8 Perusahaan Teknologi yang Berdonasi untuk Lawan Virus Corona

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 25 March 2020, 15:00
Untuk turut menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19, beberapa perusahaan teknologi pun menyalurkan donasi untuk tim medis maupun untuk masyarakat yang terdampak.

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 semakin meningkat di beberapa negara. Hal ini pun menarik perhatian beberapa perusahaan teknologi.

Perusahaan tersebut turut berperan dalam upaya penanganan virus Corona. Misalnya, dengan mengucurkan dana untuk membantu tim medis maupun masyarakat, geng.

Donasi yang diberikan pun beragam, seperti dana langsung atau masker medis. Lalu, apa saja perusahaan teknologi yang ikut berpartisipasi?

Perusahaan Teknologi yang Berdonasi untuk Atasi Covid-19

Ada banyak sekali perusahaan di berbagai bidang yang berperan besar dalam mengatasi penyebaran Covid-19, misalnya perusahaan teknologi.

Donasi yang diberikan pun nggak tanggung-tanggung, seperti menyumbang dana miliaran rupiah hingga menyumbang jutaan masker, geng.

Berikut beberapa perusahaan teknologi yang menyumbangkan sebagian pendapatannya untuk menangani virus Corona.

1. Facebook

CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan perusahaan teknologi tersebut mendonasikan USD10 juta (Rp167 miliar) untuk mengatasi Covid-19.

ADVERTISEMENT

Dana tersebut disalurkan untuk United Nations Foundations (UNF) dan COVID-19 Solidarity Response Fund milik WHO.

Ada pula tambahan USD10 juta (Rp167 miliar) untuk CDC Foundation yang akan meluncurkan penggalangan dana Facebook dalam beberapa pekan ke depan.

2. Apple

Apple mendonasikan 2 juta masker untuk membantu kekurangan pasokan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di Amerika Serikat.

Perusahaan Apple juga mendonasikan masker N95 ke Eropa seperti yang diungkapkan CEO Apple Tim Cook di akun Twitter-nya.

Bukan hanya itu, Apple juga akan menyumbangkan USD15 juta (Rp250 miliar) untuk membantu pengobatan dan mengurangi dampak krisis terhadap perekonomian.

3. Microsoft

Pendiri Microsoft, Bill Gates juga berdonasi sebesar USD10 juta (Rp167 miliar). Donasi tersebut disalurkan melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation.

Perusahaan teknologi ini memberikan USD5 juta (Rp83,5 miliar) akomodasi dalam perawatan pasien terjangkit virus corona di Wuhan, China.

Sedangkan setengahnya disalurkan ke African Centres for Disease Control and Prevention untuk pengendalian dan kesiapan krisis di Afrika.

4. Alibaba

Pendiri Alibaba, Jack Ma menyumbangkan 100 juta yuan (Rp235 miliar) melalui yayasan Jack Ma Foundation untuk membantu penemuan vaksin Covid-19 di Wuhan, China.

Perusahaan teknologi ini juga menyiapkan dana USD144 juta (Rp2,4 triliun) untuk kebutuhan medis dan perawatan pasien Covid-19 di negara tersebut.

Donasi lainnya berupa 2 juta masker medis untuk wilayah yang terdampak virus corona di Eropa, dan 500 ribu alat tes Covid-19 serta 1 juta masker medis ke Amerika Serikat.

Alibaba juga menawarkan komputasi kecerdasan buatan gratis untuk organisasi penelitian ilmiah demi mendukung pencarian vaksin atau perawatan, geng.

5. Xiaomi

Xiaomi mengirimkan masker N95, medical, dan thermometer senilai 300 ribu yuan (Rp705 juta) ke kantor pusat pengendalian dan pencegahan virus corona di Wuhan.

Xiaomi juga memantau status epidemi dan akan terus mengalokasikan pasokan untuk membantu kota di saat krisis seperti ini, geng.

Selain di China, perusahaan teknologi ini juga mengirim masker FFP3 yang levelnya setara dengan masker N95 ke Pemerintah Italia.

6. Tencent

Publisher game ternama asal China ini menyumbangkan dana kepada Pemerintah China sebesar 1,5 miliar yuan (Rp3,5 triliun), lho!

Jumlah tersebut merupakan salah satu sumbangan korporasi terbesar dalam upaya mengatasi penyebaran virus Corona.

Dana itu akan digunakan untuk membeli bahan kebutuhan pokok, obat-obatan, dan peralatan medis, serta untuk melakukan penelitian ilmiah.

Sekitar 300 juta yuan (Rp705 miliar) pun disisihkan sebagai dana kompensasi bagi mereka yang telah memberi kontribusi positif untuk mengatasi Covid-19.

7. Shopee

Untuk membantu menangani penyebaran Covid-19 di Indonesia, Shopee menyumbang Rp 1 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Donasi ini disalurkan melalui Yayasan BenihBaik untuk membantu penanggulangan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Selain itu, Shopee juga terlibat dalam program Satu Juta Masker yang diinisiasi lembaganya dan bekerja sama dengan PMI, geng.

8. NetEase

Raksasa internet asal China yang dikenal dengan kontribusinya di game World of Warcraft juga berkontribusi mengatasi Covid-19.

Bantuan yang diberikan berupa kursus pendidikan online melalui layanan streaming secara gratis.

Selain itu, NetEase juga mendonasikan sekitar 100 juta yuan (Rp235 miliar) untuk memerangi wabah Corona, lho, geng.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa perusahaan teknologi yang turut andil dalam menangani penyebaran virus Corona di berbagai belahan dunia.

Donasi dalam jumlah besar ini disalurkan untuk berbagai keperluan, seperti kebutuhan medis hingga penanganan pasien.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

5 Teknologi Canggih yang Dapat Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Kembali Keatas