21+ Cara Menghemat Baterai HP Android & iPhone, Biar Bisa Nge-Game Seharian!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 17 Juni 2022, 21:15
Baterai besar tapi cepat habis? Berarti ada yang salah, tuh! Berikut adalah cara menghemat baterai HP Android & iPhone yang paling ampuh.

Cara menghemat baterai HP wajib diketahui oleh kamu yang hampir sepanjang hari nggak pernah lepas dari HP dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kamu pasti pernah merasakan HP Android yang kamu gunakan menjadi boros dan cepat habis, kan? Padahal sebelumnya baterainya masih cukup awet, bahkan jika menggunakan HP baterai besar sekalipun.

Berbagai merek HP, seperti Samsung, OPPO, vivo, Xiaomi, Asus dan brand lainnya pasti pernah merasakannya. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Nggak perlu panik! Kali ini Jaka punya cara menghemat baterai HP yang bisa jadi solusi untuk permasalahanmu. Dijamin nggak akan lagi ada masalah baterai boros!

1. Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Sumber foto: Android Help

Banyaknya aplikasi yang digunakan menjadi penyebab baterai smartphone menjadi boros. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu perhatikan aplikasi berjalan yang ditempatkan pada background.

Jika sewaktu-waktu kamu merasa baterai Android kamu cepat sekali habis, coba cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings > Battery > Battery Usage.

ADVERTISEMENT

Jika kamu menemukan aplikasi yang boros baterai, sebaiknya kamu uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati Install Aplikasi

Sumber foto: DxOMark

Selalu perhatikan dan hati-hati terhadap aplikasi yang diinstal. Selalu baca baik-baik akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi.

Beberapa aplikasi akan membuat baterai smartphone cepat habis karena terus-terusan melakukan ping lokasi Android kamu.

Jadi, ada baiknya kurangi menginstal aplikasi yang membutuhkan akses lokasi kamu, geng.

3. Disable Aplikasi Bawaan

Sumber foto: Gulf News

Faktanya banyak sekali vendor yang menyematkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Kecuali untuk HP Android One yang menggunakan sistem operasi murni.

Untuk cara menghemat baterai HP Xiaomi maupun Android lainnya, coba disable bloatware dengan cara masuk ke menu Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable.

Selain dinonaktifkan, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan di Android tanpa root supaya kondisi baterai HP kamu tidak terancam, geng.

4. Power Saving Mode

Sumber foto: How to Apply Battery Saving Mode

Jika kebetulan smartphone kamu sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode.

Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi.

Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan masuk Settings > Battery > Battery Saver pada pengaturan smartphone kamu.

Untuk cara menghemat baterai HP Samsung J2 Prime maupun tipe lainnya, coba masuk ke menu Ultra Power Saving Mode yang akan menyesuaikan tampilan untuk menghemat baterai.

5. Matikan Fitur Smart Stay

Sumber foto: Smart Stay

Di kebanyakan smartphone Samsung atau Android lainnya ada fitur Smart Stay yang akan membuat smartphone kamu tetap menyala selama kamu menatap layarnya.

Tapi tahukah kamu bahwa fitur ini berimbas besar kepada baterai HP kamu? Kondisi stand-by dengan layar menyala akan menguras baterai HP sedikit demi sedikit.

Kalau dibiarkan, baterai HP akan cepat boros, atau bahkan cepat rusak, loh! Jadi, buruan nonaktifkan fitur ini, geng!

6. Gunakan Fitur Dark Mode

Sumber foto: Dark Mode Samsung

Masih berhubungan dengan kamu yang hobi membaca, kamu bisa menghemat daya baterai smartphone Android dengan cara masuk ke tampilan Grayscale atau Dark Mode.

Fitur Dark Mode akan membuat tampilan layar Android kamu jadi tampak gelap sehingga mengurangi konsumsi baterai.

Cara mengaktifkan Dark Mode di HP Android bisa dilakukan dengan mudah. Kalau belum tahu, kamu bisa simak artikel di bawah ini, ya!

Cara Mengaktifkan Dark Mode Di HP Android Dan IPhone, Auto Hemat Baterai!
Salah satu trend di smartphone saat ini adalah fitur Dark Mode yang disematkan pada update OS terbaru di Android dan iPhone. Berikut adalah cara mengaktifkan Dark Mode pada HP Android dan iPhone
LIHAT ARTIKEL

7. Gelap Tak Selalu Jahat

Sumber foto: JalanTikus (Dark Mode)

Tema gelap nggak selalu berkaitan kejahatan. Malah berguna banget buat smartphone, apalagi jika menggunakan layar dengan panel AMOLED.

Layar AMOLED sangat lemah terhadap warna cerah seperti putih. Ujung-ujungnya, baterai HP bakal kena imbas.

Maka dari itu, cara menghemat baterai HP OPPO dan Android lainnya, salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper bernuansa gelap.

8. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Sumber foto: How to Use Wallpaper

Masih tentang wallpaper, cara menghemat baterai yang boros selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper.

Meski memang akan membuat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai kamu, loh!

Live Wallpaper akan mengonsumsi cukup banyak daya baterai yang akhirnya malah membuat baterai HP kamu jadi cepat habis, geng.

9. Ganti Launcher

Sumber foto: Gadget Tech

Jika kamu bosan dengan tampilan smartphone Android kamu yang gitu-gitu aja, coba deh instal aplikasi launcher terbaik di smartphone kamu.

Aplikasi ini bisa membuat tampilan HP jadi semakin menarik, bahkan kamu juga bisa mengkustomisasi sendiri sesuai seleramu.

Tapi perlu diingat, pilihlah aplikasi dengan ukuran yang gak begitu besar. Sebab, penggunaan launcher yang ringan akan membantu menghemat daya baterai lho!

10. Matikan Fitur Motions and Gestures

Sumber foto: AndroidCentral

Fitur Motions and Gestures memudahkan kamu melakukan perintah hanya dengan gesture khusus pada layarnya, geng.

Contohnya, kamu bisa mengambil screenshot di HP Android, atau mengabaikan panggilan telepon.

Tapi, sebaiknya matikan fitur Motions and Gestures ini untuk menghemat baterai HP. Toh kamu masih bisa menggunakan perintah lain untuk menggantikan fitur ini.

Lainnya . . .

11. Hindari Wakelocks

Sumber foto: AndroidCentral

Pernah dengar istilah Deep Sleep? Ini adalah mode saat smartphone kamu menghentikan semua aktivitas agar baterai kamu menjadi lebih hemat.

Berlawanan dengan Deep Sleep, ada keadaan dimana smartphone kamu dipaksa aktif oleh suatu aplikasi, yang disebut Wakelocks, geng.

Untuk cara menghemat baterai HP vivo atau merek Android lainnya, sebaiknya aplikasi yang menyebabkan Wakelocks ini dihindari.

Kamu juga bisa membuat Wakelocks masuk dalam mode hibernasi dengan menggunakan aplikasi seperti Greenify, geng.

Greenify
Apps Developer Tools Oasis Feng
DOWNLOAD

12. Tweak WiFi

Sumber foto: AndroidCentral

Beberapa smartphone terbaru diatur agar aktif mencari jaringan WiFi. Jadi begitu ada jaringan WiFi yang tersedia, akan langsung terhubung.

Nah, untuk cara hemat baterai HP selanjutnya adalah mengatur agar WiFi kamu melakukan scanning hanya saat diaktifkan saja, geng.

Caranya, kamu bisa masuk ke menu Settings > WiFi > More > Always allow scanning > Scan only while WiFi is On. Mudah, kan?

13. Matikan Fitur Briefing

Sumber foto: AndroidCentral

Selain kontennya yang kadang tidak sesuai dengan selera, fitur Briefing juga berakibat besar pada berkurangnya baterai kamu.

Karena setiap kali kamu membuka fitur ini saat secara tidak sengaja tergeser, maka secara otomatis Briefing akan melakukan sinkronisasi data.

Untuk hemat baterai smartphone kamu, sebaiknya kamu buat fitur ini Off agar baterai HP kamu gak cepat habis saat digunakan.

14. Matikan Auto Brightness

Sumber foto: AndroidCentral

Meski akan memudahkan kamu untuk melihat layar secara nyaman di berbagai lingkungan, namun fitur Auto Brightness juga berakibat fatal pada baterai smartphone.

Sebenarnya, tampilan layar adalah satu penyebab baterai HP cepat habis, loh! Semakin terang layar, semakin besar daya baterai yang digunakan.

Untuk bisa hemat baterai Android kamu, sebaiknya matikan fitur Auto Brightness dan atur kecerahan layar secara manual saja.

15. Gunakan Charger Original atau Asli

Sumber foto: Shopee

Penggunaan charger original setiap kali mengisi ulang baterai HP Android kamu sangat berpengaruh besar pada umur baterainya.

Makanya jangan malas untuk selalu membawa charger original smartphone kamu saat jalan-jalan ke manapun, geng!

Tapi selain itu, kamu juga bisa menggunakan charger fast charging supaya proses pengisian daya baterai jadi lebih cepat.

16. Matikan Location Service

Sumber foto: Matikan Location Service

Jika kamu menggunakan perangkat Apple, cara menghemat baterai iPhone satu ini dapat kamu terapkan, loh!

iPhone memiliki servis lokasi yang menyala pada setting default, kamu dapat mengubah pengaturannya dengan masuk ke Setting - Privacy - Location Service.

Kamu akan menemukan banyak aplikasi, pilih while using pada setiap aplikasi kamu untuk menghemat baterai.

Untuk aplikasi yang kamu anggap harus selalu terkoneksi dengan internet seperti Google Maps, kamu bisa pilih always.

17. Matikan Data Push

Sumber foto: Matikan Data Push

Cara menghemat baterai iPhone lainnya adalah mematikan pengaturan Data Push yang menyala secara default, geng.

Pengaturan ini akan mengunduh segala email dan data apapun ke dalam akun email kamu. Fitur ini sangat menguras baterai.

Untuk mematikan pengaturan ini, masuk ke Setting > Mail > Accounts > Fetch New Data > Push. Ketuk tuas di samping Push untuk mematikannya.

Namun, dengan mematikan pengaturan ini, segala data yang masuk ke dalam email kamu akan berhenti.

18. Matikan Fitness Tracking

Sumber foto: Matikan Fitness Tracking

Untuk jenis iPhone 5S ke atas, ada fitur Fitness Tracking yang akan membaca kegiatan kesehatan kamu saat melakukan latihan fitness.

Pengaturan ini menyala secara default, kamu dapat mematikannya dengan masuk ke Setting - Privacy - Motion & Fitness - Fitness Tracking.

Dengan mematikan fitur ini, iPhone kamu Jaka jamin akan lebih hemat dan kesehatan baterai iPhone pun akan lebih terawat.

19. Matikan AirDrop

Sumber foto: Matikan AirDrop

Selanjutnya adalah mematikan fitur AirDrop yang ada di iPhone kamu. Fitur ini ada pada versi iOS 7 ke atas.

Untuk mematikannya, kamu tinggal mengusap layar dari bawah ke atas, lalu klik AirDrop dan pilih Receiving Off.

Cara menghemat baterai HP iPhone yang satu ini akan sangat terasa bedanya. Coba sekarang, geng!

20. Background App Refresh

Sumber foto: Background App Refresh

Tahu gak, sih? Ternyata Background App Refresh adalah salah satu fitur iPhone yang sangat menguras baterai.

Pasalnya semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, maka fitur ini akan semakin menguras daya baterai.

Untuk mematikannya, kamu cukup masuk ke Setting - General - Background App Refresh. Matikan refresh untuk semua aplikasi dengan menggeser tuas di samping Background App Refresh.

21. Rutin Lakukan Clear Cache

Sumber foto: VOI

Kamu merasa HP mu lemot akhir-akhir ini? Atau ada aplikasi yang tidak bisa berfungsi optimal? Jangan keburu di-reboot atau di-service. Bisa jadi, HP mu sedang kepenuhan cache atau kuki.

Nah, tahukah kamu bahwa rutin melakukan pembersihan terhadap kuki punya andil besar dalam menghemat baterai? Yap, kuki seringkali membuat daya kerja perangkat jadi lebih berat.

Untuk informasi selengkapnya mengenai clear cache, silakan baca artikel Jaka yang sudah tersedia lewat banner di bawah ini.

Cara Menghapus Cache Di HP Android, Balik Ngebut Dan Anti Lelet!
HP kamu lemot? Bisa jadi cache di HP yang bikin lemot. Berikut cara menghapus cache HP Android dengan mudah dan dijamin langsung lancar!
LIHAT ARTIKEL

Penyebab Baterai HP Android Cepat Habis

Sumber foto: AndroidCentral

Setelah mengetahu penyebab kenapa baterai HP cepat habis, kini Jaka akan membahas akar masalah dari alasan kenapa baterai HP cepat habis. Kalau habis karena penggunaan, sih, pasti kamu sudah tahu.

Nah, di bawah adalah alasan-alasan yang seringkali tidak kamu sadari mampu bikin baterai HP kamu cepat jebol. Berikut adalah di antaranya:

1. Sinyal Buruk

Sinyal yang buruk bikin HP kamu bekerja keras dalam mencari pemancar sinyal terdekat. Makanya, kalau kamu ada di daerah yang susah sinyal, mending matiin Mobile Data saja, geng.

2. Terlalu Banyak Notifikasi

Mungkin kamu seneng kalau aplikasi chatting kamu penuh dengan notifikasi. Padahal hal tersebut bikin baterai kamu boros, lho. Gak heran kalau selebgram banyak yang mematikan notifikasinya, geng.

3. Akses Lokasi pada Aplikasi

Seringkali kita meng-install aplikasi yang membutuhkan izin khusus untuk mengakses lokasi. Meskipun gak kelihatan, tapi HP kamu akan terus memancarkan sinyal di latar belakang.

4. Fitur Sinkronisasi Menyala

Sinkronisasi sebenernya penting karena data kamu bakalan otomatis di-back up dengan meng-upload ke Drive. Sayangnya, fitur ini boros banget baterai dan juga kuota, geng.

5. Baterai Rusak

Alasan terakhir yang mungkin bikin baterai kamu boros adalah karena kerusakan fisik. Alasan ini agak merepotkan karena baterai HP zaman sekarang sudah tidak bisa lepas pasang seperti dulu.

Akhir Kata

Nah itulah dia kumpulan cara menghemat baterai HP Android dan iPhone yang bisa langsung kamu coba kalau punya HP yang baterainya cepat habis.

Dengan langkah-langkah mudah, bahkan tanpa memerlukan akses root ada smartphone kamu, kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Baca juga artikel seputar Baterai atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

15 Power Bank Terbaik & Terbaru 2021, Bisa Ngecas Laptop!

Begini Cara Membuat HP Android Jadi Hitam Putih, Hemat Baterai!

Auto Uninstal! 5 Aplikasi Ini Ga Guna Hanya Boros Baterai dan RAM!

100% Lebih Kencang! Ini 5 Cara Mempercepat Proses Charging Smartphone

Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Nge-Root Android Kamu

undefined
Kembali Keatas