Ukuran Video YouTube Terbaik, Biar Nggak Salah Upload!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 18 February 2023, 15:00
Ukuran video YouTube harus disesuaikan agar bisa ditonton dengan baik di semua platform. Yuk simak artikel Jaka tentang ukuran video untuk YouTube.

YouTube kini sudah menjadi situs berbagi video yang sangat populer. Bahkan kini mulai bermunculan para YouTuber atau orang-orang yang mendapatkan uang dengan mengunggah video ke YouTube.

Apakah kamu juga ingin jadi seorang YouTuber, geng? Selain membuat channel YouTube, kamu juga perlu mengetahui ukuran video YouTube yang tepat untuk diunggah.

Nah, berikut ini Jaka bakal membahas soal ukuran video YouTube terbaik untuk membantumu mengunggah konten ke YouTube. Cekidot!

Ukuran Video YouTube yang Tepat Untuk Upload

Sumber foto: zubtitle.com

Belakangan ini banyak orang yang senang mengunggah video mereka ke YouTube. Tujuannya berbeda-beda, ada yang ingin mengunggah saja, ada juga yang mendapatkan uang dari YouTube.

Apapun tujuan kamu mengunggah video ke YouTube, ada satu hal penting yang harus diperhatikan, yakni ukuran video YouTube yang akan kamu unggah.

Mengetahui ukuran layar video YouTube yang tepat sangat penting apabila kamu ingin mengunggah video ke YouTube. Tentunya ukuran video YouTube berbeda dengan ukuran video Instagram.

Nah untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca seluruh artikel Jaka tentang ukuran, resolusi, dan format video yang tepat untuk YouTube berikut ini. Ketiga hal tersebut berpengaruh besar bagi kualitas video kamu, lho.

ADVERTISEMENT

Ukuran Video YouTube

Sumber foto: winxdvd.com

Untuk memulai upload video ke YouTube, tentunya kamu sudah harus punya aplikasi YouTube dan channel milik kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi YouTube melalui link berikut ini:

YouTube 15.11.34
Apps Video & Audio Google Inc.
DOWNLOAD

Ukuran video untuk YouTube mayoritas menggunakan ukuran video landscape. Walaupun begitu, kini YouTube juga sudah bisa mengunggah dengan mode portrait.

YouTube menggunakan rasio 16:9 untuk video landscape yang diunggah. Oleh karena itu jika kamu ingin upload video ke YouTube, sebaiknya kamu mengikuti ukuran video YouTube di bawah ini:

Resolusi Ukuran video YouTube
240p 426x240 (16:9)
360p 640x360 (16:9)
480p 854x480 (16:9)
720p 1280x720 (16:9)
1080p 1920x1080 (16:9)
1440p (2k) 2560x1440 (16:9)
2160p (4k) 3840 x 2160 (16:9)

Perlu diingat sebelumnya, jika kamu mengunggah video ke YouTube menggunakan ukuran selain di atas, biasanya tidak akan terlihat pas di player YouTube.

Hal ini berlaku sama dengan ukuran YouTube thumbnail yang harus memiliki ukuran sesuai. Thumbnail YouTube adalah bagian cover video YouTube kamu yang akan tampil sebelum seseorang mengklik video kamu.

Maka dari itu, perhatikan baik-baik ukuran file video untuk YouTube sebelum kamu unggah. Kamu bisa memperbesar atau mengecilkan ukuran video dengan menggunakan beberapa aplikasi baik di smartphone maupun PC/Laptop.

Resolusi Video YouTube

Sumber foto: influencermarketinghub.com

Geng, selain ukuran video YouTube, kamu juga perlu memperhatikan resolusi video YouTube yang akan kamu unggah.

Kini YouTube juga sudah menawarkan kualitas video resolusi tinggi atau resolusi HD. Dengan kualitas tersebut, video yang kamu unggah atau tonton akan lebih menarik dan nyaman dilihat.

Jika kamu ingin mengunggah video beresolusi tinggi, maka ada standar yang perlu kamu ikuti. Berikut di bawah ini adalah standar untuk video YouTube beresolusi tinggi:

Detail Rekomendasi
Video format MP4
Audio Codec AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video Codec H264
Frame Rates Sesuaikan dengan video material aslinya agar tidak terlihat patah-patah

Dengan mengikuti standar tersebut, kamu akan bisa mendapatkan kualitas video yang tinggi di YouTube. Tentunya, hal ini juga bisa didukung dengan perangkat yang mumpuni, seperti kamera dengan kualitas video 4K.

Format Video YouTube

Sumber foto: udemy.com

Nah, yang berikutnya adalah mengetahui format video yang akan diunggah ke YouTube. Kamu tidak bisa sembarangan mengunggah segala macam format video ke YouTube, geng.

Ada beberapa format video yang direkomendasikan dan bisa digunakan. Berikut adalah format video yang bisa kamu gunakan di YouTube:

Kamu bisa menggunakan semua format yang ada di atas. Namun ada format video yang paling bagus dan sangat direkomendasikan, antara lain:

Detail Keterangan
Format Mp4 dan Mpeg4
Audio Codec AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video Codec H264
Frame Rates Sesuaikan dengan video material aslinya supaya video yang di upload tidak terlihat patah-patah

Jadi, pastikan kamu menggunakan salah satu format video yang sudah Jaka sebutkan di atas tadi sebelum mengunggah video ke YouTube.

Dengan begitu, video yang kamu upload sudah sesuai dengan player YouTube dan terlihat lebih bagus. Untuk mengubah format video, kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi maupun software.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan Jaka tentang ukuran video YouTube yang penting untuk kamu ketahui, geng. Dengan begitu, kamu bisa mengunggah video kamu ke YouTube sesuai dengan player YouTube sehingga tampak lebih bagus dan nyaman dilihat.

Tentunya dengan resolusi tinggi dan format yang tepat, akan menambah kualitas video kamu. Dengan kualitas video yang bagus, bakalan makin banyak viewers yang mampir ke channel kamu, lho.

Semoga artikel Jaka kali ini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya!

Baca juga artikel seputar YouTube atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT

13 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

Kembali Keatas