J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini 5 Fakta Proyek MRT Jakarta yang Belum Kamu Ketahui!

Ini 5 Fakta Proyek MRT Jakarta yang Belum Kamu Ketahui!

Senin, 11 Mar 2019, 21:00 WIB
Dibalik proyek MRT Jakarta, ternyata ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui. Apa saja? Yuk simak selengkapnya!

Lama setelah kita menunggu kehadiran MRT Jakarta, sebentar lagi kereta cepat ini akan dibuka untuk umum guys. Namun, tahukah kamu ternyata ada banyak fakta dibalik proyek MRT Jakarta ini?

Jika kamu ulik lebih dalam tentang MRT Jakarta, ada banyak hal menarik yang ternyata jarang diketahui. Mulai dari sejarah hingga fakta MRT saat nanti beroperasi.

Nah, penasaran kan? Yuk, simak fakta proyek MRT Jakarta yang belum kamu ketahui berikut ini. Simak selengkapnya!

Fakta Menarik Proyek MRT Jakarta yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum kamu membaca faktanya, sudahkah kamu mendaftarkan tiket untuk percobaan MRT jakarta yang akan dibuka untuk umum mulai 12 Maret 2019 nanti?

Kalau belum, kamu bisa mendaftarkan diri melalui cara yang mudah di artikel Jaka berikut ini: Cara Daftar Tiket MRT Jakarta

Yuk simak apa saja fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang MRT Jakarta:

1. Tarif di Kisaran Rp. 10.000

Fakta Proyek Mrt Jakarta 1 A5b64

Jika kamu mengira tarif yang dikenakan untuk MRT Jakarta ini mahal, ternyata tidak guys. Dikutip dari Liputan6, Ketua Komisi C DPRD DKI Santoso mengatakan tarif MRT sebelum subsidi sebesar Rp. 18.000.

Jika tarif ini sudah pasti, maka akan diajukan subsidi sebesar Rp. 8.000, sehingga kamu hanya butuh membayar 10 ribu Rupiah untuk perjalanan menggunakan MRT Jakarta.

Tarif ini memang belum resmi, tapi jika benar dikenakan traif sebesar itu, maka tergolong sebagai tarif yang murah loh! Kamu setuju tidak, kalau tarif MRT Jakarta sebesar 10 ribu Rupiah?

2. Butuh 34 Tahun Hingga Akhirnya MRT Direaliasasikan

MRT Jakarta pertama kali dicetuskan oleh mantan Presiden BJ Habibie pada 1985, prosesnya cukup panjang hingga akhirnya pada tahun 2013 Proyek MRT Jakarta dimulai hingga dibuka untuk umum pada 2019 ini.

Sebenarnya pada tahun 1995 proyek MRT ini sudah mulai dirancang, tapi terjadi krisis moneter pada 1997 sehingga proyek terhenti.

Walau terbilang telat dibandingkan negara lain yang sudah lebih dahulu memiliki MRT dan transportasi canggih lainnya, tapi kita harus bangga. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali bukan?

3. 14 Rangakaian Kereta yang Beroperasi

Fakta Proyek Mrt Jakarta 3 4f9a6

Fakta selanjutnya adalah 14 rangkaian yang akan beroperasi pada awal pembukaan MRT Jakarta pada 12 Maret 2019. Rangkaian kereta ini akan berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Pada permukaan tanah akan melaju dengan kecepatan 100 Km/jam sedangkan di bawah tanah melaju dengan kecepatan 80 Km/jam.

Kereta akan melewati 13 stasiun dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI dan sebaliknya. Jika dihitung akan berjarak 16 Km dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 30 menit, guys!

Di dalam satu kereta dapat menampung sebanyak 300 penumpang. Kira-kira bakal penuh seperti pada KRL Commuter Line tidak ya?

4. Beroperasi 20 Jam per Hari

MRT Jakarta direncanakan untuk beroperasi hingga 20 jam setiap hari. Kereta pertama akan jalan pukul 4 atau 5 pagi dan ditutup pada pukul 12 malam.

Transportasi ini cocok kamu gunakan untuk berangkat kerja ataupun sekolah, guys. Apalagi tarif yang akan diberikan cukup terjangkau.

5. Melayani Hingga 130 Ribu Penumpang per Hari

Fakta Proyek Mrt Jakarta 5 97085

Berdasarkan survei PT MRT Jakarta, penumpang yang akan menggunakan MRT Jakarta pada saat masa operasinya diperkirakan akan mencapai 65 ribu penumpang dan dapat meningkat hingga 130 ribu orang.

Melalui 10 ribu responden yang disurvei mengenai transportasi MRT Jakarta, 65% memilih untuk menggunakan MRT. kalau kamu gimana, guys? Memilih untuk pindah ke MRT tidak?

6. MRT Jakarta Dinamakan 'Ratangga', Apa Artinya?

Fakta Proyek Mrt Jakarta 6 C1dc0

Fakta terakhir adalah nama Ratangga yang diberikan oleh Gubernur Anies Baswedan terhadap MRT Jakarta. Apa artinya?

Nama ini diambil dari puisi yang ada dalam Kitab Arjuna Wijaya dan Kitab Sutasoma, yang berarti kereta perang dalam bahasa Jawa kuno.

Karena kereta ini akan berjuang setiap hari untuk membawa para penumpang di ibu kota, maka cocok untuk diberikan julukan yang tangguh. Nice!

Akhir Kata

Itu dia fakta menarik dari proyek MRT Jakarta, ternyata Indonesia sudah merencanakan kereta cepat ini sejak lama, ya. Prosesnya sangat panjang hingga akhirnya bisa kita nikmati bersama.

Apa pendapat kamu tentang MRT Jakarta guys? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar MRT Jakarta atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

Sumber Banner: Beritagar

ARTIKEL TERKAIT
Cara Daftar Tiket Mrt Jakarta Banner 85c9f

Mau naik MRT Jakarta Gratis? Ini Dia Cara Daftarnya, Bisa Ketemu Jokowi!

Aplikasi Ojek Online Bannerx B6812

9 Aplikasi Ojek Online Terbaik 2019 | Alternatif Go-Jek & Grab!

Cara Melacak Nomor Hp Lewat Google Maps Banner Daf99

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps, 100% Works Mudah Banget!

Cara Pakai Rute Motor Di Google Maps Banner 3de46

Cara Menggunakan Rute Motor di Google Maps

Fakta Unik Google Maps 9d61c

25 Fakta Unik Google Maps yang Selama Ini Kamu Abaikan

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal