J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Prosesor Intel vs AMD Ryzen, Mana yang Lebih Gahar dan Terbaik?

Prosesor Intel vs AMD Ryzen, Mana yang Lebih Gahar dan Terbaik?

Minggu, 7 Jun 2020, 12:00 WIB
Sedang mencari prosesor terbaik untuk PC gaming-mu dan bingung memilih di antara AMD vs Intel? Mending simak ulasan Jaka berikut ini dulu, geng!

Saat ini, sudah banyak orang-orang yang hobi bermain game, baik di platform konsol maupun bermain di PC. Konsol cukup populer karena kepraktisannya. Tinggal colok, kamu bisa langsung main.

Berbeda dengan PC yang harus kamu rakit satu per satu. Memilih komponen pun bukanlah hal yang mudah. Meskipun sudah ada website rakit pc serta aplikasi di Android untuk simulasi merakit PC, tetap saja merepotkan.

Ketika memilih prosesor, kalian juga pasti bingung untuk memilih brand prosesor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Di antara prosesor Intel vs AMD Ryzen, lebih bagus yang mana, ya?

Prosesor Intel vs AMD, Manakah yang Lebih Layak Dibeli?

Sebenarnya, brand prosesor di pasaran cukup banyak, geng. Namun hanya 2 brand yang mampu mendominasi pasar prosesor saat ini, yakni Intel Core dan AMD Ryzen.

Intel Core memiliki sejarah panjang dan reputasi yang lebih baik dibandingkan AMD. Prosesor Intel Core menawarkan teknologi canggih yang berkualitas premium di kelas atas.

Sedangkan, AMD pada zaman dahulu merupakan pilihan alternatif bagi orang yang merakit PC namun dengan budget yang minimum. Meskipun murah, AMD zaman dahulu juga nggak jelek-jelek amat, geng.

Pada tahun 2013, dominasi Intel Core sempat tak terbendung oleh AMD. AMD terancam merugi dan gulung tikar akibat inovasinya yang dinilai tak berkembang.

Namun, segala hal berubah pada tahun 2017 ketika AMD memperkenalkan prosesor baru besutan mereka, yakni Ryzen Series.

Semua orang langsung terpesona akibat performa dan juga harganya yang murah.

Kok bisa, ya, AMD Ryzen memiliki performa yang tidak kalah dengan prosesor Intel namun dibanderol dengan harga lumayan miring? Yuk, simak perbandingan AMD vs Intel di bawah ini!

1. AMD vs Intel: Clock Speed

Intel Core Vs Amd Ryzen 1 1d41e

Dulu saat awal rilis, arsitektur prosesor AMD Ryzen memungkinkan prosesor tersebut untuk memiliki clock speed yang lebih tinggi dibandingkan prosesor Intel Core milik Intel.

Meskipun begitu, kondisi saat ini berbeda karena keduanya memiliki clock speed yang kurang lebih sama dan memiliki potensi yang sama ketika di-overclock.

Clock speed juga sebenarnya nggak bisa digunakan untuk mengukur performa prosesor dengan akurat, geng. Malahan, kadang-kadang clock speed bisa membuat kamu misleading alias tertipu.

Kalau kamu perhatikan, saat ini prosesor gaming sudah tidak ada yang clock speed-nya di bawah 3 GHz. Rata-rata prosesor saat ini memiliki rata-rata 3 - 4 GHz.

2. AMD vs Intel: Overclock

Intel Core Vs Amd Ryzen 2 F6f36

Overclocking merupakan tindakan membuat prosesor untuk bekerja di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut.

Prosesor AMD Ryzen memiliki keunggulan karena semua prosesor-nya bisa di-overclock, asal motherboard yang digunakan mendukung hal tersebut.

Sedangkan, nggak semua prosesor Intel dapat di-overclock, geng. Hanya prosesor dengan akhiran "K" yang mampu di-overclok. Itu yang menjadi salah satu poin negatif Intel.

Meskipun begitu, prosesor Intel yang di-overclock akan memiliki performa dan potensi yang lebih baik dibanding dengan prosesor AMD yang di-overclock.

Memang, sih, motherboard yang mendukung overclock untuk prosesor Intel memang lebih mahal. Kalau kamu sultan, Jaka saranin pakai Intel, geng.

3. AMD vs Intel: Jumlah Core

Intel Core Vs Amd Ryzen 3 199e0

Salah satu selling-point yang dimiliki oleh AMD Ryzen adalah core yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan core milik prosesor Intel Core.

Sebelum Ryzen dirilis, Intel seringkali mengandalkan Hyper-Threading, yaitu teknik yang membuat prosesor dapat mengeksekusi beberapa thread atau instruksi pada saat bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja dan respon sistem.

AMD Ryzen memiliki hitungan Core/Threads yang bervariasi, mulai dari 4/4 di seri Ryzen 3, 6/12 pada seri Ryzen 5, dan 8/16 pada Ryzen 7.

Semakin tinggi hitungan thread, maka prosesor tersebut memiliki performa lebih tinggi dalam segi multi-tasking.

Sementara itu, Intel Core i3 hanya memiliki 4 core, Core i5 memiliki 6 core, dan Core i7 memiliki 8 core.

Jadi, bisa dikatakan bahwa perbandingan Ryzen vs Intel dalam segi core, AMD Ryzen menang dari Intel Core ya, geng.

4. AMD vs Intel: Performa

Intel Core Vs Amd Ryzen 4 Cb7f1

AMD Ryzen memiliki kemampuan lebih baik dalam multi-tasking dengan jumlah core-nya yang banyak, namun Intel memiliki performa single-core yang lebih baik.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, prosesor mana yang memiliki performa lebih baik ketika bermain game, Intel Core atau AMD Ryzen.

Untuk menjawab itu, sebenarnya agak sulit, geng. Zaman dahulu, belum ada game yang membutuhkan banyak core untuk menjalankannya.

Namun, game zaman sekarang, terutama yang memiliki world luas membutuhkan banyak core untuk menjalankan game tersebut dengan mulus.

Meskipun begitu, ketika bermain game, bukanlah prosesor kamu yang bekerja keras, melainkan GPU (Graphic Processing Unit) atau biasa dikenal dengan VGA card.

5. AMD vs Intel: Kompatibilitas

Intel Core Vs Amd Ryzen 5 40766

Prosesor Intel membutuhkan motherboard dengan socket bertipe LGA untuk menggunakan prosesor tersebut. Masalahnya nggak semua tipe LGA mendukung jenis-jenis prosesor Intel.

Misalnya, prosesor i7 6700k membutuhkan motherboard dengan socket LGA 1151. Diluar socket tersebut, prosesor tersebut tidak bisa dipakai karena tidak kompatibel.

Berbeda dengan AMD yang menggunakan socket bertipe AM. Saat ini, socket terbaru Ryzen memiliki seri AM4. Kerennya, semua prosesor AMD mampu menggunakan socket tersebut, geng.

Prosesor Ryzen lama mampu menggunakan motherboard socket baru, begitu juga prosesor Ryzen baru mampu menggunakan motherboard dengan socket lama.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, kita bisa melihat bahwa AMD Ryzen unggul di atas Intel Core meskipun tidak dalam semua segi perbandingan.

Untuk kalian yang menggunakan PC hanya untuk bermain game, nampaknya cocok untuk menggunakan prosesor AMD Ryzen karena harganya yang lebih murah serta performa di kelas mid-end yang juara.

Namun, apabila kalian punya banyak uang dan ingin build PC kelas high-end, kalian bisa memilih untuk menggunakan prosesor Intel Core karena performanya yang superior pada kelas high-end.

Semuanya balik ke kalian lagi, geng. Ada harga, ada kualitas.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai perbandingan antara prosesor Ryzen vs Intel Core. Jadinya, kamu bakal pilih yang mana, geng?

Tulis jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
A15a634258e7a1f2b91330b3ded5007d

10 Fakta Mencengangkan Dari Intel yang Pasti Belum Kamu Ketahui

Rekomendasi Laptop Core I5 Murah Berkualitas Terbaik Banner 6a2e9

12 Laptop Core i5 Murah Berkualitas Terbaik di 2020, Mulai 3 Jutaan!

Banner Vga Gaming Terbaik Murah Berkualitas

10 VGA Gaming Terbaik AMD Radeon Harga 1 Jutaan

Banner Wccftech Ryzen5bocor

Bocor! Ini Harga dan Tanggal Rilis Prosesor AMD Ryzen 5 Terbaru

Banner Jalantikus Ryzen5launchok

Gempur Kelas Menengah, AMD Ryzen 5 Resmi Rilis Dengan Harga Bersaing

Banner Gizmodo Ryzenrekor

Hebat! Prosesor AMD Ryzen 7 1800X Terbaru Pecahkan REKOR DUNIA

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal