7 Teknologi Perang Canggih yang Terinspirasi dari Video Game, Bisa Bikin Manusia Hidup Abadi?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 06 November 2019, 20:00
Kata siapa video game nggak bermanfaat dan bikin kecanduan saja? Buktinya, banyak teknologi canggih militer yang terinspirasi dari video game

Beragam jenis game baru yang dirilis di pasaran merupakan salah satu bukti bahwa jumlah gamer selalu meningkat tiap tahunnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang berpikiran kalau game memiliki pengaruh yang buruk. Game kekerasan seperti GTA seringkali dianggap sebagai penyebab kasus-kasus penembakan di dunia.

Padahal, game memiliki banyak sekali manfaat positif, lho. Selain melatih kamu untuk bertindak sigap, game juga merangsang otakmu untuk bekerja dengan lebih baik.

7 Teknologi Perang Canggih yang Terinspirasi dari Video Game

Selain memiliki manfaat untuk mental kita, game juga terkadang memberi inspirasi pada orang-orang yang bergerak di bidang industri tertentu.

Salah satunya adalah industri militer yang selalu berupaya menciptakan peralatan dan teknologi canggih untuk pertahanan maupun perang.

Nggak jarang, industri militer terinspirasi dari video game untuk menciptakan teknologi dari beberapa judul video game populer. Teknologi apa saja ya, geng?

1. Medpack untuk Mengobati Luka Secara Instan

Ketika kamu bermain game dan karaktermu terluka, biasanya karakter akan menggunakan medpack atau medkit untuk menyembuhkan luka secara instan.

ADVERTISEMENT

Namun, hal tersebut tidak bisa kita lakukan di dunia nyata. Luka tembakan tidak akan sembuh apabila cuma diperban dan diberi alkohol.

Joe Landolina menciptakan sebuah gel bernama Vetigel yang berfungsi untuk menutup luka yang terbuka dan menghentikan luka seketika. Canggih banget ya, geng!

2. Auto Aim untuk Membidik Target Secara Otomatis

Kalau kamu adalah salah satu player Free Fire, kamu pasti sering berantem sama player PUBG Mobile karena hal ini. Auto aim berfungsi untuk membantu player membidik musuh tanpa meleset.

Fitur ini menjadi inspirasi ilmuwan dalam menciptakan auto aim sungguhan pada senjata. Sebuah perusahaan bernama Tracking Point membuat senjata dengan fitur yang sama.

Senjata bernama XS1 bakal memberi arahan padamu untuk mengarahkan moncong senjata ke arah tertentu. Senjata ini juga sudah memperhitungkan jarak dan angin sehingga tembakanmu tidak akan meleset.

3. Granat yang Bisa Diprogram Ledakannya

Kalau kamu pernah main game perang dari Gears of War series, pasti kamu sudah familiar dengan programmable grenade, dong?

Beberapa orang ilmuwan mencoba memainkan game ini dan terinspirasi untuk membuat sebuah pelontar granat dengan granat yang bisa diprogram bernama XM-25 Counter Defilade Target Engagement (CDTE).

Granat ini bisa diprogram untuk meledak di udara dalam titik yang spesifik. Granat ini akan meledak di atas kepala musuh dan melontarkan peluru shrapnel yang akan membunuh beberapa musuh sekaligus.

4. Nyawa Tambahan

Ketika bermain sebuah game arcade, kamu memiliki beberapa nyawa yang bakal berkurang jumlahnya apabila kamu mati di dalam game.

Di dunia nyata, sekali kamu mati, kamu sudah nggak bakal hidup lagi. Namun, beberapa ilmuwan dunia sedang mengembangkan nyawa tambahan dengan menggunakan android atau robot humanoid.

Data berisi memori, emosi, serta pemikiran manusia yang mati bakal ditransfer ke dalam otak si android. Teknologi ini diklaim bisa bikin orang hidup abadi meskipun tubuhnya sudah mati.

5. Power Up untuk Meningkatkan Kekuatan Mental

Dalam game FPS berjudul Bioshock, terdapat sebuah item power-up bernama Plasmid yang berfungsi untuk memberikan kemampuan telekinesis atau psikokinesis pada karaktermu.

Di dunia nyata memang nggak ada item seperti itu. Tapi terdapat beberapa obat seperti Adderal dan Ritalin yang terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dan kekuatan mental.

Belum lama ini, ilmuwan juga menemukan obat bernama Modafinil yang bakal membuat kamu bertenaga selama 40 jam tanpa mengurangi kewaspadaan.

Namun Modafinil saat ini juga diperjualkan untuk konsumen untuk mengatasi rasa kantuk berlebih saat pengguna hendak melakukan aktivitas.

6. Mengontrol Karakter

Dalam sebuah video game, kamu mengendalikan bagaimana karaktermu bertindak dan beraktifitas. Namun, peneliti nggak puas dengan kamu yang cuma mengendalikan manusia digital.

Peneliti dari laboratorium iBionics milik Universitas North Carolina State telah berhasil bereksperimen untuk mengendalikan beberapa kecoak dengan komputer.

Menurut peneliti, hewan tersebut bisa digunakan manusia untuk memasuki celah sempit di mana musuh bersembunyi. Meskipun terdengar mahal, tikus yang bisa dikendalikan dijual sekitar US$40 saja, geng.

7. Exoskeleton Suit

Exoskeleton Suit merupakan sebuah pakaian pintar yang diprogram untuk meningkatkan kemampuan fisik sang pengguna. Mulai dari mencegah cedera, hingga memperkuat tubuh.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di game-game action FPS seperti Crysis series & Halo series. Para peniliti terinspirasi untuk menciptakan teknologi militer satu ini.

Exoskeleton diklaim dapat meningkatkan tenaga dan stamina pemakainya secara drastis. Bahkan, alat ini bisa membantu orang yang lumpuh untuk berjalan.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 teknologi perang canggih yang terinspirasi dari video game. Hal ini merupakan bukti kalau video game nggak cuma menyebabkan kematian saja, geng.

Jangan lupa memberi komentar di artikel ini ya, geng. Sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

5 Teknologi Perang Paling Aneh yang Pernah Ada

Kembali Keatas