5 Tips Hemat Kuota Data 4G di Smartphone Kamu

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 07 February 2018, 18:00
Jaringan 4G memang memiliki konektivitas yang tergolong lebih cepat ketimbang teknologi jaringan sebelumnya. Namun, akibat konektivitas yang cepat tersebut, sering kali kita akan kelupaan mengontrol kuota data.

Jaringan 4G memang memiliki konektivitas yang tergolong lebih cepat ketimbang teknologi jaringan sebelumnya. Namun, akibat konektivitas yang cepat tersebut, sering kali kita akan kelupaan mengontrol kuota data.

Nah, kali ini Jaka akan memberikan 5 Tips Hemat Kuota Data 4G di Smartphone Kamu. Kira-kira apa aja ya? Yuk langsung aja simak artikelnya .

BACA JUGA
  • 10+ Cara Menghemat Kuota Data di Smartphone Android

5 Tips Hemat Kuota Data 4G di Smartphone Kamu

1. Membatasi Paket Data Harian

Jika kamu tidak bisa mengontrol paket data akibat terlalu banyak menonton video online ataupun sebagainya, maka kamu dapat mengkatifkan fitur yang satu ini. Dengan hal tersebut, kamu akan menerima peringatan jika kuota data telah melebihi batas paket data harian yang telah kamu tentukan sebelumnya.

2. Menggunakan Browser Ringan

Jika kamu suka menjelajah internet seperti browsing, maka sebaiknya kamu menggunakan browser yang ringan dan dapat menghemat kuota data sekaligus. Untuk kualitasnya, kamu dapat melihat browser teringan yang ada di google. Kamu juga bisa baca artikel tentang 5 Browser Paling Irit Kuota Data yang pernah Jaka ulas sebelumnya.

3. Meminimalkan Penggunaan Aplikasi Chatting

Sebaiknya jangan terlalu banyak memasang aplikasi chatting di smartphone kamu. Hal ini dikarenakan kuota data kamu akan terus terkuras bila aplikasi chatting tersebut aktif maupun berjalan di background. Maka dari itu, sebaiknya pilih aplikasi chatting yang umum saja agar kuota data kamu lebih hemat.

4. Menonton Video YouTube Secara Offline

Jika kamu penikmat video YouTube, sebaiknya kamu sempatkan untuk men-download video yang ingin kamu tonton terlebih dahulu jika sedang berada di tempat yang memiliki akses WiFi. Dengan hal tersebut, kamu dapat menikmati videonya secara offline kapan pun, dan yang pasti tidak akan menguras kuota meski ditonton berulang kali.

5. Tidak Membuka Instagram Kecuali dengan WiFi

Instagram akan banyak memakan kuota kamu, terlebih jika kamu terus-terusan membuka foto dan video di dalamnya. Jika kamu memiliki kuota yang minim, alangkah baiknya untuk tidak membuka Instagram, bukalah hanya pada saay smartphone-mu terhubung dengan WiFi.

Akhir Kata

Nah, itulah 5 Tips Hemat Kuota Data 4G di Smartphone Kamu. Mempunyai sinyal/jaringan yang cepat justru akan membuat kuota kita menjadi lebih cepat terkuras. Jadi, pintar-pintar mengontrol kuota ya guys! Semoga bermanfaat.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
YouTube Go - Hemat Kuota Internet 3.04.51
Apps Google Inc.
UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps UCWeb Inc.
Dentex YouTube Downloader 6.8.1
Apps xda_dentex
Kembali Keatas