J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Panduan Lengkap dan Cara Memainkan Pokemon GO

              Panduan Lengkap dan Cara Memainkan Pokemon GO

              00
              Selasa, 26 Jul 2016, 12:00 WIB
              Mengerti cara main Pokemon GO? Apa saja sih yang ada di dalam Pokemon GO? Baca artikel ini selengkapnya ya

              Pokemon GO memang sedang hangat dibicarakan oleh para penggila game hampir di seluruh dunia. Permainan ini memang bisa membawa imajinasi ke tingkat dunia nyata. Sebab, kamu akan dituntut untuk memainkan Pokemon GO dengan mengaktifkan GPS, sehingga kamu harus mencari Pokemon sambil berjalan menyusuri setiap sudut jalan yang kamu lewati.

              Maka dari itu, JalanTikus berniat untuk memberikan panduan lengkap bagaimana cara memainkan Pokemon GO dari awal hingga menaikkan level ke tingkat yang lebih tinggi. Bagi kamu yang ingin main Pokemon GO tapi bingung untuk memulainya, kamu dapat membaca artikel ini dengan seksama. Sebelumnya, kamu harus download Pokemon GO dulu, ya! Sudah? Baik, inilah panduan lengkap dan Cara Memainkan Pokemon GO!

              BACA JUGA
              • 8 Smartphone Android Terbaik Untuk Main Pokemon Go!
              • YES!! Begini Cara Download Pokemon Go di Indonesia!
              • Jangan Berhenti Main Pokemon GO, Ini 6 Alasannya

              Panduan Lengkap dan Cara Memainkan Pokemon GO

              Pertama kali mulai permainan Pokemon GO, kamu akan melihat sebuah karakter profesor dengan rambut berwarna perak muncul dan menerangkan serta mengajarkan bagaimana kamu main Pokemon GO pada awal permulaan. Kamu akan diajarkan bagaimana melempar Pokeball, dan menangkap Pokemon. Setelah itu, si tokoh profesor ini akan menghilang dan hanya menyuruh kamu untuk keluar serta mulai menjelajahi sekitar kamu. Biasanya, dari sinilah kamu akan sedikit mulai kebingungan.

              Jika ingin Mendapatkan Pikachu Saat Main Pokemon Go pertama kali, kamu bisa coba terapkan tips yang satu ini. Nah, sudah dapat Pikachunya? Yuk, mulai jalan-jalan!

              PokeStop

              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 23

              Sebagai pemain Pokemon GO awam, kamu akan menemukan penanda lokasi pada mini map yang disajikan dan melihat simbol Pokeball berwarna biru (bisa berbentuk kotak kubus jika masih jauh). Nah, itulah yang dinamakan PokeStop! Dengan menemukan PokeStop, berarti kamu bisa mulai memungut barang-barang atau items dan meraih poin pada awal permainan.

              Sebelum kamu mendapatkan item dari PokeStop, perlu diingat kalau PokeStop HARUS berada dalam jangkauan kamu guys. Jika tidak, meski kamu meng-klik PokeStop, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Setelah berada dalam jangkauan, maka foto lokasi/monumen asli akan ditampilkan PokeStop, entah itu berupa foto masjid, restoran, patung, ataupun penanda monumen lainnya.

              Yopik Pokemon Pokestop

              Putar gambar dengan menggesekkan layar dari kiri atau kanan dan item-item pun akan mulai berjatuhan. Tak perlu mengetuk satu-satu item tersebut, cukup tekan "X" dan ia akan terkumpul dengan sendirinya. Jika sudah mendapatkan item, maka PokeStop yang sebelumnya berwarna biru akan menjadi ungu, karena sudah digunakan. Namun tenang, itu akan kembali membiru kok dalam waktu sekitar 5 menit.

              Ada sedikit glitch dimana setelah diputar, PokeStop tidak berubah menjadi warna ungu. Tenang saja, itu tidak mempengaruhi perolehan item kamu. Mengingat apk yang digunakan untuk download Pokemon GO masih belum resmi, akan ada beberapa orang yang mengalami glitch ini. Jika kamu salah satunya, jangan kaget jika efek Incense maupun penggunaan Lucky Egg juga tidak terlihat di layar (meski fungsinya tetap berguna/aktif).

              Oh iya, Semua PokeStop akan berada di tempat yang sama, jadi kalau orang di sekitar kamu kegirangan mendapatkan PokeStop, dekatkan saja ke arah yang sama, nanti kamu juga bisa menemukan PokeStop tersebut. Semakin tinggi level kamu, maka hadiah yang disediakan PokeStop juga semakin beragam.

              Gym

              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 24

              Gym adalah sebuah arena untuk tempat bertarungnya para Pokemon dan melatih skill Pokemon yang kamu miliki. Untuk masuk ke Gym, kamu harus menembus level 5 terlebih dahulu, dan sudah memilih tim yang tersedia: Team Instinct (Kuning), Team Mystic (Biru) dan Team Valor (Merah). Setelah itu, kamu bisa mulai menaklukan Gym lawan atau memperkuat Prestige Gym tim kamu sendiri. Sebelum masuk ke level tersebut, kamu masih hanya diharuskan untuk mengembangkan pengalaman Pokemon Trainer dulu.

              Untuk informasi selengkapnya mengenai GYM, kamu bisa baca panduan lengkap dan Tips Menggunakan Gym di Pokemon GO yang Wajib Kamu Ketahui berikut disini.

              Menangkap Pokemon

              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 25

              Nah, cara memainkan Pokemon GO selanjutnya adalah menangkap Pokemon! Tidak seperti PokeStop atau Gym yang hanya berada di lokasi yang sudah ditentukan, Pokemon bisa muncul tiba-tiba dimana saja dan kapan saja. Jenis yang muncul pun tidak menentu, beberapa jenis Pokemon level tinggi bahkan bisa saja muncul mendadak di satu tempat.

              Kamu akan selalu dikejutkan oleh keberadaan Pokemon yang menyebar di seluruh area yang kamu sisir. Tidak ada ikon di peta yang menunjukkan bahwa Pokemon berada lokasi tertentu satu tempat. Satu-satunya penanda adalah kibasan daun hijau yang tampak bergerak-gerak. Biasanya jika kamu melihat itu, akan ada Pokemon muncul di sana!

              Rustle

              Saat kamu berada di dekat Pokemon dan siap-siap menangkapnya, akan ada semacam sinyal dalam bentuk lingkaran di sekitar tubuh monster. Apabila warnanya hijau, berarti Pokemon tersebut mudah untuk ditangkap, dan jika ia berwarna oranye, kuning atau merah itu berarti akan agak sulit untuk ditangkap (Merah paling sulit). Untuk menangkal tingkat kesulitan penangkapan, nanti kamu bisa menggunakan Razz Berry ataupun Pokeball yang lebih canggih, seperti Great Ball, misalnya.

              Selama berburu Kamu juga bisa mengenakan earphone atau headset ketika menyusuri area untuk mencari monster jika malas harus berjalan terus sambil menatap layar. Aktifkan opsi Battery Saver untuk Hemat Baterai Saat kamu Main Pokemon Go sambil menggunakan earphone tersebut.

              Nearby

              Jika masih belum menemukan juga, klik Opsi Nearby yang akan menampilkan deretan Pokemon terdekat di lokasi kamu. Di bawah monster kamu bisa menemukan ikon tapak-tapak kaki yang terdiri dari satu tapak, dua tapak atau tiga tapak. Tapak tersebut menandakan seberapa jauh atau dekat Pokemon yang kamu incar.

              Pilih Pokemon yang kamu inginkan, lalu mulai-lah berjalan ke arah mana saja hingga penanda tapak berkurang. Satu tapak berarti satu lingkaran jaraknya, jika dua tapak = dua lingkaran dan seterusnya. Jika tiba-tiba tapaknya hilang, maka Pokemon tersebut akan muncul di lokasi kamu dalam waktu 5-10 detik kemudian. Jika tapak malah bertambah, putar balik 180 derajat dan berjalan ke arah yang berlawanan. Ulangi sampai tapak berkurang dan hilang!

              Tapak Pokemon Go

              Egg dan Incubator

              Biasanya, pada PokeStop, selain mendapatkan Pokeball, kamu juga bisa mendapatkan telur atau Egg. Dengan Egg, kamu memiliki kesempatan untuk menetaskan Pokemon yang mungkin langka dan jarang ditemukan meskipun kamu sudah berkilo-kilo menyusuri area map. Untuk bisa menetaskan, kamu bisa memulai inkubasi, dan harus berjalan sesuai jarak yang ditentukan oleh telur tersebut. Perlu diingat, hingga artikel ini ditulis, kamu hanya bisa menyimpan sembilan telur dalam kolom persediaan.

              Jarak perjalanan untuk menetaskan telur ada tiga, yaitu: 2.0 Km, 5.0 Km, dan 10 Km. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh, semakin langka dan kuat Pokemon yang ditetaskan. Kamu hanya akan mendapat satu inkubator unlimited yang bisa kamu gunakan berulang-ulang. Setelah itu, inkubator yang kamu beli ataupun didapat dari naik level akan hangus setelah tiga kali pemakaian.

              Untuk mulai melakukan inkubasi telus, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

              • Pada Map View, pilih opsi Main Menu.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 29
              • Setelah dilakukan, akan ada beragam opsi, pilih Pokemon.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 28
              • Di dalam sini, ada dua kategori, pilih Eggs dan pilih salah satu Egg yang kamu inginkan.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 27
              • Kemudian ada pilihan Start Incubation, pilih itu.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 26
              • Sesudah kamu masuk Start Incubation, maka pilih salah satu incubator yang tersedia.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 19
              • Mulailah berjalan untuk menetaskan telur.
              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 20

              Transfer

              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 30

              Sebagai pemain Pokemon GO sejati, kamu bisa memilih salah satu atau beberapa Pokemon untuk disimpan, dan kemudian mentransfer Pokemon yang lebih lemah kepada profesor berambut perak untuk ditukarkan dengan Candy. Nah, setelah itu, Pokemon kamu bisa kamu tingkatkan lagi dengan memberi makan candy khusus untuk setiap spesiesnya. Kamu bisa menjual Pidgey kalau kamu punya lebih dari satu untuk mendapatkan candy khusus yang bisa diberikan ke Pidgey, Pidgeotto, atau Pidgeot itu sendiri. Candy ini bisa kamu gunakan untuk melakukan evolusi (Evolve) agar Pokemon kamu semakin kuat dan dapat bertahan dalam pertarungan di Gym.

              Panduang Lengkap Main Pokemon Go 22

              Proses transfer ini bisa kamu lakukan pada opsi Main Menu di layar Pokemon GO yang kamu mainkan. Setiap Pokemon memiliki tombol Transfer untuk mendapatkan candy. Tiap Pokemon juga mempunyai tombol Power Up dan tombol Evolve. Untuk mengaktifkan fitur Power Up, kamu harus memiliki Stardust, yang bisa kamu peroleh dengan menangkap Pokemon, menetaskan telur, dan ataupun mentransfer Pokemon yang kamu punya kepada Profesor (jarang terjadi).

              Menaikkan Level

              Sama seperti semua game lain, kamu juga bisa menaikkan level Trainer yang kamu miliki. Untuk menaikan level, kamu harus mendapatkan banyak XP atau Experience Point. XP bisa didapat dari berbagai macam kegiatan, mulai dari menangkap Pokemon, hingga menetaskan telur. Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

              TUGAS EXP POINTS
              Menangkap Pokemon 100 XP
              Bonus Tangkapan
              -Nice Ekstra 10 XP
              -Great Ekstra 50 XP
              -Excellent Ekstra 100 XP
              -Curveball Ekstra 10 XP
              Menetaskan Telur
              -2.0 Km 200 XP
              -5.0 Km 500 XP
              -10.0 Km 1000 XP
              Evolve Pokemon 500 XP
              Mendapat Pokemon Baru 500 XP
              Mampir PokeStop 50 XP
              -Dapat 6+ Item Ekstra 100 XP
              Train di Gym Tergantung Keberhasilan
              Battle di Gym Tergantung Keberhasilan

              Naik level di Pokemon GO tidak hanya memperbesar kesempatan untuk mendapatkan Pokemon dengan level lebih tinggi dan memberikan serantkaian bonus item, tetapi juga meng-unlock banyak hal. Penasaran apa saja yang bisa kamu dapat? Cekidot, Gan!

              LEVEL EXP KE LEVEL BERIKUTNYA HADIAH UNLOCK
              Level 1 1000 XP - Tidak ada
              Level 2 2000 XP 15 Poke Balls Tidak ada
              Level 3 3000 XP 15 Poke Balls Tidak ada
              Level 4 4000 XP 15 Poke Balls Tidak ada
              Level 5 5000 XP 10 Potion
              1 Incense
              10 Revives
              Gyms
              Potions
              Revives
              Level 6 6000 XP 15 Poke Balls
              10 Potion
              10 Revives
              1 Egg Incubator
              Tidak ada
              Level 7 7000 XP 15 Poke Balls
              10 Potion
              10 Revives
              1 Incense
              Tidak ada
              Level 8 8000 XP 15 Poke Balls
              10 Potion
              5 Revives
              10 Razz Berry
              1 Lure Modulator
              Razz Berry
              Level 9 9000 XP 15 Poke Balls
              10 Potion
              5 Revives
              3 Razz Berry
              1 Lucky Egg
              Tidak ada
              Level 10 10000 XP 15 Poke Balls
              10 Super Potions
              10 Revives
              10 Razz Berry
              1 Incense
              1 Lucky Egg
              1 Egg Incubator
              1 Lure Module
              Super Potions
              Level 11 10000 XP 15 Poke Balls
              10 Super Potions
              3 Revives
              3 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 12 10000 XP 20 Great Balls
              10 Super Potions
              3 Revives
              3 Razz Berry
              Great Balls
              Level 13 10000 XP 15 Great Balls
              10 Super Potions
              3 Revives
              3 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 14 15000 XP 15 Great Balls
              10 Super Potions
              3 Revives
              3 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 15 20000 XP 15 Great Balls
              20 Hyper Potions
              10 Revives
              10 Razz Berry
              1 Incense
              1 Lucky Egg
              1 Egg Incubator
              1 Lure Module
              Hyper Potions
              Level 16 20000 XP 10 Great Balls
              10 Super Potions
              5 Revives
              5 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 17 20000 XP 10 Great Balls
              10 Super Potions
              5 Revives
              5 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 18 25000 XP 10 Great Balls
              10 Super Potions
              5 Revives
              5 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 19 25000 XP 10 Great Balls
              10 Super Potions
              5 Revives
              5 Razz Berry
              Tidak ada
              Level 20 50000 XP 20 Ultra Balls
              20 Hyper Potions
              20 Revives
              20 Razz Berry
              2 Incense
              Lucky Egg
              2 Egg Incubators
              2 Lure Modules
              Ultra Balls

              Itulah panduan lengkap main Pokemon GO yang bisa JalanTikus berikan. Semoga, artikel ini bisa membantu kamu lebih mudah memahami apa yang berada di dunia Pokemon GO. Beritahu teman, sahabat, pacar, dan kerabat kamu untuk membaca artikel ini, supaya tidak sia-sia atau salah langkah ketika memainkan Pokemon GO!

              APPS TERKAIT
              Gamekiller
              Game Killer
              Apps ZNTX
              GameGuardian
              Game Guardian 73.6
              Apps Game Guardian
              Gamecih
              GameCIH 3.0.0
              Apps GameCIH
              Play_game_icon
              Google Play Games 3.4.12
              Apps Google

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal