Apa yang Terjadi Jika Tidak Aktifkan Airplane Mode Saat di Pesawat?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 22 Maret 2017, 11:00
Apa jadinya jika kamu tidak mengaktifkan airplane mode saat di dalam pesawat? Apakah itu bisa mengakibatkan dampak yang fatal atau tidak? Melalui artikel ini, pertanyaan seperti itu akan terjawab brader.

Pernahkah kamu bertanya kenapa airplane mode itu harus dibuat dalam smartphone? Benar, banyak sekali yang membingungkan kenapa airplane mode dibuat. Sebab, tidak semua orang itu sering bepergian menggunakan pesawat.

Namun, apa jadinya jika kamu tidak mengaktifkan airplane mode saat di dalam pesawat? Apakah itu bisa mengakibatkan dampak yang fatal atau tidak? Melalui artikel ini, pertanyaan seperti itu akan terjawab brader.

BACA JUGA
  • VIDEO: Begini Rasanya Wisata Underwater Seharga 22 Milyar, Minat?
  • Ini Dia Video Keselamatan Penerbangan Paling Absurd yang Pernah Ada!
  • 7 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

Apa yang Terjadi Jika di Pesawat Kita Tidak Aktifkan Airplane Mode?

1. Gangguan Komunikasi Pesawat

Sumber foto: Foto: Pc-notice

Selama penerbangan, sang pilot akan tetap dan terus terkoneksi dengan air controller yang ada di darat. Selain itu, air controller juga membuat sang pilot tahu apakah ada pesawat lainnya dalam jarak yang dekat atau tidak. Nah, air controller itu menggunakan gelombang radio.

Makanya, apabila smartphone tidak mengaktifkan airplane mode, maka gelombang sinyal elektronik akan mengganggu jalur komunikasi sang pilot dan mengganggu air controller di radar. Bahaya bukan?

Gak Cuma Buat di Pesawat Lho Brader!
Bukan hanya untuk keselamatan, Inilah fungsi lain dari Airplane Mode (Modus Penerbangan) di smartphone yang wajib kamu ketahui.
LIHAT ARTIKEL

2. Suara dan Gambar yang Mengganggu

Sumber foto: Foto: Field Guide - Gizmodo

Nah, masih berkaitan dengan poin di atas, jika airplane mode itu tidak diaktifkan maka nantinya akan ada suara dan gambar yang mengganggu. Suara tersebut terdengar seperti "bzzttt...bzztt...bzttt" pada headphone si pilot. Bahkan, bunyi itu akan terus terdengar dan sangatlah mengganggu.

Bahkan, kamu juga bisa membuat gambar pada radar terganggu apabila tidak mengaktifkan airplane mode. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu aktifkan airplane mode, dan minta layanan WiFi yang ada di pesawat jika tersedia.

ADVERTISEMENT

Bagaimana, sekarang sudah mengerti bukan? Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Smartphone atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Jenis Font Clash of Clans untuk Buat Desain Tulisan Ala COC

Cara Memindahkan Akun COC dari Android ke iOS atau iOS ke Android

4 Solusi Terbaik Mengatasi Connection Lost di Clash of Clans (COC)

Mod Game Piano Tiles 2 Android, Gandakan Koin Hingga 10 Kali Lipat

Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT Menggunakan Greenify

APPS TERKAIT
CPU-Z 1.81
Apps CPUID
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Fallout Shelter 1.9
Games Bethesda Softworks LLC
Clash Royale 1.7.0
Games Supercell
undefined
Kembali Keatas