J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              IDM Tidak Muncul di YouTube? Begini Cara Menampilkannya

              IDM Tidak Muncul di YouTube? Begini Cara Menampilkannya

              00
              Kamis, 28 Feb 2019, 12:00 WIB
              Tidak bisa download video gara-gara tombol IDM tidak muncul di YouTube? Tenang, Jaka punya solusi untuk menampilkan tombol IDM yang hilang (100% works).

              Pernah nggak, pas mau download video di YouTube eh tiba-tiba tombol IDM tiba-tiba menghilang?

              Nah pastinya kamu kesal banget, kan? Memang, soalnya Internet Download Manager alias IDM memberi banyak kemudahan, termasuk saat mau download video YouTube di laptop.

              Daripada kamu makin bingung bagaimana cara mengatasinya, mending simak dulu cara menampilkan tombol IDM yang tidak muncul di YouTube. Biar bisa auto-download-an lagi nih!

              Apa Itu dan Fungsi IDM?

              Sebelum membahas lebih dalam, apakah kamu sudah mengetahui apa itu dan juga fungsi serta cara kerja dari Internet Download Manager atau yang kerap disebut IDM ini?

              Internet Download Manager atau IDM merupakan sebuah software yang secara umum berfungsi untuk mempercepat proses download data-data atau file dari internet.

              Software yang dikembangkan oleh Tonec Inc. asal New York, Amerika Serikat, memang dikhususkan untuk para pengguna Windows.

              Salah satu kelebihan dari IDM sendiri adalah memiliki tampilan grafis dan user interface yang sederhana, sehingga berbagai kalangan akan mudah dalam mengoperasikannya loh.

              internet-download-manager
              Sumber foto: dailymotion.com

              Lalu bagaimanakah cara kerja dari software wajib di laptop yang satu ini?

              Nah cara kerja IDM sendiri adalah dengan membagi sebuah data yang diunduh hingga menjadi maksimal enam belas bagian selama proses berlangsung.

              Selanjutnya IDM akan membagi kecepatan yang sama besarnya pada tiap bagian yang di-download-nya tadi.

              Terkadang jika salah satu bagian mengalami hambatan atau drop selama proses, maka kecepatan bagian lain akan dibagi untuk membantu proses download pada bagian tersebut.

              Kalau di Windows ada IDM, lalu buat pengguna Android ada opsi lain nggak ya?

              Tenang saja guys. Selain IDM, untuk para pengguna smartphone Android kamu juga bisa menggunakan sejumlah aplikasi mempercepat koneksi internet seperti berikut loh: Rekomendasi Aplikasi Mempercepat Koneksi Internet di HP Android | No Root!

              8 Aplikasi Untuk Mempercepat Koneksi Internet | Tanpa Root!
              Pasti kesal kan guys jika koneksi internet lemot. Untuk mengatasinya kamu bisa lho menggunakan aplikasi untuk mempercepat internet. Ini dia rekomendasi aplikasi untuk mempercepat koneksi android tanpa root.
              LIHAT ARTIKEL

              Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di YouTube

              Nah nggak perlu khawatir. Untuk mengembalikan tombol IDM, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama kamu bisa install ulang extension atau ekstensi IDM pada browser PC kamu.

              Kemudian kamu juga bisa melakukan install ulang IDM dan update dengan versi terbaru. Untuk selengkapnya, yuk simak baik-baik dua metode di bawah ini.

              1. Install Ulang Extension IDM

              Pertama dan yang paling mudah adalah kamu tinggal install ulang extension IDM yang ter-install pada browser PC kamu guys. Untuk langkah-langkahnya, ikuti cara berikut yuk!

              Note:
              Sebelum mengikuti langkah ini, pastikan kamu memiliki IDM ter-update atau menyesuaikan dengan versi terakhir browser yang kamu miliki.

              • Langkah - 1: Buka browser yang bisa kamu gunakan, misal di sini Jaka menggunakan Google Chrome. Kemudian pergi ke menu Extension dengan klik menu tiga titik > More tools > Extensions.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-01
              • Langkah - 2: Lalu pada bagian IDM Integration Module, kamu tinggal pilih opsi Remove. Selanjutnya akan muncul pop-up untuk konfirmasi dan kamu tinggal klik Remove sekali lagi.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-02
              • Langkah - 3: Pada Windows Explorer, kamu tinggal pergi menuju direktori This Computer > Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-03
              • Langkah - 4: Cari file bernama IDMGCExt.crx lalu click and drag ke laman Extensions yang kamu buka sebelumnya di Google Chrome.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-04
              • Langkah - 5: Di sini akan muncul pop-up kembali sebelum berhasil meng-install kembali IDM Integration Module. Klik Add Extension untuk mulai menambahkan.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-05
              • Langkah - 5: Jika berhasil, kamu akan dibawa ke laman khusus Internet Download Manager yang bertuliskan pesan, "Internet Download Manager extension for Google Chrome has been installed".
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-06
              • Langkah - 6: Di sini kamu bisa langsung menguji coba, apakah tombol IDM di YouTube sudah muncul atau belum. Jika sudah, maka tampilankamu akan seperti ini guys.
              cara-mengatasi-idm-tidak-muncul-ext-07

              2. Install Ulang IDM

              Jika cara di atas belum berhasil, kamu bisa install ulang Internet Download Manager dan menggantikan dengan versi yang lebih update, berikut selengkapnya.

              Note:
              Sebelum install ulang IDM, kamu wajib uninstall IDM versi lama dan memilih opsi Full Uninstall agar proses tidak gagal.

              • Langkah - 1: Pertama, tentu kamu wajib install IDM versi terbaru yang bisa kamu download melalui tautan di bawah ini. Ukurannya nggak terlalu besar kok, di bawah 10MB saja guys.
              Internet Download Manager 6.32 Build 6
              Apps Downloader & Plugin Tonec Inc.
              DOWNLOAD
              • Langkah - 2: Buka file .exe yang sudah terunduh dengan klik dua kali. Lalu jendela Internet Download Manager Wizard akan ditampilkan dan kamu tinggal klik Next.
              cara-install-idm-02
              • Langkah - 3: Selanjutnya ada License Agreement yang bisa kamu baca. Untuk melanjutkan proses, berikan centang pada kolom "I accept the terms in the license agreement". Klik Next lagi untuk melanjutkan proses.
              cara-install-idm-03
              • Langkah - 4: Pilih folder instalasi ataupun kamu bisa memilih untuk menggunakan pengaturan default. Pilih juga apakah kamu mau membuat shortcut IDM pada desktop atau tidak. Jika sudah tinggal klik Next.
              cara-install-idm-04
              • Langkah - 5: Untuk memulai instalasi, terakhir kamu tinggal klik Next sekali lagi. Proses instalasi IDM akan berjalan selama beberapa detik dan cukup singkat, karena memang software ringan satu ini punya ukuran nggak terlalu besar.
              cara-install-idm-05
              • Langkah - 6: Jika instalasi IDM telah selesai akan muncul jendela Installation Complete. Klik Finish untuk menyelesaikan proses.
              cara-install-idm-06
              cara-install-idm-07
              Cara Mengaktifkan IDM Di Chrome: Tinggal Drag And Drop Doang!
              Untuk mengatasi IDM yang tidak berfungsi di Google Chrome, ada cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menambah ekstensi ke dalamnya.
              LIHAT ARTIKEL

              Cara Download Video YouTube di Laptop via Tombol IDM

              Jika kamu sudah mengikuti salah satu langkah di atas, sekarang kamu tinggal download video YouTube di laptop via tombol shortcut IDM yang tersedia nih.

              Buat bagaimana langkah-langkahnya, berikut Jaka sudah ulas selengkapnya. Mayan bisa download lebih cepat, kan?

              • Langkah - 1: Jika software Internet Download Manager sudah terinstall dan kamu sudah mengaktifkan IDM Integration Module, kamu tinggal pergi ke laman video YouTube yang hendak kamu download. Misal video Atta Halilintar yang sering trending di YouTube Indonesia.
              cara-download-video-youtube-idm-01
              • Langkah - 2: Temukan tombol IDM yang biasanya terletak di bagian pojok kanan atas video, klik kemudian pilih resolusi video serta format yang hendak kamu download.
              cara-download-video-youtube-idm-02
              • Langkah - 3: Selanjutnya akan muncul pop-up Download File Info, di mana kamu bisa memilih direktori unduhan dan juga besar file yang akan diunduh. Jika sudah kamu tinggal klik tombol Start Download.
              cara-download-video-youtube-idm-03
              • Langkah - 4: Unduhan akan dimulai dan cepat lamanya download tergantung dari kualitas internet dan juga besar file guys. Jadi bersabar saja ya!
              cara-download-video-youtube-idm-04
              • Langkah - 5: Jika unduhan telah selesai, maka akan muncul pop-up Download complete. Di sini kamu bisa memilih Open untuk membuka file, Open with... untuk membuka dengan software tertentu, Open folder untuk membuka destinasi dan Close untuk langsung menutup.
              cara-download-video-youtube-idm-05

              Selain menggunakan Internet Download Manager, ada beberapa metode lain untuk men-download video YouTube dengan mudah di PC atau laptop kamu.

              Untuk cara selengkapnya, coba baca dulu deh artikel ini: 5 Cara Mudah Download Video di YouTube via Laptop (Update 2019).

              5 Cara Download Video Di YouTube Lewat Laptop Terbaru 2019
              Mau download video YouTube di laptop kamu? Nih, Jaka kasih tahu bagaimana cara terupdate di 2019, baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Gampang banget!
              LIHAT ARTIKEL

              Bonus: Kumpulan Cara Download Video YouTube di Android & iPhone (100% Legal)

              Mungkin kamu bakal jarang download video YouTube di PC dan lebih memilih untuk unduh dan nonton langsung lewat perangkat smartphone, baik Android maupun iPhone.

              Google pun selaku pengembang YouTube juga telah memfasilitasi kamu dengan memberikan fasilitas opsi download secara gratis dan legal langsung dalam aplikasi.

              Bagaimana caranya?

              cara-download-video-youtube-di-hp

              Jika kamu menggunakan aplikasi YouTube di Android, iPhone maupun iPad kamu tinggal buka video yang kamu inginkan dan tap tombol Download yang ada di bagian bawah.

              Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih kualitas video yang hendak di-download. Jika sudah yakin kamu tinggal tap OK guys.

              Note:
              Tidak semua video dapat kamu unduh menggunakan metode ini dan kamu hanya bisa menonton video YouTube offline dalam jangka waktu tertentu saja.

              Duh, sudah download tapi masih saja nggak bisa ditonton selamanya? Tenang saja, ada cara alternatifnya kok. Selain menggunakan aplikasi YouTube resmi, baik di HP Android maupun iPhone kamu juga bisa ikutin cara yang sudah Jaka ulas dalam artikel ini: Cara Mudah Download Video YouTube di Smartphone (Android & iOS).

              Cara Download Video Youtube Paling Mudah di Android, iPhone & PC
              Ada video favorit di YouTube yang ingin kamu download? Ikutin aja tips Jaka untuk cara download video youtube sekali klik untuk Android dan PC.
              LIHAT ARTIKEL

              Video: Begini Cara Download Video dengan Cepat di HP Android (100% Works)

              Akhir Kata

              Ternyata mudah banget caranya, kan? Sekarang kamu nggak perlu repot buang-buang kuota buat nonton video favorit kamu di YouTube guys.

              Dan jika kamu masih bingung dengan langkah-langkah di atas, jangan ragu buat bertanya pada kolom komentar di bawah.

              Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

              Baca juga artikel seputar IDM atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal