Cara Menggunakan Template CapCut Terbaru 2023, Edit Video Jadi Lebih Mudah!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 05 January 2023, 11:30
Edit videomu menjadi lebih estetik dengan template CapCut! Kamu bisa mengunduh template yang sudah jadi milik orang lain atau membuatnya sendiri.

CapCut merupakan salah satu aplikasi edit video populer. Dengan berbagai template CapCut yang tersedia, kamu bisa mengubah videomu menjadi lebih estetik!

Video yang kamu unggah di media sosial akan menentukan seberapa menarik akunmu untuk diikuti. Para pengguna akan memberikan like dan komentar kalau videomu apik dan kekinian.

Tapi tenang, kamu nggak perlu bingung karena Jaka akan membagikan tutorial edit template di CapCut yang mudah. Kamu bisa pilih template sesuai dengan keinginanmu dan menerapkannya di video.

Lebih seru lagi, kamu bisa bikin template sendiri dan membagikannya ke orang lain. Biar nggak kelamaan, langsung saja simak cara menggunakan best template CapCut di bawah ini.

Sekilas Tentang CapCut APK

Sumber foto: Google Play - CapCut

Sebelum masuk ke tutorialnya, kita berkenalan dulu dengan CapCut, yuk. CapCut adalah aplikasi edit video serbaguna dengan segudang fitur. Kamu bisa memotong, memisahkan, bahkan menyatukan video. Kamu juga dapat mengatur kecepatan video mulai dari 0.1x hingga 100x.

Tersedia pula fitur animasi video dengan berbagai teks, stiker, filter, warna, hingga musik. Kamu juga dapat mengaktifkan fungsi reverse/rewind, freeze, dan lain-lain. Nggak hanya memudahkan pemula, tersedia pula fitur-fitur advanced khusus bagi para editor profesional.

Kamu bisa mengatur animasi video dengan berbagai keyframe, menambahkan efek slow motion, menerapkan chrome key untuk menghilangkan warna spesifik, menerapkan fitur Picture-in-Picture (PIP), menggunakan fitur stabilisasi, dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

Nah, proyek editing di dalam aplikasi edit video tanpa watermark ini disebut template CapCut online. Kamu bisa menggunakan template yang sudah jadi biar kamu nggak utak-atik fitur atau kamu bisa membuatnya sendiri. Langkahnya akan Jaka beberkan di bawah!

Cara Menggunakan Template CapCut yang Sudah Jadi

Sumber foto: Google Play - Cara Menggunakan Template CapCut

Pertama, kita akan menggunakan template Capcut aesthetic yang sudah jadi. Template ini bisa kamu temukan di aplikasi CapCut. Kamu tinggal menerapkannya saja di video yang ingin kamu edit. Simak instruksi lengkapnya di bawah.

  1. Buka aplikasi CapCut
  2. Ketuk Templat di bawah layar
  3. Pilih jenis tema yang diinginkan
  4. Ketuk template yang diinginkan
  5. Klik Gunakan Templat di kanan bawah
  6. Pilih foto atau video yang ingin digunakan
  7. Klik Pratinjau
  8. Pastikan video sudah sesuai keinginan
  9. Klik Ekspor
  10. Pilih Ekspor
  11. Video siap dibagikan

Link Download Template CapCut Kekinian dan Aesthetic

Jika kamu tertarik untuk menggunakan template CapCut yang bagus milik orang lain, kamu bisa pilih beberapa rekomendasi template kekinian dari Jaka. Silakan download template CapCut sendiri melalui link-link yang sudah Jaka sisipkan di bawah.

Link Template CapCut 1

Link Template CapCut 2

Link Template CapCut 3

Link Template CapCut 4

Link Template CapCut 5

Link Template CapCut 6

Link Template CapCut 7

Link Template CapCut 8

Link Template CapCut 9

Link Template CapCut 10

Cara Membuat Template CapCut Sendiri

Sumber foto: Google Play - Cara Membuat Template CapCut

Nah, kamu mungkin ingin berkreasi dan membuat template CapCut keren sendiri. Kamu bisa, kok, melakukannya di aplikasi edit video ini! Caranya nggak begitu sulit, kamu cukup perhatikan langkah berikut dengan seksama.

  1. Buka aplikasi Capcut
  2. Tap menu Templat
  3. Klik banner Menjadi Editor Capcut
  4. Baca ketentuannya, jika setuju klik Bergabung
  5. Isi data diri yang dibutuhkan, seperti nama, link video di TikTok, link video di Capcut dan sebagainya
  6. Klik Kirim
  7. Tunggu prosesnya sampai disetujui
  8. Jika sudah, klik menu Templat
  9. Klik Baru
  10. Unggah video dan edit sesuai dengan keinginanmu
  11. Klik Simpan Sebagai Templat
  12. Template-mu sudah jadi dan bisa dilihat pengguna lain

Apakah Bisa Menggunakan Template CapCut Tanpa Watermark?

Sumber foto: Google Play - Cara Menggunakan Template CapCut Tanpa Watermark

Sebagai informasi, video yang kamu edit melalui template di atas akan memiliki watermark atau tanda air bertuliskan CapCut. Bila mengganggu, kamu bisa membuat template CapCut no watermark dengan cara ini.

  1. Melalui pengaturan CapCut. Akses pengaturan di aplikasi ini, pilih Tambahkan Akhiran Default, lalu pilih Buang.
  2. Bagikan video ke TikTok. Jadi, setelah kamu selesai edit video, kamu pilih Ekspor tanpa tanda air. Video akan diarahkan ke TikTok dan kamu bisa upload di sana tanpa watermark
  3. Potong Video. Video yang sudah jadi bisa kamu trim bagian pinggir atas kanan dan pinggir kiri bawah untuk menghilangkan watermark

Solusi Mengatasi Template CapCut Tidak Muncul

Kamu mengalami masalah template CapCut tidak muncul, baik dari unduhan atau membuat sendiri? Bisa jadi ada yang error. Kita coba perbaiki dengan langkah-langkah di bawah, yuk!

Akhir Kata

Demikian tutorial cara menggunakan dan membuat template CapCut sendiri dengan mudah. Langkahnya agak panjang tapi kamu pasti bisa melakukannya, kok!

Kalau kamu suka berkreasi, kamu bisa membuat template sendiri dan mengatur semua hal yang ada di dalamnya, mulai dari penempatan stiker, efek, filter, teks, dan lain-lain.

Tapi, kalau kamu nggak punya waktu dan ingin video segera diunggah, kamu bisa memilih berbagai template kekinian dan estetik yang Jaka sediakan di atas. Semoga membantu!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Kembali Keatas