Smartphone bisa MELEDAK Kalau Kamu Lakukan 10 Hal Ini

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 11 April 2018, 16:00
Terkadang muncul saja permasalahan yang bisa membahayakan kita, salah satunya HP MELEDAK. Sebaiknya hindari 10 hal ini kalau tak mau smartphone kamu meledak!

Tidak ada produk yang diciptakan sempurna, terkadang muncul permasalah yang bahkan bisa membahayakan penggunanya. Permasalahan bisa muncul karena kesalahan produksi maupun kesalahan yang dilakukan oleh pengguna.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah smartphone meledak dan melukai penggunanya. Sebenarnya hal ini bisa dihindari, kalau kamu tau penyebabnya. Nah, Jaka akan sarankan sebaiknya hindari 10 hal ini kalau tak mau HP kamu meledak.

BACA JUGA
  • Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

Jangan Lakukan 10 Hal ini Kalau Tak Mau Smartphone Meledak

Hal-hal ini harus kamu hindari karena selain bisa menghancurkan HP, keselamatan dirimu juga bisa terancam.

1. Pakai Charger Sembarangan

Menggunakan charger dari produk lain seperti tablet, smartphone dengan tipe baterai berbeda, ataupun menggunakan charger KW bisa berbahaya untuk baterai smartphone kamu. Setiap HP memiliki spesifikasi baterai dan chargernya tersendiri.

Sumber foto: Shutterstock

Jadi pastikan kamu selalu menggunakan charger asli dari produsen smartphone kamu. Kalaupun mau beli charger baru pastikan spesifikasinya seperti ampere dan tegangan yang dihasilkan cocok dengan baterai smartphone kamu.

2. Membiarkan Smartphone Overheat

Sumber foto: Shutterstock

Smartphone yang dipaksa bekerja non-stop bisa menimbulkan baterai overheat. Baterai yang terlalu panas bisa jadi salah satu faktor smartphone meledak. Jadi sebaiknya jangan paksa smartphone kamu bekerja tanpa henti, istirahatkan ketika sudah mulai terasa panas.

ADVERTISEMENT

3. Menggunakan Baterai Palsu

Sumber foto: Shutterstock

Baterai dengan kualitas rendah biasanya tidak dilengkapi sistem keamanan yang baik. Berbeda dengan baterai asli dari produsen smartphone yang biasanya sudah dilengkapi sistem keamanan untuk mencegah berbagai resiko kecelakaan.

4. Memainkan Smartphone Saat Proses Charging

Sumber foto: Shutterstock

Tindakan seperti ini bisa merusak baterai smartphone kamu dengan cepat. Proses charging akan menimbulkan suhu yang tinggi pada smartphone kamu. Jika kamu menambah kerja smartphone dengan memainkannya maka bebannya akan bertambah dan bisa memicu overheat yang berbahaya.

5. Terlalu Sering Charge Smartphone

Sumber foto: Shutterstock

Saking takutnya kehabisan daya baterai kamu jadi sering charge smartphone bahkan saat dayanya masih banyak. Itu tidak boleh dilakukan, guys! Melakukan charging saat daya baterai masih banyak akan mengurangi usia baterai.

6. Menggunakannya sampai Daya Habis

Sumber foto: Shutterstock

Sesekali membiarkan daya baterai habis sampai 0 persen memang baik dan bisa memperpanjang umur baterai samrtphone. Tapi kalau melakukannya terlalu sering justru berbahaya untuk kamu. Baterai bisa rusak dan meledak!

Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak
Kali ini Jaka akan mengulas tentang beberapa hal yang membuat baterai smartphone meledak. Mau tahu? Simak ulasan Jaka berikut ini ya.
LIHAT ARTIKEL

7. Charge Smartphone di Mobil

Sumber foto: Shutterstock

Jika kamu kerap melakukan charging di mobil pastikan pakai charger yang asli dan berkualitas baik. Karena charger yang jelek atau berkualitas rendah bisa menyebabkan kerusakan elektrik di smartphone kamu.

8. Menjatuhkan Smartphone

Sumber foto: Shutterstock

Baik disengaja atau tidak, sebaiknya kamu harus lebih memperhatikan smartphone kamu. Karena saat smartphone terjatuh bisa menyebabkan kerusakan pada komponen baterai dan membuat baterai mengembang bahkan meledak.

9. Meletakkan Smartphone di atas Kasur

Sumber foto: Shutterstock

Pernah terjadi kasus smartphone meledak di atas kasur saat penggunanya tertidur. Sebaiknya ketika akan tidur letakkan smartphone jauh dari tempat kita tidur, dan jangan membiarkannya di charge semalaman.

10. Meletakannya di Kantong Belakang Celana

Sumber foto: Shutterstock

Tekanan yang didapat smartphone cukup besar dan bisa menekan komponen yang ada di dalamnya. Saat itu terjadi, bisa memicu kerusakan pada smartphone dan membuatnya meledak.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT

Anti Meledak! Ini Dia 5 Smartphone Android yang Lebih Baik dari Galaxy Note 7

Waduh! 3 Menit Di-charge, iPhone 8 Plus Meledak

Terekam! Detik-Detik Smartphone Samsung Meledak di Indonesia

APPS TERKAIT
Battery Doctor (Battery Saver) 5.17
Apps Cheetah Mobile Inc
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Battery Monitor 5.7.3
Apps GLGJing
Fake Low Battery 1.3
Apps Maayan Hope
Kembali Keatas