamu hanya perlu mendaftar sebagai pengemudi dan menerima pesanan saat tidak sedang kuliah. Sedangkan jika ada ujian atau urusan perkuliahan, kamu dapat menonaktifkan akun untuk sementara waktu.

Jam kerjanya pun sangat fleksibel serta permintaannya yang tinggi, terutama jika di wilayah kampus dan perkantoran. Kamu bisa menghasilkan pendapatan sebesar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu setiap harinya.

Kalau belum tahu cara daftar jadi driver ojol, kamu bisa simak artikel Jaka di bawah ini:

Cara Daftar Gojek Online 2022, Praktis Bisa Lewat HP!
Cara daftar Gojek online untuk GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, dan GoBox bisa kamu simak selengkapnya di sini. Update terbaru 2022!
LIHAT ARTIKEL

6. Jasa Ketik Tugas

Tugas mahasiswa itu tidak ada habisnya, dan kebanyakan tugas pasti diminta dalam bentuk makalah yang diketik. Kamu bisa manfaatkan ini untuk kerja sampingan, loh.

Kamu bisa kerja sampingan mahasiswa dengan membuka jasa ketik. Bisa ketik tugas, makalah, bahkan skripsi. Kalau sudah punya laptop dan punya kemampuan mengetik sepuluh jari, kamu bisa menawarkan jasa ini ke teman kuliah kamu.

7. Event Organizer

Kalau kamu suka merancang acara, coba kerja sampingan sebagai EO atau Event Orginizier saja. Kamu bisa memulai dari proyek-proyek kecil dulu.

Misalnya, dengan mempersiapkan hari kelulusan teman, merencanakan surpise ulang tahun, atau menyiapkan acara spesial untuk yang anniversary pacaran. Agar lebih mudah, bentuk sebuah tim berisikan teman-teman mahasiswa juga agar ada pembagian tugas sesuai kemampuan.

8. Fotografer atau Videografer

Kerja sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang hobi dengan fotografi atau videografi. Kamu bisa menawarkan jasa dokumentasi dalam bentuk foto atau video.

Banyak event yang bisa kamu tawarkan jasa ini, seperti acara nikahan, pembuatan video profil perusahaan, atau membuat album foto pre wedding, dan lainnya. Sebaiknya sebelum kamu menawarkan jasa, buat portofolio berisikan karya terbaikmu agar konsumen percaya.

9. Part Time di Toko atau Restoran

Salah satu kerja sampingan mahasiswa yang bisa kamu lakukan adalah dengan bekerja part time di toko atau restoran. Ada banyak pilihan yang bisa kamu tuju, seperti fotocopy, swalayan, cafe, restoran, dan lain-lain.

Kalau ini lebih cocok untuk kamu yang sudah di semester akhir, karena biasanya kerja part time ini membutuhkan waktu yang lebih panjang. Lumayan untuk membuatmu jadi lebih mandiri, kan?

10. Guru Les Privat

Buat mahasiswa-mahasiswa keguruan bisa nih kerja sampingan dengan menjadi guru atau tutor les privat. Selain mendapat uang, kamu juga bisa belajar menerapkan ilmu yang didapat saat perkuliahan.

Nah, guru privat ini ngga melulu soal pelajaran, ya. Jika kamu punya keterampilan lain, kamu juga bisa menawarkannya kepada calon murdi, misalnya seperti les musik atau les olahraga.

11. Guide atau Pemandu Wisata

Kerja sampingan mahasiswa ini cocok kalau kamu menyukai public speaking, apalagi kalau wilayah kampus kamu dekat dengan lokasi wisata.

Ya, kamu bisa menawarkan jasa pemandu wisata ke tiap pengunjung atau turis yang datang. Kamu dapat bekerja secara swadaya atau bergabung ke agen perjalanan wisata agar lebih mudah mendapatkan job.

12. Jasa Titip (Jastip)

Jasa Titip atau Jastip bisa jadi solusi pekerjaan sampingan mahasiswa untuk kamu yang ngekos di luar kota ataupun luar negeri. Misalkan kamu kuliah di Amerika, kamu bisa membuka jasa titip untuk teman-teman kamu yang ingin membeli barang dari Amerika.

Cara ini bisa jadi solusi bagi orang terdekat kamu yang merasa keberatan jika harus membeli barang impiannya lewat eBay atau Amazon yang pajaknya mahal. Kamu bisa membuka jasa ini secara online lewat media sosial.

Itu dia beberapa ide kerja sampingan mahasiswa yang bisa kamu coba. Namun, kamu harus pandai dalam mengatur waktu, ya. Jangan sampai kerja sampingan itu justru mengganggu waktu kuliah kamu. Selamat mencoba!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Aplikasi, Streaming, dan Games atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

23+ Aplikasi Cari Jodoh Terbaik 2024, Solusi Cepat Temukan Tambatan Hati!

27 Aplikasi VPN Terbaik & Anti Blokir 2024, Bisa Akses Semua Situs Gratis!

Rekomendasi 10 Aplikasi Chatting Gratis Terbaik 2023, Ngobrol Digital Makin Seru!

Daebak! 7 Aplikasi Chat dengan Orang Korea Terbaik Buat Cari Teman Baru

10 Aplikasi Chat dengan Bule Terbaik 2024, Cara Belajar Bahasa Asing Paling Seru!

Kembali Keatas