4 Cara Memeriksa & Menghapus History di My Activity Google, Mudah Banget!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 25 August 2023, 17:45
My Activity Google.com sangat berguna karena bisa membantumu memeriksa rekam jejak digital. Gimana cara menggunakannya? Simak di sini, yuk!

My Activity Google.com menjadi salah satu layanan Google LLC yang bisa sangat membantu jika dimanfaatkan dengan baik. Pasalnya, layanan ini bisa mengintegrasikan berbagai fitur itu dapat membantu Google memproyeksikan keinginan pengguna.

Lewat layanan tersebut, Google dapat menebak apa saja yang kamu mau berdasarkan data Google history dalam page My Activity. Fitur ini pun berfungsi untuk mempersonalisasi pengalaman berselancar pengguna agar menjadi lebih baik.

Nah, halaman My Activity Google sebenarnya dapat kamu kelola dan lihat melalui data penyimpanan digital yang Google simpan di sana. Penasaran panduannya? Yuk, simak pembahasannya di bawah!

Apa Itu Google My Activity?

Sumber foto: Google - Mengenal My Activity Google

My Activity Google adalah salah satu layanan terbaik dari Google yang bisa merekam aktivitas pengguna. Rekam jejak tersebut nggak hanya direkam dari satu perangkat saja.

Setiap akun Google Gmail yang dibuat dan masuk ke dalam suatu perangkat bakalan didata oleh Google guna mendeteksi jejak digitalnya.

Misalnya ketika kamu membuka suatu situs, streaming di Youtube, menggunakan Maps, belanja di online, dan bahkan menghapus foto di galeri HP juga akan didata oleh Google.

Data yang sudah dikumpulkan akan masuk ke Google History dan kamu bisa melihatnya melalui My Activity Google.com tersebut.

ADVERTISEMENT

Secara default, My Activity Google.com page tampil dalam rentang waktu. Kamu dapat melihat aktivitasmu di perangkat dalam waktu satu hari terakhir, tujuh hari terakhir, atau mengkustomisasi data dengan mengatur tanggal yang kamu inginkan.

Pada dasarnya, data digital pengguna yang Google kumpulkan bukan hanya untuk kurasi semata. Google membuat algoritma yang super canggih di halaman My Activity Google biar bisa menyuguhkan rekomendasi konten yang lebih personal.

Pasalnya, kalau sudah sesuai dengan preferensi pengguna, maka kamu bakalan mau berlama-lama menggunakan semua fitur yang Google tawarkan. Dengan begitu, Google pun bisa membuat dan mengembangkan fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bagaimana Cara Mengatur Google Chrome History?

Sumber foto: IST - Cek aktivitas Google

Meskipun menguntungkan Google, tetapi pengguna juga diberikan hak buat mengatur fitur tersebut, lho. Kalau kamu nggak nyaman Google mengetahui gerak-gerik digitalmu, maka kamu bisa menghapus dan menonaktifkan My Activity Google.

Apalagi, menyimpan data, baik itu berupa riwayat penelusuran, juga bisa bikin memori internal penuh. Jadi, buat kamu yang nggak nyaman dan ingin menghemat memori HP, kamu bisa simak cara menggunakan My Activity Google.com di bawah ini.

Cara Cek My Activity Google.com History

Sumber foto: Situs My Activity Google - Cek aktivitas di Google

Langkah pertama yang harus kamu lakukan apabila kepo dengan riwayat penelusuran di semua produk Google, kamu wajib lebih dahulu login dengan Gmail.

Hanya perangkat yang terhubung dengan Gmail sajalah yang bisa memeriksa aktivitas digital mereka. Jika sudah masuk di Gmail, silakan ikuti langkah-langkah yang Jaka jabarin di bawah.

  1. Buka halaman My Activity Google.com atau kunjungi URL http//myactivity.google.com/myactivity di browser.

  2. Pilih aktivitas sesuai daftar aplikasi yang tersedia.

  3. Kamu juga bisa langsung melakukan pencarian kegiatan dengan klik kolom 'Cari'.

  4. Tarik ke bawah buat melihat data pencarian.

  5. Klik ikon X untuk menghapus data yang kamu inginkan.

  6. Selesai.

Kamu bisa memilih menghapus semua data secara permanen dengan mengklik menu 'Menghapus', lalu pilih waktu yang ingin dihapus; beberapa jam terakhir, hari ini, selalu, dan kustom rentang waktu khusus.

Cara Menonaktifkan Fitur Google My Activity

Sumber foto: Situs My Activity Google - Cek aktivitas di Google

Selain memeriksa dan menghapus data yang ada, kamu juga bisa menonaktifkan data tersebut. Nantinya, jika data berhasil dinonaktifkan, Google nggak bakalan merekomendasikan produk atau konten apapun ke kamu.

Selain itu, cookies yang bisa menyebabkan cache nggak bakalan memakan memori perangkat HP sehingga membuatnya penuh. Caranya ialah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka halaman My Activity Google.com atau klik di sini di browser.

  2. Jika sudah, pilih menu yang diinginkan.

  3. Selanjutnya, klik 'Nyalakan' untuk mengaktifkan menu tersebut.

  4. Selesai.

Cara Memeriksa My Activity Google.com via Aplikasi

Sumber foto: Doc. JalanTikus - My Google Activity Data

Kalau tadi melalui browser yang bisa kamu akses di PC dan laptop, sekarang Jaka bakalan membagikan cara cek My Activity Google untuk menghapus data lama dan terbaru dengan mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Yuk, disimak!

  1. Buka menu 'Pengaturan' di HP kamu.
  2. Klik menu 'Google' atau cari melalui pencarian.
  3. Pilih Kelola Akun Google Anda yang ada di bawah foto profil.
  4. Selanjutnya, klik menu 'Data & Privasi'.
  5. Setelah masuk, cari menu 'Aktivitas Web & Aplikasi'.
  6. Pilih aplikasi atau fitur Google yang ingin kamu periksa.
  7. Semua riwayat pun akan tampil di bawah. Selesai!

Untuk menghapus semua atau beberapa data yang ada, cukup klik menu 'Hapus' dan pilih rentang penghapusan data yang kamu mau.

Menghapus Data My Google Activity Secara Otomatis

Sumber foto: Doc. JalanTikus - My Google Activity Data

Kalau kamu mager harus secara bertahap menghapus data yang Google simpan, kamu bisa, lho, melakukannya secara otomatis. Caranya ialah dengan mengaktifkan fitur penghapusan otomatis seperti di bawah.

  1. Kunjungi My Activity Google di website atau via pengaturan HP.
  2. Klik menu 'Kontrol Aktivitas' dan pilih aplikasi yang diinginkan.
  3. Tarik ke bawah dan klik menu 'Pilih opsi hapus otomatis'.
  4. Ceklis 'Hapus otomatis aktivitas yang sudah lebih dari' dan pilih rentang waktu yang diinginkan.
  5. Klik 'Berikutnya', lalu klik 'Konfirmasi'.
  6. Selesai.

Semua data yang ada pada rentang waktu yang kamu pilih sekarang sudah terhapus semua, geng. Kamu pun nggak bakalan repot menghapusnya satu per satu.

Manfaat & Risiko Mengelola My Activity Google

Sumber foto: IST - myactivity.oogle.com website

Seperti yang sudah Jaka ulas, data yang tersimpan di perangkat menyisakan cache yang bisa bikin memori penuh. Biar memori lapang sehingga kamu bisa download berbagai permainan, maka cache harus dihapus secara berkala.

Salah satu cara menghapus cache ialah dengan mengatur fitur dari Google tersebut.

Namun begitu, ternyata menghapus data di My Activity Google berisiko. Ketika semua data dihapus, Google jadi nggak bisa menyajikan konten sesuai preferensi kamu.

Dilansir dari berbagai sumber, jika ada satu aplikasi buatan Google yang kamu hapus di My Activity Google, maka rekomendasi konten yang akan disajikan ke kamu bakalan ngaco.

Machine Learning Google belajar dari awal mengenai perilaku kamu di internet. Alhasil, di awal-awal penghapusan data, semua konten rekomendasian takkan sesuai. Pokoknya nggak kamu banget, deh!

Tapi, jika dirasa nggak masalah, maka Jaka sarankan buat mengikuti langkah-langkah cek dan menghapus My Activity seperti di atas, ya!

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka mengenai My Activity Google.com yang bisa kamu ikuti. Cara ini bermanfaat karena bisa membantu kamu buat memanajemen data penelusuran digital. Semoga bermanfaat!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca artikel mengenai Aplikasi Lensa AI, Aplikasi Kanggo, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

12 Contoh Lamaran Kerja via Email Terbaru 2021, Banyak Pilihan!

3 Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen, Tanpa Ribet!

11+ Ekstensi VPN Google Chrome Terbaik 2023, Privasi Aman & Akses Bebas!

Kembali Keatas