J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Anti-Aliasing dan 6 Istilah Gaming Lain yang Wajib Kamu Tahu

Anti-Aliasing dan 6 Istilah Gaming Lain yang Wajib Kamu Tahu

Jumat, 16 Sep 2016, 14:00 WIB
Ada beberapa orang yang belum mengetahui istilah-istilah dalam game. Nah, berikut Jaka ulas beberapa istilah yang penting untuk diketahui.

Kamu semua pasti pernah bermain game, baik game tradisional, game modern, game PC, game Android, dan masih banyak game lainnya. Saat bermain, kamu jadi tahu tentang Options atau disebut Pengaturan. Nah, pada Options tersebut memungkinkan kamu mengubah-ubah pengaturan seperti display, sound, graphic, dan sebagainya.

Tapi mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui istilah-istilah dalam game yang seharusnya kamu ketahui. Nah, sebenarnya kamu harus tahu istilah gaming ini karena bersangkutan dengan performa dan kenyamanan saat bermain game. Jadi, di kesempatan kali ini Jaka jelaskan beberapa istilah dalam gaming yang wajib diketahui oleh gamers. Simak ulasan selengkapnya ya!

BACA JUGA
  • Kumpulan Game Online Android Paling Hemat Kuota Edisi September 2016
  • Begini Cara Memainkan Game PlayStation di Komputer

Anti-Aliasing dan 6 Istilah Gaming Lain yang Wajib Kamu Tahu

Resolution

D78c3e5c6b921fcb55172ab8dd585b2c

Istilah dalam game yang pertama yaitu resolution atau resolusi. Siapa sih yang nggak tahu resolusi? Ya, mungkin beberapa orang tidak tahu tapi ini adalah hal yang harus kamu ketahui. Secara umum resolusi adalah angka yang menentukan besar pixel yang akan ditampilkan di monitor. Namun, secara khusus resolusi merupakan banyaknya pixel yang akan muncul di layar PC, dan menentukan keseluruhan kualitas dari gambar yang akan muncul. Semua monitor memiliki ukuran default-nya masing-masing seperti 800x600, 1024x720, 1080x720, 1440x900, dan masih banyak lagi. Angka yang sebelah kiri seperti "1366" menunjukkan lebar dari layar, dan yang kanan "768" menunjukkan tinggi layar.

Bagi kamu yang kadang melihat ada nomor lain di sebelah ukuran layar, misalnya 30 Fps, atau 60 Fps, itu adalah nomor yang menunjukkan berapa banyak frame/detik yang bisa ditampilkan oleh monitor kamu. Kalau penasaran kamu bisa mengeceknya di sini. Resolusi juga menjadi hal yang mempengaruhi performa dalam game. Kenapa? Karena semakin besar resolusi, maka semakin berat pula proses render gambar tersebut, yang mengakibatkan penuhnya memori VGA yang menjadi penyebab lag pada game.

Texture Quality

Eee21a03dfffeddb80f59b9064fe36a8

Istilah gaming berikutnya adalah texture quality atau kualitas tekstur. Ini adalah sesuatu yang mempengaruhi keindahan lingkungan dalam game. Disebut sebagai keindahan karena semakin baik tekstur dalam game, maka game yang kamu mainkan akan semakin real, rapi, indah, dan terlihat bagus saat dimainkan.

Kebanyakan game memiliki pengaturan kualitas atau texture quality yang sama tetapi terkadang beberapa game memiliki pengaturan yang sedikit bervariasi. Namun yang pasti, semakin tinggi pengaturan kualitas maka semakin halus juga lingkungan game yang kamu mainkan. Hal itu akan mengambil banyak ruang di VGA kamu dan tentunya bisa menjadi penyebab lag.

Anti-Aliasing

Eb06d5d85736c0e8d74d6a24302ca78d

Sebelum membahas Anti-Aliasing, ada yang sudah tahu arti dari aliasing? Ya, aliasing adalah garis tidak halus yang terjadi akibat gambar beresolusi rendah, menghasilkan pixel yang kurang rapat dan menyebabkan adanya garis yang kurang halus. Nah, jadi anti-aliasing adalah anti agar tidak terjadi aliasing. Ada 2 jenis anti-aliasing yang digunakan dalam game yaitu:

  • Spatial Anti-aliasing: Anti-aliasing ini menggunakan metode me-render gambar atau grafis di resolusi yang paling tinggi lalu dikonversi ke resolusi yang kamu pakai. Inilah yang akan menyebabkan gambar/frame yang ditampilkan pada game berupa gambar/frame yang ada di resolusi lebih tinggi dari resolusi yang kamu pakai. Anti-aliasing hanya berpengaruh pada garis di sekeliling objek. Biasanya memiliki pilihan pengaturan seperti MSAA (Multisample Anti-Aliasing) dan SSAA (Super Sample Anti-Aliasing, dikenal juga sebagai FSAA atau Full Screen Anti-Aliasing).

  • Post-Processing Anti-aliasing: Anti-aliasing ini menggunakan metode menghaluskan tepi gambar setelah gambar di-render atau diproses. Yang dihaluskan adalah semua pixel yang ada di dalam game, termasuk shaders, dan miliki beberapa pengaturan seperti Nvidia s FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing), TXAA (Temporal Anti-Aliasing), SMAA, dan AMD s MLAA (Morphological Anti-Aliasing).

Kebanyakan game tidak memiliki pengaturan untuk memilih tipe anti-aliasing mana yang akan dipakai. Jadi, untuk mengubahnya kamu bisa mengandalkan driver VGA milikmu untuk mengatur tipe anti-aliasing yang ingin kamu pakai.

VSync

9b3d628295693765a774aa5ea0d882e3

VSync atau Vertical Synchronization berfungsi untuk menyinkronkan output fps (frame per second) dari game yang kamu mainkan dengan fps dari monitor milikmu. Ini bertujuan untuk mencegah robeknya gambar yang ditampilkan layar PC. Misalnya, layar kamu memiliki fps sebesar 60 tapi game yang kamu mainkan memiliki fps rata-rata 90 sampai 100. Nah, fps yang tidak seimbang ini akan menyebabkan gambar terbelah tiba-tiba saat kamu sedang bermain game.

Namun, perlu diketahui juga bahwa VSync yang bisa mengurangi terbelahnya gambar saat bermain game ini memiliki kekurangan. VSync ini akan memperlambat kinerja game yang kamu mainkan dan akan mengakibatkan game yang kamu mainkan kadang terkena lag. Eits, tapi tenang saja! Sekarang sudah banyak driver VGA yang memberikan fitur untuk melancarkan VSync saat bermain game. Misalnya, Nvidia s G-Sync dan AMD s FreeSync, yang bisa mengurangi lag yang disebabkan VSync.

Tapi menggunakan fitur VSync dengan driver VGA, juga memiliki syarat yaitu GPU dan layar yang harus kompatibel. Maka dari itu, lebih baik kamu mematikan Vsync untuk menikmati game yang lebih lancar walaupun kadang gambar terbelah tiba-tiba.

Tessellation

D36c0355920bf00f0a28b0cf67004920

Istilah dalam game Tessellation memiliki fungsi yang penting juga karena dapat memberikan efek lebih nyata dalam game. Kenapa? karena tessellation berfungsi membantu GPU atau graphics card menemukan tambahan lekukan di permukaan tekstur yang akan memberikan efek benjolan seperti tangga, benjolan di tanah, dan sebagainya.

Tapi perlu diketahui, tessellation ini akan sangat menguras memori VGA. Jadi, game yang kamu mainkan lagi-lagi harus merasakan lag. Buat kamu yang mempunyai spek komputer yang super, mungkin ini akan memperindah pengalaman bermain game kamu. Namun, bagi kamu yang memiliki spek pas-pasan ya hanya bisa pasrah. Hahaha.

Ambient Occlusion

93cb0583dc92a8122584b4e1f8688dc4

Istilah gaming berikutnya adalah ambient occlusion. Ini berfungsi memberikan bayangan untuk memberi kesan realistis pada benda-benda yang ada di game. Maka dari itu, pengaturan ini kadang dipisahkan dari shadow karena berbeda dari shadow, ambient occlusion ini hanya menambah gelap dan terang di beberapa bagian yang tidak terjangkau oleh bayangan dan cahaya di dalam game.

Efek dari ambient occlusion tidak terlalu terlihat jika kamu tidak terlalu memperhatikan sekitar dalam game. Namun, pengaruhnya cukup terasa karena bayangan benda di game jadi terlihat lebih realistis. Tapi tenang saja, efek ini tidak terlalu menguras VGA kamu. Jadi, terserah kamu mau memakainya ataupun tidak.

Anisotropic Filtering

C612765774bd572a98d5101c1d350037

Anisotropic Filtering berpengaruh untuk mengurangi jumlah tekstur yang blur dalam game dan memperhalusnya agar tekstur yang terlihat dari jauh akan sama seperti saat terlihat dari dekat. Sebelum Anisotropic Filtering aktif, Bi atau Tri-linear filtering akan aktif terlebih dahulu dan menyebabkan menurunnya grafis dari jarak jauh.

Di sisi lain, Anisotropic Filtering akan menduplikat tekstur dari jarak dekat dan digunakan untuk jarak jauh agar tekstur tetap terlihat serupa. Efeknya adalah tekstur yang terlihat dari jauh akan terlihat sama seperti dari dekat. Tapi ingat, kamu juga harus tahu kemampuan device kamu. Jangan terlalu dipaksakan untuk menggunakan grafis tinggi apalagi jika VGA kamu kurang. Nantinya malah bisa meledak tuh. Hehehe.

Tambahan

Cara Mengatur Grafis Game dengan Satu Kali Klik

Biasanya sangat sulit untuk mengatur pengaturan grafis pada game apalagi kalau harus mencobanya satu-persatu, wah bisa repot nantinya. Nah, di sini Jaka kasih tahu cara cepat, yaitu kamu tinggal menyetingnya lewat aplikasi VGA kamu dan pilih pengaturan mana yang akan kamu pakai, seperti:

Screenshot Pengaturan Grafis Game di AMD

Cfc0ad44836e3f7918ea90e6281b8ed1
  • Performance: Artinya memperlancar performa.
  • Balanced: Menyeimbangkan performa dan kualitas grafis dalam game.
  • Quality: Untuk membuat game kamu berada di tingkat gambar yang luar biasa indahnya dan luar biasa lag-nya bagi yang memiliki spek pas-pasan.

Screenshot Pengaturan Grafis Game di NVidia

Ee0887696ddbd171c93ac2130248ee92

Kalau di Nvidia kamu tinggal Klik Optimize dan game kamu akan lancar banget. Kalau ingin grafis yang bagus, kamu setting di ultra dan game kamu akan sangat terlihat indah dan nyata. Nah, semoga penjelasan Jaka tadi bisa menambah wawasan kamu mengenai istilah dalam game.

ARTIKEL TERKAIT
Kejadian Menghebohkan Di Dunia Sepak Bola Banner2

5 Kejadian Paling Menghebohkan yang Pernah Terjadi di Dunia Sepak Bola

Suporter Garis Keras Klub Sepak Bola Banner

7 Suporter Bola Garis Keras Paling Diwaspadai di Dunia (Termasuk Indonesia)

Cara Baca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui Pengirim

6 Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Centang Biru Terlihat

Mode Getar Vs Silent Hemat Mana 5

Mode Getar dan Silent di Smartphone, Lebih Hemat Baterai Mana?

Kenapa Baterai Smartphone Meledak

Kenapa Smartphone Bisa Meledak? Ini Penyebabnya

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Game Booster
GameBooster 2 root 2.1
Apps PITTECH
Play_game_icon
Google Play Games 2020.01.15709 (292726199.292726199-000409)
Apps Google
Dumb Ways To Die 2 Icon Icon
Dumb Ways to Die 2: The Games
Games Metro Train
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal