Photoscape

Photoscape X

3.5 (11 Reviews)
Photo & Imaging by MOOII TECH
323207 Views

Sistem Operasi

Windows

Developer

MOOII TECH

Kategori

Photo & Imaging

Versi Terbaru

X

Update Terakhir

9 Mei 2019

Lisensi

Gratis

Tutorial

Photoscape
Photoscape X
3.5 (11 Reviews)
Photo & Imaging by MOOII TECH
323207 Views
DOWNLOAD
OFFICIAL WEBSITE

Sistem Operasi

Windows

Developer

MOOII TECH

Kategori

Photo & Imaging

Versi Terbaru

X

Update Terakhir

9 Mei 2019

Lisensi

Gratis

Tutorial

Photoscape - Merupakan software edit foto gratis yang paling mudah digunakan. Software ini sangat cocok sekali dipakai oleh pemula.

Meski simpel, bukan berarti tak banyak yang bisa dilakukan software edit foto ini. Bahkan kebutuhan edit foto profesional juga bisa.

Download Photoscape Software Resmi Versi Terbaru

Photoscape 1 B534b
Sumber foto: Photoscape

Deskripsi Lengkap Software Phtoscape

Mencari sebuah software untuk mendapatkan gambaran cepat foto dan gambar dengan cara sederhana untuk mengoptimalkan mereka? Photoscape adalah program yang Anda butuhkan! Aplikasi ini menawarkan segala sesuatu yang dibutuhkan pemula untuk mengatur dan mengedit gambar digital.

Selain viewer, Photoscape memiliki fungsi untuk mengkloning, memotong, mempertajam dan merubah warna serta pengaturan kontras, tingkat, vignetting dan banyak parameter gambar lainnya. Beberapa template memungkinkan untuk dengan mudah mengatur foto pada halaman yang kemudian dapat disimpan sebagai gambar akhir atau dicetak di atas kertas.

Photoscape juga memiliki kemampuan untuk red-eye removal, batch editing (nama file dan pengaturan gambar), mengedit file kamera RAW, mengambil screenshot dan menghasilkan GIF, dimana gambar beberapa individu dapat dikombinasikan untuk animasi GIF.

Fitur Lengkap Software Photoscape

1. Photo Viewer Dengan Fitur Lengkap

Photoscape bisa menjadi photo viewer. Mendukung beragam format foto, video dan audio. Termasuk dukungan untuk beragam konten loss less berkualitas tinggi. Contohnya foto RAW, audio FLAC dan lainnya.

Melalui software ini pula kamu bisa melihat meta data konten seperti Exif, IPTC dan GPS. Jadi kamu bisa mengetahui banyak informasi bagaimana konten tersebut dibuat, seperti jenis kamera dipakai, software dan lainnya.

2. Basic Tools Editing Foto

Beragam tools dasar edit foto disajikan di Photoscape. Contohnya tools untuk memotong foto, mengatur keterangan foto, mengatur tingkat warna foto dan lain-lain. Bisa dibilang sama lengkap dengan Photoshop.

Berbeda dengan software Photoshop, Photoscape menyajikan toolsnya secara sederhana. Sehingga mempermudah bagi seorang pemula untuk memakainya. Kamu juga bisa mengatur tombol shortcut untuk tools tersebut.

3. Menghapus Background Foto Mudah

Salah satu teknik editing foto yang sering dipakai, adalah menghapus background. Biasa untuk keperluan foto resmi seperti KTP atau Ijazah dan sejenisnya. Untungnya kamu bisa melakukannya dengan mudah di Photscape.

Terdapat tools khusus yaitu Magic Eraser. Penghapus yang bisa mengenali objek dan background. Apabila kurang rapih, kamu bisa sempurnakan memakai Lasso Tool dan Brush Tools. Meski bisa hasilnya rapi.

4. Bisa Mengabungkan Banyak Foto

Berikutnya juga teknik editing foto yang sering dipakai, yaitu menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Hal ini agar foto memorable bisa dilihat sekaligus dalam satu frame. Untungnya ini juga mudah dilakukan.

Terdapat dua opsi untuk menggabungkan foto, yaitu dengan Collage atau Combine. Jika Collage, foto kamu akan dijajar kotak sesuai template. Sementara Combine, foto kamu akan dijajar vertikal berurutan.

5. Bisa Membuat Animasi GIF

Salah satu konten yang cukup populer di internet, yaitu GIF. Ini merupakan foto yang bisa bergerak. Berbeda dengan foto biasa yang diam saja, pasti membosankan. Konten GIF terbukti lebih menarik.

Namun untuk membuat GIF ternyata juga bisa dilakukan di Photoscape. Kamu bisa melakukan edit secara frame by frame, lalu preview terlebih dahulu sebelum digabungkan. Tidak sulit kok, hanya seperti mengedit banyak foto.

6. Edit Banyak Foto Sekaligus

Bisa dibilang merupakan fitur unggulan dari Photoscape. Dimana software edit foto lain hanya bisa mengedit satu per satu, Photoscape tidak tanggung-tanggug bisa edit banyak sekaligus. Cocok untuk watermark dan sejenisnya.

Kamu hanya tinggal pilih semua foto yang akan diedit. Lalu edit salah satu dari foto tersebut, lalu klik Batch Edit. Secara otomatis yang kamu lakukan di foto tersebut, diterapkan juga di foto lain.

7. Ratusan Filter dan Efek Siap Pakai

Ingin mengedit foto secara instan, ternyata juga bisa dilakukan. Sudah tersedia ratusan filter dan efek siap pakai. Misal ingin membuat foto kamu seperti anime atau lukisan, bisa dilakukan sekali klik.

Pengaturan cahaya, vignete, bloom dan lain-lain juga bisa kamu atur. Kamu hanya perlu geser pada opsi yang ada, kamu bisa langsung liat hasilnya sambil menggeser. Benar-benar mudah dan sangat cepat.

8. Ratusan Objek dan Frame Siap Pakai

Dengan memakai software ini, kamu tidak perlu repot-repot mencari material objek dan frame di internet. Sudah ada dan siap pakai. Apalagi total objek dan frame yang tersedia ratusan, pastinya lengkap banget.

Misal ingin memasang bubble chat di foto, sudah ada objeknya. Mau memasang frame yang elegan, pilihannya juga ada. Benar-benar membuat kamu semakin bebas berkarya tanpa batas. Kamu juga bisa menambah pilihan frame.

9. Bisa Untuk Menggambar dan Retouch

Bagi kamu yang suka menggambar, ternyata juga bisa memakai software ini. Tersedia tools brush dengan beragam presetnya yang lengkap. Kamu juga bisa melakukan kustomisai pada settingan setiap brush yang ada.

Brush ini juga cocok dipakai untuk melakukan retouch foto. Beberapa yang cocok diantaranya Healing Brush, Mixer Brush, Spot Healing brush dan masih banyak lagi. Membuat foto kamu memiliki sentuhan berbeda.

10. 100% Gratis, Bukan Trial

Berbeda dengan software edit foto canggih lainnya, software ini bisa kamu pergunakan gratis. Gratis ini bukan trial ataupun berbatas waktu, tapi benar-benar full dan bisa kamu pergunakan seperti biasa.

Namun jika kamu lebih canggih, bisa juga memakai yang versi berbayar, yaitu Photoscape X Pro. Memiliki tambahan ratusan filter, dukungan format, dan support resmi tentunya. Tapi tidak berbeda jauh dengan yang gratis kok.

5 Teknik Edit Foto Terbaik dengan Software Photoscape

Setelah download Photoscape, kamu bisa mulai melakukan edit foto. Tetapi editing foto seperti? Kalau kamu bingung, Jaka akan coba membantu inspirasi kamu. Jaka akan rekomendasikan teknik edit foto terbaik.

Semua teknik edit foto ini, menariknya bisa kamu lakukan dengan Photoscape. Jadinya kamu bisa mempelajarinya langsung. Tanpa berlama-lama, simak rekomendasi teknik edit foto terbaik berikut.

1. Membuat Efek Blur Atau Bokeh

Photoscape 2 02324

Umumnya efek blur atau bokeh, didapat hasil dari lensa DSLR. Tetapi kini, kamu juga bisa mendapatkannya secara software. Bahkan hal ini juga diimplementasi di smartphone android, dengan memakai dua lensa.

Tapi hal ini ternyata juga bisa kamu lakukan di Photoscape. Apalagi caranya sangat mudah, cukup blok bagiab objek, lalu inverse agar pilihan ke background. Selanjutnya atur tingkat blurnya. Semudah itu!

2. Merubah Warna Foto Jadi Black & White

Photoscape 3 6fdc5

Ini merupakan teknik edit foto yang sangat mudah. Bahkan bagi yang belum pernah edit foto sekalipun, Jaka yakin pasti bisa melakukannya. Di smartphone juga bisa kok, karena memang sederhana sekali ya.

Meski mudah tapi hasilnya mengaggumkan, membuat foto menjadi penuh misteri dan tanda tanya. Untuk melakukan ini di Photoscape, kamu cukup klik filter lalu pilih Black and White. Lalu atur tingkan hitam putihnya.

3. Memakai Warna Vivid Pada Foto

Photoscape 4 4f04a

Ini merupakan teknik edit foto yang mirip dengan sebelumnya. Sangat mudah dan cocok dipergunakan pemula. Teknik foto ini sangat baik di implementasi untuk foto makanan ataupun pemandangan.

Hasil dari teknik edit foto ini adalah foto menjadi lebih hidup, menambah kesan kekaguman. Langkah melakukannya di Photoscape juga sederhana. Klik filter, lalu klik Vivid. Atur tingkat kedalamaan warna.

4. Penambahan Efek Cahaya

Photoscape 5 D6d97

Teknik edit foto yang ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Tidak semua foto bisa kamu edit dengan teknik ini, sangat bergantung dari background dan jenis objek. Jadi kamu harus pakai kreativitas.

Tapi satu yang pasti, hanya bisa diterapkan di foto outdoor, karena ini merupakan efek matahari. Cara melakukan ini juga mudah. Pertama klik filter, lalu klik Sun Light. Letakan cahaya ditempat yang diinginkan.

5. Cropping Dengan Tepat

Photoscape 6 Af8ec

Yang ini juga merupakan teknik edit foto sederhana, tapi gampang-gampang susah. Terkadang bisa pas dan bagus, tapi terkadang juga tidak. Dibutuhkan naluri seni yang baik untuk melakukan edit foto ini.

Biasanya teknik edit foto ini dipakai untuk berfokus pada objek, jadi pastikan foto yang diedit memiliki objek utama. Selanjutnya kamu hanya perlu klik tools Crop, lalu pilih bagian yang akan dicrop.

6 Software Edit Foto Terbaik Selain Photoscape

Selain Photoscape, masih ada software edit foto lainnya. Software lainnya juga tidak kalah canggih dan bagus, memiliki fitur yang mempermudah kamu untuk edit foto. Bisa dijadikan alternatif Photoscape.

Nah jadi software edit foto terbaik selain Photoscape apa saja ya? Kamu bisa simak rekomendasinya sebagai berikut:

1. Adobe Photoshop CC

Adobe Photoshop CC atau Creative Cloud, merupakan seri photoshop terbaru saat ini. Menghadirkan fitur cloud yang memungkinkan penggunanya saling berbagi karya hasil edit fotonya.

Tapi untuk mempergunakan software canggih ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 500 ribuan untuk satu tahun. Wah harganya lumayan juga ya, tapi terus terang worth it mengingat ini software edit foto terbai.

2. Adobe Photoshop CS2

20130813124856_752
Adobe Photoshop CS2 4.1.100.1332
Apps Photo & Imaging Adobe Systems Inc
DOWNLOAD

Kalau kamu memang tidak ingin bayar sama sekali, bisa memakai versi lama, yaitu Adobe Photoshop CS2 atau Creative Suite 2. Saat ini lisensi dari software ini gratis dan bisa kamu temukan di internet.

Sebagai gantinya, banyak hal baru yang tidak bisa kamu lakukan. Hal ini wajar mengingat ini adalah software versi lama. Contohnya beragam format foto RAW terbaru, tidak disupport oleh software ini.

3. Google Picasa

Picasa 7af73
Picasa 3.9.138.150
Apps Photo & Imaging Google
DOWNLOAD

Ternyata Google juga punya software edit foto, apalagi disediakan secara gratis. Software ini sangat mirip dengan Photoscape, jadi sangat cocok pula dipakai untuk pemula atau yang masih belajar.

Beragam tools basic edit foto bisa kamu temukan. Tetapi untuk pengeditan profesional atau lebih lanjut, tampaknya agak berat dengan software ini. Karena toolsnya memang tidak terlalu lengkap.

4. GIMP

Gimp Portable Alternative Photoshop Icon
GIMP Portable - Alternative Photoshop 2.8.22
Apps Photo & Imaging PortableApps
DOWNLOAD

GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program, digadang-gadang software ini adalah Photoshop gratis. Karena memang secara fitur, GIMP memiliki hampir semua yang bisa dilakukan Photoshop.

Apalagi software ini bersifat open-source. Yang artinya kamu bisa memodifikasi dan memakai software ini secara bebas. Bagi kamu yang mau Photoshop gratis, langsung saja coba download dan install.

5. Corel Paintshop

20121226065403_180
PaintShop Photo Pro X4
Apps Productivity Corel Corporation
DOWNLOAD

Corel ternyata tidak hanya terkenal dengan software menggambarnya atau Corel Draw. Ternyata ia juga memiliki software edit foto bernama Corel Paintshop. Software ini merupakan pesaing kuat dari Photoshop.

Secara fitur yang ditawarkan, bisa dibilang sama dengan Photoshop. Hanya saja software ini menawarkan mode simpel dan memiliki harga lebih murah. Mode simpel cocok dipakai untuk pemula yang sedang belajar.

6. Photo! Editor

20121226045532_277
Photo! Editor 1.2
Apps Photo & Imaging Pho.to
DOWNLOAD

Sebetulnya tidak ada yang begitu spesial dari software ini, atau bisa dibilang mirip dengan Picasa. Software ini menawarkan beragam basic tools edit foto. Sehingga kamu bisa mengedit foto dengan mudah.

Software ini juga gratis dan cocok dipergunakan untuk pemula. Salah satu keunikan software ini, adalah sangat ringan dan bisa diinstaill di semua laptop. Bahkan mendukung juga sistem operasi Windows XP.

Akhir Kata

Jadi gimana, kamu suka dengan software Photoscape ini? Kalau kamu suka, yuk langsung aja download Photoscape hanya di JalanTikus.

Tags Terkait:

Download Aplikasi

DOWNLOAD
OFFICIAL WEBSITE
RATING APLIKASI

Rating Komunitas

3.5

(11 pengguna)

Kontribusi Rating Anda

Photoscape

Rating Anda?

Tunggu sebentar...