J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Semua yang Baru dari Apple Pada Acara WWDC19, Mac Pro Baru Mirip Parutan Keju?

Semua yang Baru dari Apple Pada Acara WWDC19, Mac Pro Baru Mirip Parutan Keju?

Rabu, 12 Jun 2019, 12:00 WIB
Penggemar Apple? Jika kamu melewatkan acara WWDC19 kemarin, Jaka sudah merangkum apa saja yang diperkenalkan oleh Apple pada perhelatan tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apple kembali menggelar acara Worldwide Developer Conference (WWDC) yang diadakan di San Jose, California, Amerika Serikat.

Banyak hal-hal baru yang diluncurkan oleh Apple, mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras. Ada yang disambut positif, tapi ada pula yang membuat kita mengerutkan dahi.

Jadi, apa saja yang baru dari Apple pada event WWDC19? Apakah ada inovasi baru? Berikut ulasan selengkapnya!

Sistem Operasi Baru

Apple memiliki beberapa sistem operasi yang berbeda-beda untuk masing-masing perangkatnya. Bisa dibilang, untuk event kali ini semua sistem operasi kebagian update.

tvOS

Wwdc Apple 2019 1 E876c

Apple TV yang dilengkapi oleh tvOS kini akan memiliki tampilan antarmuka yang lebih baru serta fitur-fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya.

Contohnya adalah multi-user support, Up Next untuk menampilkan rekomendasi film dan serial TV, hingga kemampuan untuk menampilkan lirik lagu pada Apple Music.

TvOS yang terbaru ini juga sudah mendukung kontroller Xbox One S dan PlayStation 4 untuk bermain game.

watchOS 6

Wwdc Apple 2019 2 929e7

Apple Watch tentu tidak ketinggalan untuk mendapatkan update pada watchOS yang dimilikinya.

watchOS 6 memiliki beberapa aplikasi baru seperti Audiobooks, Voice Memos, hingga Calculator. Beberapa tampilan jam baru juga dimunculkan.

Hal baru terbesar yang terdapat pada OS ini adalah kemampuan aplikasinya tanpa perlu bergantung pada iPhone lagi.

Apple kini dilengkapi dengan fitur Trends yang akan memonitor aktivitas olahraga kita. Selain itu, ada pula aplikasi Noise yang akan memberi peringatan apabila sekitar kita terlalu ramai.

iOS 13

Wwdc Apple 2019 3 B3052

Salah satu yang paling ditunggu pada event WWDC19 adalah kehadiran iOS 13 untuk perangkat iPhone. Apa saja fitur barunya?

Face ID akan terbuka 30% lebih cepat, ukuran aplikasi berkurang hingga 50%, dan munculnya Dark Mode pada iOS.

Aplikasi Apple Maps kini juga dibekali fitur 3D junction view yang membuat kita bisa melihat sebuah daerah secara 360 derajat.

Untuk sistem keamanannya sendiri, Apple memperkenalkan Sign in with Apple yang dijanjikan lebih aman dibandingkan kompetitor lainnya, seperti Google dan Facebook.

Kini, kamu juga bisa langsung mengedit videomu secara langsung tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Selain itu, iOS 13 juga memiliki fitur QuickPath yang membuatmu bisa mengetik lebih cepat dengan menggeser jari-jarimu ke huruf untuk membentuk satu kata.

Masih banyak update minor yang dimiliki oleh iOS, tapi yang terpenting sudah Jaka sebutkan semua.

iPadOS 13

Wwdc Apple 2019 4 49b6a

Salah satu yang mengejutkan pada acara WWDC19 adalah pengumuman adanya sistem operasi khusus iPad yang diberi nama iPadOS.

Dengan sistem operasi khusus ini, pengalaman kita dalam menggunakan iPad akan terasa lebih mantap seolah sedang menggunakan PC.

Pada iOS 12, telah diperkenalkan sistem Split View untuk multi-tasking. Dengan sistem operasi yang baru ini, kamu bisa membuka aplikasi yang sama beberapa kali seperti Safari maupun email.

Pengelolaan file pun semakin dipermudah. Jika kamu punya file yang ingin kamu pindahkan dari memori eksternal, kamu bisa melakukannya secara langsung.

Tampilan browser seperti Safari dan Chrome dibuat seperti model desktop, sehingga kita bisa membaca artikel secara lebih puas.

Melakukan perubahan pada dokumen juga lebih mudah. Terdapat beberapa gestur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan cut, copy, paste, dan lain sebagainya.

Apple juga mendukung font-font baru yang digunakan untuk keperluan desain. Akurasi yang dimiliki oleh Apple Pencil pun semakin meningkat.

macOS Catalina

Wwdc Apple 2019 5 9aece

Kabar dukanya, iTunes resmi ditutup oleh Apple. Perannya akan digantikan oleh Apple Music, Apple Podcast, dan Apple TV, sehingga pada macOS Catalina software tersebut akan ditiadakan.

Selain itu, kamu sekarang bisa menjadikan iPad-mu sebagai layar kedua laptopmu. Hal ini sangat berguna untuk kamu yang sering menggambar di iPad.

Sistem operasi untuk laptop MacBook ini juga dilengkapi dengan Siri yang membuatmu mampu mengendalikan laptopmu hanya dengan suara.

Apple juga memiliki proyek yang diberi nama Catalyst, yang membuat kita bisa membuka aplikasi iOS di macOS Catalina ini.

Gadget Terbaru Apple

Itu baru update perangkat lunaknya, bagaimana dengan perangkat kerasnya? Apple membuat kejutan dengan merilis Mac Pro baru dengan harga setara mobil!

Mac Pro

Wwdc Apple 2019 6 C1b9c

Untuk kamu yang mendambakan PC yang mampu di-upgrade sesuka hati, mungkin Mac Pro yang satu ini cocok untuk kamu.

Meskipun desainnya mirip parutan kelapa atau keju, jangan tanya spesifikasinya. PC ini mampu mendukung prosesor hingga 28 cores dan RAM hingga 1.5 TB.

Desainnya yang bagi sebagian orang aneh tersebut sebenarnya dirancang agar PC tidak berisik dan tidak mudah panas.

Harganya? Mulai dari $5,999 atau setara dengan Rp85 juta untuk spesifikasi terendah. Ingat, belum termasuk monitor, keyboard, dan mouse.

Pro Display XDR

Wwdc Apple 2019 7 7fc76

PC yang garang tentu tidak lengkap dengap layar monitor dengan kualitas yang memanjakan mata. Untuk itu, Apple merilis layar monitor Pro Display XDR.

Dengan lebar 32 inci, monitor ini memilik layar 6K dengan rasio kontras 1.000.000:1. Lalu, berapa harganya? Enggak beda jauh dari harga Mac Pro, $4,999 atau setara Rp71 juta.

Wajib diingat, harga tersebut belum termasuk sama stand-nya, geng! Kamu perlu menambah $999 (Rp14 juta) untuk mendapatkannya.

Jika ditotal, maka kamu membutuhkan kurang lebih $12,000 atau setara Rp170 juta untuk membeli Mac Pro+Pro Display XDR+ Peyangga Pro Display XDR. Dengan uang segitu, kamu sudah bisa membeli mobil atau membayar uang muka rumah, geng!

Akhir Kata

Itulah hal-hal baru yang diperkenalkan oleh Apple pada acara WWDC19. Mana yang paling menarik buat kamu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Apple atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Cara Apple Mengubah Teknologi Banner

Wow, Begini Cara Apple Mengubah Dunia Teknologi!

Fitur Apple Dicuri Samsung 5 Df0b5

5 Fitur Apple yang Dicuri oleh Samsung

3f45e13aed352dfe5841a0a464a8913b

18 Fakta Tentang Apple yang Bahkan Pengguna iPhone Sendiri Belum Tau

Apple Product 1

4 Teknologi Canggih Apple yang Akhirnya Digunakan Merek Lain

Apple Event 2019 Banner 9afad

Hambar! 4 Produk Baru di Apple Event 2019 yang Itu-Itu Saja

Produk Aneh Apple Earpods

10 Produk Apple Paling Aneh yang Pernah Diciptakan (Part 2)

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Produk Baru yang Ada di Apple Event 2019, iPhone 11 Murah Meriah?

7 Produk Baru yang Ada di Apple Event 2019, iPhone 11 Murah Meriah?

10 Produk Apple yang Gak Layak Beli di 2020, iPhone SE 2020 Termasuk?

10 Produk Apple yang Gak Layak Beli di 2020, iPhone SE 2020 Termasuk?

Hambar! 4 Produk Baru di Apple Event 2019 yang Itu-Itu Saja

Hambar! 4 Produk Baru di Apple Event 2019 yang Itu-Itu Saja

Ini Alasan Kenapa Apple Makin Murah Menjual iPhone, Terancam Bangkrut?

Ini Alasan Kenapa Apple Makin Murah Menjual iPhone, Terancam Bangkrut?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal