VLC Media Player

VLC Media Player 3.0.6

3.5 (51 Reviews)
Video & Audio by VideoLAN.org
466866 Views

Sistem Operasi

Windows

Developer

VideoLAN.org

Kategori

Video & Audio

Versi Terbaru

3.0.6

Update Terakhir

27 Maret 2019

Ukuran File

39 MB

Lisensi

Open Source

Tutorial

VLC Media Player
VLC Media Player 3.0.6
3.5 (51 Reviews)
Video & Audio by VideoLAN.org
466866 Views
DOWNLOAD (39 MB)
OFFICIAL WEBSITE

Sistem Operasi

Windows

Developer

VideoLAN.org

Kategori

Video & Audio

Versi Terbaru

3.0.6

Update Terakhir

27 Maret 2019

Ukuran File

39 MB

Lisensi

Open Source

Tutorial

Deskripsi

VLC Media Player - Merupakan salah satu software pemutar media terbaik. Mendukung beragam jenis format video dan audio lengkap.

Hal yang paling menarik dari software ini, adalah bersifat open source. Dimana kamu bisa memakai dan memodifikasi software ini gratis!

Download VLC Media Player Software Resmi Terbaru

Vlc Media Player 1 23787
Sumber foto: VLC Media Player

Deskripsi Lengkap Software VLC Media Player

VLC Media Player adalah singkatan dari Video Lan Client. Software ini dibuat pada tahun 1996 untuk keperluan akademik mahasiswa. Tapi siapa sangka, justru media player ini banyak disukai orang dan menjadi populer.

Sesuai namanya awalnya software ini berfungsi sebagai Lan Client untuk streaming beragam audio dan video. Jadi fungsinya berbeda dengan yang sekarang sebagai benar-benar software media player audio dan video.

Pada tahun 1998, mulai dirubah VLC Media Player menjadi yang seperti sekarang. Meski memang masih tetap bisa berjalan sebagai Lan Client. Sejak saat ini pula lisensinya berubah menjadi Open Source dan gratis.

VLC Media Player mendukung berbagai format audio dan video juga DVD, VCD, dan berbagai macam protokol streaming tanpa menggunakan Codec atau Program Eksternal. Ia juga bisa menjalankan beragam format seperti MPEG-1, MPEG-2, dan MPEG-4/DivX dari harddisk, sebuah drive CD-ROM, UDP/RTP Unicast, UDP/RTP Multicast, HTTP, RTSP, MMS, dan lain-lain.

Keunggulan dari VLC yaitu kamu bisa menonton streaming youtube, streaming TV online, konversi format multimedia, hingga download video. Kesimpulannya adalah VLC Media Player cocok untuk kamu yang sering memutar file video atau musik di komputer atau laptop kamu.

Lalu pada tahun 2010, VLC memutuskan merambah ke perangkat Android. Hal ini tentunya tidak terlepas dari mulai populernya perangkat mobile. VLC versi Android ini memiliki fitur yang sama dengan versi Windows.

Atas kepopulerannya, VLC mendapatkan banyak pendanaan. Sehingga bisa memiliki fitur canggih lain seperti Chromecast, HD Audio Codecs, Blur Ray Disc dan masih banyak lagi. Canggih bukan? Yuk download VLC Media Player!

Sumber: Wikipedia

Fitur Lengkap Software VLC Media Player

1. Bisa Memutar Beragam Format Audio Video

Format audio dan video yang di dukung VLC Media Player bisa dibilang terlengkap. Video dan audio yang tidak bisa diputar di Windows Media Player, umumnya akan lancar diputar di VLC Media Player.

Format yang didukung sendiri antara lain:

  • Container formats: ASF, AVI, FLAC, FLV, Fraps, Matroska, MP4, MPJPEG, MPEG-2 (ES, MP3), Ogg, PS, PVA, QuickTime File Format, TS, WAV, WebM
  • Audio coding formats: AAC, AC-3, DV Audio, FLAC, MP3, Speex, Vorbis
  • Streaming protocols: HTTP, MMS, RTSP, RTP, UDP
  • Video coding formats: Dirac, DV, H.263, H.264/MPEG-4 AVC, H.265/MPEG-H HEVC, MJPEG, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4 Part 2, Theora

2. Bisa Streaming Video Dari Internet

Bisa dibilang ini salah satu keunggulan utama software ini, yaitu kamu bisa streaming video. Umumnya media player lain tidak bisa melakukan hal ini. Kamu bisa streaming video dari Apple TV, Youtube dan lain-lain.

Syarat agar streaming bisa lancar, kamu harus memakai format tertentu. Format tersebut ialah:

  • Network Streaming Format: Apple HLS, Flash RTMP, MPEG-DASH, MPEG Transport Stream, RTP/RTSP ISMA/3GPP PSS, Windows Media MMS

3. Bisa Download Video Dari Internet

Selain streaming, tentu kamu juga bisa download video dan audio. Cocok sekali buat kamu yang ingin koleksi serial TV, film ataupun album music. Mendukung format yang sama dengan streaming video dari internet.

Proses download juga berlangsung cepat. Sebab dari VLC Media Player memiliki fitur multi threaded download. Sangat membantu sekali bisa internet kamu lambat dan tidak kuat untuk melakukan streaming video.

4. Software Gratis dan Open Source

VLC Media Player merupakan software gratisan. Meskipun memiliki segudang fitur canggih dan menarik, kamu tidak perlu merogoh kocek sama sekali untuk menikmatinya. Update terbaru juga bisa didapatkan selalu.

Selain itu software ini juga bersifat open source. Kodenya boleh dan bebas kamu modifikasi untuk keperluan apapun. Entah itu perusahaan atau sekolah yang ingin membuat kustom software media player.

5. Mendukung CD, DVD dan Blu Ray

Selain menjalankan file video dan audio, ternyata juga bisa menjalankan kepingan CD. Mendukung format compact disk, digital versatile disc, hingga blu-ray disc. Bisa video ataupun audio CD.

Jadi bagi kamu yang masih suka koleksi kepingan CD, Jaka rasa VLC media player merupakan pilihan tepat. Sebab jika hanya memakai Windows Media Player, tentu kamu tidak akan bisa memutar CD tersebut.

6. Mendukung Google Chromecast

Meski kamu memutar video atau audio di laptop, kamu tetap bisa menontonnya di TV. Itu karena VLC Media Player mendukung penggunaan perangkat chromecast. Baik chromecast versi lama ataupun versi terbaru.

Cocok sekali jika kamu ingin nonton bersama keluarga, atau memiliki ruang khusus menonton. Sehingga kamu tidak harus menonton di layar laptop yang sempit, tapi tetap bisa menonton di TV yang berukuran besar.

7. Mendukung HD Audio Codecs

Hal ini merupakan suatu hal yang cukup penting. Dimana dengan fitur ini, membuat film yang kamu tonton bisa lebih imersif dan seru. Tentu bagi kamu pencinta film, tidak bisa melewatkan fitur ini.

Bagi kamu pecinta audio, fitur ini juga sangat penting. Membuat suara lagi menjadi lebih jelas, mana yang vokal atau bass atau treble. Tidak semua media player mendukung HD Audio Codecs loh, hanya beberapa saja.

8. Mendukung Perangkat Webcam

Menghubungkan webcam dengan media player ternyata bukan suatu hal yang tidak mungkin. Dengan terhubungnya perangkat webcam, kamu bisa merekam, bisa memfoto, ataupun sekedar sebagai CCTV langsung dari media player.

Hampir semua perangkat webcam bisa dihubungkan dengan VLC Media Player. Syaratnya perangkat tersebut harus terhubung dengan laptop baik lewat USB, atau LAN, ataupun Wifi. Selanjutnya tinggal pengaturan di VLC.

9. Software Cepat dan Ringan

VLC Media player merupakan software ringan. Ukuran filenya hanya sekitar 40 MB. Membuat proses download dari software ini begitu mudah dan cepat. Hal ini tentu juga berlaku dengan proses installasinya.

Software ini juga sangat ringan. Semua jenis laptop atau PC dipastikan bisa menjalankan software ini. Bahkan termasuk yang jadul seperti Pentium 4 sekalipun. Kembali lagi ini semua karena memang sangat ringan.

10. Tersedia Dalam Versi Android

Suka dan puas dengan VLC versi Windows? Untungnnya kamu juga bisa menginstall software ini di Android, karena ada VLC versi Android. Memiliki fitur yang benar-benar sama persis seperti VLC versi Windows.

Jadi melalui smartphone android kamu, bisa menjalankan beragam video dan audio, bisa memutar format CD, bisa streaming video, bisa download video dan lain-lain. Sebuah aplikasi pemutar video dengan fitur lengkap.

Cara Menginstall VLC Media Player di Windows

Ingin memakai software ini di rumah? Tentu kamu harus menginstallnya terlebih dahulu. Kabar baiknya, proses installasinya mudah loh. Jaka yakin kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, tidak butuh bantuan orang lain.

Supaya kamu tidak kebingungan dan tidak bertanya-tanya, Jaka akan beritahu secara detil dan step-by-step cara menginstall VLC Media Player ini di Windows. Langsung saja simak caranya sebagai berikut ini:

Langkah - 1

Pertama-tama hal yang perlu kamu lakukan adalah mendownload software VLC Media Player versi terbaru. Jika kamu belum download, kamu bisa download melalui tautan di atas deskripsi software ini.

Langkah - 2

Langsung saja buka hasil download kamu dengan double klik. Sekarang akan muncul jendela untuk memilih bahasa. Karena tidak tersedia pilihan bahasa Indonesia, Jaka sarankan untuk memiliki dan memakai English.

Vlc Media Player 2 Cf3e5

Langkah - 3

Selanjutnya kamu perlu memilih Folder Installasi. Jika kamu ingin memakai default atau bahkan tidak mengerti hal ini, kamu bisa mengabaikannya. Lanjutkan saja proses installasi dengan melakukan klik Next.

Vlc Media Player 3 621ff

Langkah - 4

Sekarang proses installasi akan mulai berjalan. Tunggu proses installasi hingga selesai, umumnya hanya memakan waktu beberapa menit saja. Setelah itu, VLC Media Player siap untuk kamu gunakan!

Vlc Media Player 4 42d08

5 Software Alternatif Terbaik dari VLC Media Player

Apabila kamu kurang menyukai VLC Media Player ini, tidak masalah sebab masih ada software lainnya. Software yang lain juga tidak kalah canggih loh, memiliki fitur uniknya tersendiri yang buat unggul dari yang lain.

Kira-kira software alternatif terbaik dari VLC Media Player apa saja ya? Agar kamu bisa download dan menikmatinya, langsung saja simak rekomendasi software sebagai berikut:

1. Media Player Classic

Media_player_classic
Media Player Classic Home Cinema 1.7.4 (32-bit)
Apps Video & Audio Gabest
DOWNLOAD

Meski namanya Media Player Classic, tapi software ini memiliki fitur modern. Bahkan software ini juga terus diupdate hingga tahun sekarang ini. Keunggulannya, tetap mempertahankan desain classicnya dari dulu.

Sehingga bagi kamu yang sudah terbiasa dengan Media Player versi lama, tidak butuh penyesuaian untuk memakai software ini. Cocok sekali bagi kamu pengguna Windows angkatan lama, yuk download!

2. KMPlayer

Kmplayer Logo Icon
KMPlayer 2019
Apps Video & Audio KMPlayer
DOWNLOAD

Merupakan software media player yang powerfull. Software ini mampu menjalankan video hingga resolusi 8K, wah sekarang saja 4K masih sangat jarang. Selain itu software ini juga mampu menjalankan video hingga 60 FPS.

Meski software ini berasal dari Korea, kamu tenang saja karena masih bisa memakai bahasa Inggris. Sudah begitu tampilan software ini sederhana, sehingga mudah dipakai untuk siapa saja.

3. Winamp

Winamp 5566a
Winamp 5.8
Apps Video & Audio Nullsoft
DOWNLOAD

Software ini merupakan salah satu legenda media player terbaik. Untungnya hingga saat ini, update dari software ini tetap ada. Sehingga di tahun sekarang ini, kamu tetap bisa memakai software ini.

Salah satu yang terbaik dari software ini, adalah bisa memakai skin. Sehingga jika kamu bosan dengan tampilan media player yang begitu-begitu saja, tidak akan terjadi disini. Kamu bisa ubah tampilan semau kamu.

4. GOM Player

Gom Player For Pc 9ec38
GOM Player for PC 2.3.37.5299
Apps Video & Audio GOM Media Player Android
DOWNLOAD

GOM Player merupakan software yang baru-baru ini populer. Selain memiliki fitur yang mirip canggihnya dengan VLC, software ini memiliki beberapa fitur canggih lain. Contohnya terhubung dengan smartphone android.

Hal ini membuat playlist yang ada di laptop kamu, bisa terhubung menjadi satu dengan playlist yang ada smartphone kamu. Fitur yang menarik sekali bukan? Jadi tunggu apa lagi, langsung saja yuk download!

5. Nero Multimedia Suite

20121226092933_62
Nero Multimedia Suite 15.0.09300
Apps Productivity Nero Inc
DOWNLOAD

Sebetulnya ini adalah sofware untuk membuat CD atau DVD ataupun Bluray. Tetapi, bisa juga dipakai untuk memutar beragam file media. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu memakai software ini sebagai media player.

Keunggulannya, setiap playlist atau film yang putar bisa langsung dibuat CD-nya. Tentu jadi lebih mudah bila kamu ingin share konten ke teman-teman kamu. Cukup berikan saja CD-nya. Tertarik? Yuk download!

Akhir Kata

Kamu sudah download VLC Media Player ini? Kalau kamu suka, kamu bisa juga mencoba beberapa software pilihan berikut ini.

APPS TERKAIT
20121226043714_318
Any Video Converter 6.0.4
Apps AVC
Apowersoft Video Converter Icon
Apowersoft Video Converter Studio 4.4.6
Apps Apowersoft
Free Pdf To Word Doc Converter Icon
Free PDF to Word Doc Converter 1.1
Apps Hellopdf Inc.
Youtubemp3converter Icon
Free Youtube to MP3 Converter 3.12.56.301
Apps DIGITAL WAVE LTD

Download Aplikasi

DOWNLOAD (39 MB)
OFFICIAL WEBSITE
RATING APLIKASI

Rating Komunitas

3.5

(51 pengguna)

Kontribusi Rating Anda

VLC Media Player

Rating Anda?

Komentar