5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Fitur Dark Mode di HP | Bisa Mencegah Insomnia?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 Agustus 2019, 21:00
Sudah hadir di banyak HP zaman sekarang, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan fitur dark mode di HP, geng.

Saat ini hampir semua orang mengandalkan gadget mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari pekerjaan hingga mencari hiburan.

Oleh karena itu, nggak mengherankan jika sekarang ini sebagian besar orang menggunakan HP mereka dalam durasi yang cukup lama atau bahkan hampir seharian penuh.

Melihat kondisi tersebut, beberapa vendor smartphone kini mulai menghadirkan berbagai fitur menarik yang mampu mendukung penggunaaan HP dalam waktu yang cukup lama itu.

Salah satu fitur tersebut adalah mode gelap atau yang biasa dikenal dengan sebutan dark mode, geng.

Alasan Kamu Harus Menggunakan Fitur Dark Mode di HP

Semenjak kehadiran fitur ini di beberapa HP yang beredar sekarang, banyak pihak yang menyarankan agar para pengguna gadget menggunakan fitur ini pada HP mereka.

Tapi, sebenarnya apa, sih, alasan yang membuat kamu harus menggunanakan fitur ini di HP kamu? Yuk, simak beberapa alasannya berikut ini.

1. Bisa Menghemat Baterai

Salah satu alasan yang paling banyak menarik perhatian adalah isu mengenai fitur dark mode yang bisa menghemat baterai HP.

ADVERTISEMENT

Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali HP yang memiliki baterai berkapsitas jumbo, tapi hal itu rupanya masih nggak cukup buat sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi, geng.

Fitur dark mode sendiri kabarnya mampu menghemat baterai HP secara signifikan sehingga hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pengguna.

Pihak Google sendiri pernah mengonfirmasi mengenai hal ini lewat acara Google Dev Summit yang digelar pada bulan November tahun lalu.

Hanya saja fitur dark mode ini bisa bekerja lebih optimal untuk menghemat baterai ketika digunakan di HP dengan layar OLED.

Hal itu dikarenakan masing-masing piksel pada layar OLED akan mati ketika menampilkan warna hitam sehingga baterai akan lebih hemat.

Sementara, layar jenis LCD memiliki backlight yang akan tetap menyala meskipun sedang menampilkan warna hitam.

2. Lebih Aman Buat Kesehatan Mata

Pernah nggak, sih, kamu bermain HP di ruangan dengan pencahayaan yang redup, geng? Kayanya hampir semua orang pernah melakukan hal ini, ya.

Tapi tahu nggak, sih, kalau ternyata hal ini justru bisa membahayakan kesehatan mata kamu lho, geng.

Nggak cuma bikin mata kering dan sakit karena cahaya biru pada layar HP yang kamu lihat sepanjang hari, paparan cahaya biru yang terlalu berlebih juga bisa menekan sekresi melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk tidur.

Itulah juga alasannya kenapa saat ini lampu pada dashboard mobil kebanyakan berwarna biru, geng.

Oleh karena itu, meskipun terlihat sepele tapi penggunaan fitur dark mode pada HP sedikit banyaknya bisa membantu untuk membuat mata kamu tetap sehat dan nyaman pada saat menatap layar HP, geng.

3. Tampilan Lebih Elegan

Meskipun hal ini soal selera, tapi banyak orang mengakui bahwa perubahan tampilan yang dihasilkan dari penggunaan fitur dark mode pada HP bisa membuat tampilan HP kamu semakin elegan lho, geng.

Seperti yang kita tahu, fitur dark mode sendiri menawarkan tampilan yang terkesan misterius, simpel, dan bersih sehingga lebih enak untuk dipandang dan memiliki kesan yang elegan.

Apalagi buat kamu yang suka warna-warna monochrome, fitur dark mode ini wajib banget buat kamu gunakan deh, geng.

4. Teks Jadi Lebih Jelas

Memiliki paduan warna hitam dan putih, fitur dark mode pada HP ternyata mampu membuat penggunanya lebih cepat fokus terhadap teks yang mereka baca lho.

Hal itu dikarenakan kombinasi warna gelap dan terang yang dihasilkan oleh fitur dark mode membuat teks menjadi lebih jelas untuk dibaca sehingga pengguna akan lebih cepat fokus.

Hal ini juga telah dibuktikan lewat sebuah jurnal berjudul The Impact of Web Page Tex-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention yang ditulis oleh Richard H. Hall dan Patrick Hanna.

Selain itu, fitur dark mode juga menghasilkan kontras yang lebih baik sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi membaca lewat perangkat gadget.

5. Tidak Menganggu Siklus Tidur

Selain bisa membantu menjaga kesehatan mata penggunanya, fitur dark mode juga ternyata bisa membuat siklus tidur kamu tetap normal lho, geng.

Hal itu dikarenakan fitur dark mode mampu mengurangi cahaya biru yang menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia.

Nah, buat kamu yang menderita kesulitan tidur atau insomnia, mending mulai dari sekarang kamu gunakan fitur dark mode di HP deh, geng.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa alasan kenapa mulai dari sekarang kamu harus menggunakan fitur dark mode di HP, geng.

Selain karena mampu membuat baterai HP menjadi lebih hemat, fitur ini juga bisa membantu menjaga kesehatan mata para penggunanya.

Baca juga artikel seputar Fitur Dark Mode atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Fitur Dark Mode untuk Menghemat Baterai Cuma Hoax? Ini Faktanya!

7 Fitur Tersembunyi di HP Samsung, Bisa Auto Dark Mode?

8 Fitur Rahasia SMS yang Tidak Orang Ketahui, Bisa Buka dari Laptop!

RESMI! Inilah Nama Android Q dan Kumpulan Fitur serta Kelebihannya

Mode Incognito Ternyata Tidak Aman? Inilah Fakta Sebenarnya!

Perbedaan Fitur Backup & Sync Files di HP Kamu, Banyak yang Nggak Tahu!

undefined
Kembali Keatas