50 Kata Mutiara Bahasa Jawa Beserta dengan Artinya, Menginspirasi Kehidupan!

Default

Yang namanya hidup pasti nggak akan selalu mulus. Kadang kita merasa bahagia akan keadaan, kadang juga kita merasa kecewa atas apa yang terjadi.

Banyak yang nggak menyadari bahwa kegagalan dan kekecewaan yang kita alami merupakan sebuah pelajaran hidup supaya kita bisa lebih baik lagi di masa depan.

Daripada kamu murung terus, Jaka punya kumpulan beberapa kata bijak Jawa yang inspiratif dan bisa jadi pedoman hidup untuk kamu ke depannya. Nggak ngerti bahasa Jawa? Tenang, ada terjemahannya juga, kok!

Kumpulan Kata Mutiara Bahasa Jawa Halus dan Artinya

Suku Jawa terkenal atas keramahan dan sifat pekerja keras yang diajarkan secara turun-temurun oleh para nenek moyang. Itulah kenapa banyak orang yang mencari jodoh orang Jawa, geng.

Nggak cuma sifat orang Jawa saja, filosofi hidup orang Jawa yang sederhana namun bermakna juga jadi panutan bagi orang dari segala suku. Makna yang dikandung bakal menuntun kamu menjadi manusia yang lebih baik.

Kalau kamu pengen tahu beberapa kata mutiara bahasa Jawa yang relate banget sama kaum millenial, ikuti terus artikel Jaka berikut ini, yah!

Pepatah Jawa Kuno Tentang Kehidupan

1 7e3e4

Menjalani kehidupan dengan penuh motivasi terkadang memanglah sulit. Ada saja beban hidup yang kamu alami setiap hari yang bikin kamu patah semangat.

Berikut adalah pepatah Jawa dan artinya mengenai kehidupan yang bakal mengangkat lagi semangat hidup kamu. Check it out!

Urip Iku Urup

Hidup itu hendaknya menyala atau memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita

Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa

Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa

Cuplak andheng-andheng, yen ora pernah panggonane bakal disingkirake

Orang yang menyebabkan keburukan maka semua kebaikannya akan terhapus.

Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan.

Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi

Cekelana impenanmu, amarga yen impen mati, urip iku kaya manuk sing swiwine rusak, mula ora bisa mabur.

Berpegang teguhlah pada mimpi. Mimpi yang mati ibarat burung yang sayapnya rusak dan nggak bisa terbang

Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu.

Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemuliaan hidup akan semakin sulit ditemukan

Memayu hayuning bawono, ambrasto dhur angkoro.

Hidup di dunia hendaknya berusaha memperindah dunia ini dengan rasa cinta kasih kepada semesta, serta memberantas sifat angkara murka dan segala sifat tercela yang merusak dunia

Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno.

Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan

Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu.

Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik

Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha

Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan atau keturunan, Kaya tanpa didasari kebendaan

Kata mutiara Bahasa Jawa Tentang Ilmu

2 E27d0

Menimba ilmu nggak cuma kamu lakukan di sekolah formal atau bimbel saja. Sekolah kehidupan bakal mengajarkan kamu pelajaran hidup dan petuah bijak yang nggak akan kamu dapatkan di sekolah biasa.

Berikut adalah kata mutiara bahasa Jawa tentang ilmu supaya kamu makin semangat menimba ilmu dan belajar:

Gagal niku kuncine sukses, ben kegagalan iku ngajari kene ilmu

Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu.

Laku ing sasmita, amrih lantip

Ilmu tanpa iman akan buta. Ilmu yang bermanfaat harus dikuasai secara lahir batin agar bisa diamalkan dalam kehidupan sehari hari, berguna bagi diri sendiri dan orang lain yang memerlukannya.

Adab lan ilmu iku podo podo pentinge gae nguber urip ing dunyo

Adab merupakan akar dari ilmu. Tanpa adab ilmu yang dimiliki bisa jadi tidak bermanat bagi kebaikan orang lain.

Pondasine sukses iku integritas, yakin, amanah, karakter sing mulyo, tresno lan setia.

Pondasi kesuksesan adalah integritas, keyakinan, amanah, karakter, cinta, dan setia.

Sukses lan gagal iku bagian tekan urip, Ojo leren lan dilakoni terus nganti sukses.

Sukses dan gagal adalah bagian dalam kehidupan. Jangan menyerah dan dijaalani saja sampai sukses.

Kebo nyusu gudel.

Tidak ada yang salah apabila orang yang lebih tua meminta petunjuk atau diajari oleh yang lebih muda.

Nek wes niat kerjo iku ojo golek perkoro, nek wes diniati golek rejeki iku ora usah golek rai.

Kalau sudah niat bekerja itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rezeki itu tidak usah cari muka.

Kebo sapi dikeluhi, uwong dikandani.

Jika kerbau atau sapi dalam melakukan sesuatu perlu dicambuk, berbeda dengan orang atau pribadi manusia yang hanya diajak berbicara saja untuk bertindak.

Kegedhen endas kurang utek.

Orang pandai bukan hanya soal intelegensi saja, melainkan pandai dalam menempatkan dirinya serta pandai membaca situasi yang terjadi.

Sukses niku amergo sampurnoe, golek gawe, sinau, setia lan tekun.

Sukses adalah hasil dari kesempurnaan, kerja, belajar, loyalitas, dan ketekunan.

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

3 76278

Kalau kamu pengen cari jodoh orang Jawa, kamu juga harus bisa ngegombalin dengan bahasa Jawa, geng. Nggak cuma romantis, kata mutiara bahasa Jawa tentang cinta juga filosofis banget, lho.

Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.

Cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu.

Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno.

Banyak orang merasakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta

Sing paling tak wedeni urip ning dunyo udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaanne sampean.

Yang paling aku takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu

Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding.

Bisa nyanyi tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi

Kowe kuwi koyo bintang, sing indah didelok tapi susah untuk digapai.

Kamu itu seperti bintang, yang indah dilihat tapi susah untuk digapai

Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.

Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.

Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak.

Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.

Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe.

Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu.

Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui.

Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali-kali jatuh cinta pada orang yang sama.

Pengenku, aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu.

Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Sabar

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Sabar 34634

Salah satu sifat orang Jawa yang terkenal adalah sabar dan menerima. Nggak heran jika penggambaran orang Jawa senantiasa diidentikkan dengan pembawaan yang tenang, lemah lembut, dan nggak gampang marah.

Nah, tentunya banyak juga kata-kata bijak dalam bahasa Jawa yang mengingatkan manusia untuk bersabar dan menerima. Bisa jadi motivasi hidup, geng!

Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip.

Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup.

Panggah sabar, seng di enteni bakal teko wujod pasti ge wong-wong sabar.

Tetaplah sabar, penantian akan datang dalam bentuk kepastian untuk orang-orang yang sabar.

Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe.

Orang yang punya pacar itu harus bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang tidak punya.

Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti.

Segala sifat keras hati, hanya bisa dikalahkan dengan sikap lembut dan sabar.

Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno.

Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan.

Wong sabar, rejekine jembar. Wong ngalah, uripe berkah.

Orang sabar, rejekinya banyak. Orang yang mengalah, hidupnya berkah.

Alon-alon waton kelakon.

Pelan-pelan yang penting terlaksana.

Sabar kui langka balese. Nek pancen niat gelem sabar.

Sabar itu akan terbalaskan. Kalau memang berniat untuk sabar.

Panggah guyu meski kadang wes ra semangat, tetep sabar ben urep iki ayem.

Tetap tersenyum meski kadang semangat pernah lelah, tetap sabar agar hidup ini tenang.

Wong sing bisa sabar rikala susahe, bisa sukur rikala senenge. Bakal mulya uripe.

Orang yang sabar saat susah dan bisa bersyukur. Hidupnya akan makmur.

Kata-Kata Lucu Bahasa Jawa

4 B91ae

Orang Jawa nggak semuanya serius banget, kok, geng. Orang Jawa Timur bahkan dikenal karena leluconnya yang khas dan lucu. Pastinya relate banget, deh, dengan anak muda.

Nggak percaya, langsung simak, yuk!

Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit.

Dosa yang paling menyedihkan itu adalah mengeluh tidak punya uang.

Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut.

Kalau ngomong jangan manis-manis, nanti mulutmu dikerumuni semut.

Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono.

Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.

Untung atiku iki digawe karo Gusti Allah. Nek gawean menungso wes remuk ket wingi.

Untung hatiku ini dibuat oleh Gusti Allah. Kalau buatan manusia udah hancur dari kemarin.

Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi.

Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi.

Wong Jowo kui jos! Bensin dadi bengsin, cokelat dadi soklat, mobil dadi montor, utang dadi lali.

Orang jawa itu memang mantap! Bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, mobil jadi montor, hutang jadi lupa.

Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan.

Hidup itu banyak cobaan, kalau banyak saweran namanya dangdutan.

Urip kui koyo kopi asli. Nek ga iso nikmati rasane pait.

Hidup itu seperti kopi asli, jika tidak bisa menikmati, rasanya pahit.

Ojo mung ngopi, sekali-sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi yo sepet.

Jangan cuma ngopi, sekali-kali ngeteh supaya tahu kalau hidup tak cuma pahit tapi juga sepet.

Ora usah sepaneng, mending digawe seneng-seneng.

Tak usah tegang, lebih baik dibuat senang-senang.

Kata Bijak Jawa Mengenai Hubungan Manusia dengan Tuhan

5 9f261

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, terkadang kita lupa mengungkapkan ucapan syukur dan pujian kepada-Nya. Kata bijak berikut ini bakal mengingatkan kembali tentang hubungan kita dengan Tuhan sang pencipta.

Natas, nitis, netes

Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.

Pangeran iku siji, ana ing ngendi papan, langgeng, sing nganakake jagad saisine, dadi sesembahane wong saaalam kabeh nganggo carane dhewe-dhewe.

Tuhan itu satu ada di-mana-mana, abadi, pencipta alam seisinya, dan menjadi sesembahan manusia sejagad raya, dengan memakai tata caranya masing-masing.

Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana

Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.

Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan.

Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.

Mohon, mangesthi, mangastuti, marem

Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.

Pangeran iku ana ing ngendi papan, aneng sira uga ana Pangeran, nanging aja sira wani ngaku Pangeran

Tuhan itu ada di mana-mana, juga ada pada dirimu, tapi jangan engkau berani mengaku dirimu Tuhan.

Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran

Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan.

Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo.

Artinya Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.

Pasrah marang pangeran iku ora ateges ora gelem nyambut gawe, nanging percaya yen Pangeran Iku MahaKuwasa. Dene hasil orane apa kang kita tuju kuwi saka karsaning Pangeran.

Menyerahkan diri kepada Tuhan bukan berrti tidak mau bekerja, melainkan percaya bahwa Tuhan itu Mahakuasa. Sedang berhasil tidaknya apa yang kita lakukan adalah atas kehendak Tuhan.

Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan.

Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai pepatah Jawa dan artinya yang dijamin bakal bikin kamu punya perspektif lebih luas mengenai hidup. Semoga inspiratif dan memberi motivasi ya, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Ucapan atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Anti Valentine Banner
19 Ilustrasi Ucapan Valentine yang Unik dan Anti-Mainstream
Drama Korea Romantis Terbaik 2021 Hospital Playlist Fe855
30+ Drama Korea Komedi Romantis Terbaik Sepanjang Masa, Patut Ditonton Ulang!
Film Korea Romantis Terbaik E383a
10 Film Korea Romantis Terbaik Wajib Tonton, Bikin Jomlo Baper!
Film Thailand Romantis 1c905
10 FIlm Thailand Romantis yang Bakal Bikin Baper&Galau
Meme Dilan 1990
10 Meme Film Dilan 1990 yang Bukannya Romantis Malah Bikin Kamu Kesal Abis!
Pasangan Karakter Anime Banner Cbd2a
10 Pasangan Karakter Anime yang Paling Romantis, Bikin Jomblo Iri!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal