11 Game Horor Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Auto Bikin Mimpi Buruk!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 18 August 2019, 18:00
Kamu penggemar game horor? Kalau iya, kamu wajib menguji keberanianmu dengan main game horor Indonesia terbaik yang Jaka bahas di artikel berikut ini!

Nggak cuma jago di eSports, Indonesia juga bisa menciptakan game-game keren, lho. Sudah banyak game-game berkualitas yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Salah satu genre game yang memiliki banyak penggemar adalah game horor. Genre ber-genre horor bakal menguji keberanian para pemainnya dalam menyelesaikan permainan.

Game horor Indonesia nggak cuma terkenal di dalam negeri saja, geng. Banyak juga, lho, game horor asal Indonesia yang populer di luar negeri, bahkan dimainkan oleh YouTuber terkenal luar negeri.

Kumpulan Game Horor Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Industri game Indonesia memang belum lama berkembang. Meskipun demikian, Indonesia berhasil membuktikan pada dunia kalau anak bangsa juga mampu berkarya.

Beberapa game horor Indonesia terbaik rekomendasi Jaka di bawah ini dijamin bakal bikin kamu takut untuk tidur atau ke kamar mandi sendiri, geng.

Oh iya, kamu juga bisa mendukung developer game asal Indonesia dalam menciptakan game Indonesia terbaik dengan tidak membeli game bajakan ya, geng.

Daripada berlama-lama, langsung saja, geng. Ini dia 11 game horor Indonesia terbaik yang wajib kamu coba.

ADVERTISEMENT

1. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Pamali Steam
Games
DOWNLOAD

Pernah dengar istilah "Pamali"? Pamali biasanya merujuk kepada sesuatu yang pantang dilakukan. Jika dilanggar, akan membawa hal buruk bagi orang yang melanggar.

Kata Pamali diambil untuk menjadi salah satu judul game horor Indonesia di 2018, lho, geng! Game horor PC ini telah tersedia di Steam.

Game Pamali mengangkat cerita-cerita hantu asli Indonesia yang bikin merinding. Di sini, kamu harus menyelesaikan misimu tanpa melakukan hal-hal pantang / pamali supaya tidak digentayangi.

Keunikan game ini adalah banyaknya ending yang bisa kamu dapatkan. Semua hal yang kamu lakukan dapat memengaruhi akhir dari chapter yang kamu mainkan.

Pamali memiliki 6 chapter dengan cerita yang berbeda-beda. Saat ini, sudah 4 chapter yang telah dirilis, di antaranya The White Lady (Kuntilanak) dan The Tied Corpse (Pocong).

Kamu bisa download game Pamali dengan berbayar di Steam, geng. Game Pamali dijamin bikin kamu merinding sembari belajar mengenai budaya-budaya Indonesia.

Pamali Spesifikasi Minimum Spesifikasi Rekomendasi
CPU Intel Core i5-7200U 2.50Ghz Intel Core i7-6700 3.40Ghz
VGA NVIDIA GeForce 940MX NVIDIA GeForce GTX 970
RAM 4 GB 16 GB
Harddisk 2 GB 3 GB

2. DreadOut

DreadOut Steam
Games Simulasi Digital Happiness
DOWNLOAD

Kamu pasti sudah tidak asing dengan game horor Indonesia offline yang satu ini. Dirilis tanggal 15 Mei 2014 oleh Digital Happiness, DreadOut merupakan game survival horor yang dijamin bikin bulu kudukmu berdiri!

Pemain akan memerankan karakter Linda yang sedang berlibur bersama teman-temannya. Di tengah perjalanan, Linda terbangun di dalam sebuah gubuk yang sangat menyeramkan.

Kamu harus bisa keluar dari tempat tersebut sebelum dimangsa oleh hantu-hantu penghuni gubuk tersebut.

Agar bisa melihat hantu-hantu yang bergentayangan, Linda menggunakan kamera handphonenya.

Kamu cuma berbekal smartphone kamu yang memiliki flash dan kamera saja, konsepnya agak mirip dengan game horor Fatal Frame.

FYI, game ini pernah dimainkan sama youtuber PewDiePie loh, geng!

Kamu perlu merogoh kantong untuk bisa download game Dreadout di Steam, geng. Cukup terjangkau untuk game horor Indonesia terbaik yang diangkat menjadi film layar lebar.

Dreadout Spesifikasi Minimum Spesifikasi Rekomendasi
CPU Intel Dual-Core 2.4 GHz

AMD Dual-Core Athlon 2.5 GHz
Intel Core i5-2300

AMD Phenom II X4 940 or better
VGA NVIDIA GeForce 8800GT 512 MB

AMD Radeon HD 3830 512 MB

Intel HD Graphics 4000 512 MB
NVIDIA GeForce GTX 550 1 GB

AMD Radeon HD 7750 1 GB
RAM 4 GB 8 GB
Harddisk 5 GB 10 GB

3. DreadOut: Keepers of The Dark

DreadOut: Keepers of The Dark Steam
Games
DOWNLOAD

Seri game DreadOut: Keepers of The Dark merupakan spin-off dari game Dreadout yang pertama. Sistem permainan DreadOut ini tidak banyak berubah dari seri pertamanya.

Pemain tetap menggunakan karakter Linda yang berusaha mengalahkan hantu dengan telepon genggam dan kamera yang dimilikinya. Namun, di seri ini, ia ditarik ke dalam dunia cermin.

Cuma berfokus pada pembasmian hantunya, hantu-hantu yang terdapat pada game horror PC ini tidak hanya hantu lokal karena terdapat beberapa hantu luar negeri yang turut serta.

Beserta game induknya, DreadOut seri ini sudah menjadi game horor Indonesia yang mendunia dan pastinya bikin kita semua bangga, geng!

DreadOut: Keepers of The Dark Spesifikasi Minimum
CPU Quad-Core 2.4 GHz
VGA NVIDIA GeForce GTS 450
RAM 4 GB
Harddisk 5 GB

4. DreadOut 2

DreadOut 2 Steam
Games Action
DOWNLOAD

Sukses dengan serial pertamanya, Digital Happiness mengumumkan akan merilis game DreadOut 2 pada tahun 2018 kemarin.

Meskipun belum bisa dimainkan, kamu sudah bisa melihat spesifikasi minimum dari game ini.

Cara bermainnya tetap sama dengan seri DreadOut sebelumnya, di mana kamu menggunakan handphone sebagai senjata.

Bedanya, kali ini kamu akan menjelajahi sebuah kota yang dihantui oleh legenda mistis yang misterius.

Kamu diharuskan untuk memecahkan teka-teki yang menyelimuti kota tersebut. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan untuk menyerap kemampuan hantu dengan mengonsumsi roh mereka.

Salah satu keunikan dari game horor Indonesia ini adalah beberapa hantu akan memberikanmu senjata untuk menaklukkan hantu lainnya.

DreadOut 2 Spesifikasi Minimum
CPU Intel i5 3570K

AMD FX-8350
VGA GTX 770 with 2 GB VRAM

Radeon R9 280X 3 GB
RAM 8 GB
Harddisk 10 GB

5. DreadEye VR

DreadEye VR Steam
Games Simulasi
DOWNLOAD

Sama-sama diproduksi oleh Digital Happiness, game DreadEye merupakan game horor Indonesia yang didesain sebagai game virtual reality alias VR.

Bisa dibayangkan bagaimana menyeramkannya bermain game horor PC dengan VR kan, geng?

Game horor Indonesia ini nggak memiliki cerita yang mengharuskan kamu menyelamatkan diri. Kamu akan berperan sebagai seorang dukun yang hendak memanggil hantu.

Agar bisa memanggil hantu, kamu harus mengikuti resep tertentu. Kamu harus siap-siap, karena game ini memiliki adegan jumpscare yang lumayan banyak!

DreadEye VR Spesifikasi Minimum Spesifikasi Rekomendasi
CPU Intel i5-4590 Intel i7-4770|Intel i7-4770
VGA NVIDIA GeForce GTX 970 NVIDIA GeForce GTX 980 Ti
RAM 8 GB 16 GB
Harddisk 5 GB 5 GB

Game Horor Indonesia Lainnya . . .

6. Motte Island

Motte Island Steam
Games RPG One Aperture
DOWNLOAD

Sebetulnya game ini adalah hasil kerja sama developer dari tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, dan Indonesia. Tapi karena ada Indonesianya, Jaka tetap memasukkan game ini ke dalam daftar.

Motte Island memiliki jalan cerita yang cukup mengerikan, geng. Kamu harus memecahkan sebuah misteri di desa yang juga misterius.

Banyak "kupu-kupu" aneh yang muncul di game ini dan harus kamu bunuh. Di dalam game ini kamu akan diselimuti dengan nuansa gelap dan mencekam, juga dipenuhi misteri-misteri yang harus dipecahkan.

Game horor Indonesia satu ini memiliki gameplay yang cukup unik. Kamu akan memainkan karaktermu dari atas ala game jadul, bukan first-person atau third-person seperti game horor biasanya.

Motte Island Minimum Spesifikasi
CPU 2.33GHz atau x86-compatible processor
VGA 2 GB VRAM
RAM 512 MB
Harddisk 150 MB

7. Ghaib

Ghaib 1.0.0.0
Games Petualangan ZumatCliwon Studio
DOWNLOAD

Walaupun game ini tergolong jadul, tetapi Ghaib masih layak dan seru untuk dimainkan. Ghaib Game buatan mahasiswa ITB ini mempunyai jalan cerita yang sederhana untuk dimainkan.

Berlatar di sebuah jalanan gelap gulita yang sangat mencekam, Ikrar dan Alya adalah tokoh utama dalam game ini. Mereka sedang berusaha lari dari kejaran kuntilanak di sekitar mereka.

Game horor Indonesia ini memiliki gameplay yang sangat unik, geng.

Kamu harus membaca ayat kursi dengan fasih melalui mikrofon PC kamu dan menyorotkan sinar senter untuk mengusir hantu.

Nggak cuma menghibur saja, game ini juga bisa bikin kamu mahir membaca Al-Qur'an, lho.

Ghaib Minimum Spesifikasi
CPU Intel Celeron 2,6 GHz
VGA GeForce 888GT

Radeon HD4850
RAM 2 GB
Harddisk 600 MB

8. Jurig Escape

Jurig Escape 1.0
Games Petualangan
DOWNLOAD

Mirip dengan jalan cerita Dreadout, Jurig Escape juga menceritakan tentang petualangan seorang siswi yang terjebak di sekolahnya dan harus berhadapan dengan hantu-hantu lokal yang menerornya.

Di dalam game horor Indonesia ini, kamu bisa menembaki pocong, kuntilanak, dan sebangsanya dengan sebuah pistol sakti. Aneh-aneh saja, ya, geng?

Selain itu, kamu juga harus mengumpulkan jiwa-jiwa sesat dari para hantu yang kamu tembak supaya kamu bisa menyelesaikan misi kamu keluar dari sekolah angker ini.

Btw, Jaka jadi bingung kenapa orang Indonesia suka banget membuat game horor dengan tokoh utama gadis-gadis SMA.

Keterangan Minimum Spesifikasi
CPU Intel Pentium 4 2.8 GHz
GPU RADEON X300
RAM 1 GB
Harddisk 40 MB

9. Pulang: Insanity

Pulang: Insanity Steam
Games Petualangan
DOWNLOAD

Satu lagi game horor Indonesia yang akan Jaka rekomendasikan adalah Pulang: Insanity yang diproduksi oleh Ozysoft dan berjenis first-person.

Bercerita tentang seorang pemuda yang sedang terlilit hutang, salah seorang temannya menyarankan dirinya untuk melakukan ritual pesugihan yang membutuhkan tumbal.

Hal tersebut membuat anggota keluarganya meninggal satu per satu secara misterius. Beberapa tahun kemudian, tokoh utama mengalami kecelakaan di sebuah desa misterius.

Desa misterius tersebut ternyata menyimpan misteri kematian anggota keluarganya. Tokoh utama pun berusaha menyelidiki hal tersebut.

Pulang: Insanity Spesifikasi Minimum Spesifikasi Rekomendasi
CPU Intel Core i3-530 Intel Core i5-4460, 2.70GHz

AMD FX-6300
VGA NVIDIA GTX 660

ATI Radeon HD 7850
NVIDIA GeForce GTX 760

AMD Radeon R7 260x
RAM 4 GB 8 GB

10. Jurit Malam - Lola Zieta

Download Game Jurit Malam di Sini!

Buat kalian yang mencari game horor Android dengan tema horor Indonesia, Jaka juga sudah menyediakan pilihan untuk kalian di game Jurit Malam dari Gambir Game Studio.

Setelah banyak game di atas yang menggunakan siswi SMA cantik sebagai karakter, game ini blak-blakan dan menggunakan cosplayer cantik Lola Zieta sebagai model, geng!

Game Jurit Malam menceritakan kisah siswi SMA indigo Rei Kimochi yang merasa terpanggil ke sebuah sekolah berhantu setelah mendengar suara tangisan di malam hari.

Selain gameplay horor yang mencekam, pemain juga dapat mengakses konten tambahan berupa galeri foto Lola Zieta yang pastinya dapat menyegarkan hari kaum Adam.

Detail Jurit Malam
Developer Gambir Game Studio
Release Date 14 Juli, 2019
Price Rp5.000 (Play Store)

11. Keramat

Download Game Keramat di Sini

Game terakhir yang ingin Jaka rekomendasikan adalah game horor Indonesia Keramat dari Haunted Zone Entertainment.

Di sini, kamu akan bermain sebagai Bulan, gadis yang tinggal di sebuah desa bernama Rawa Angker yang sesuai dengan namanya menjadi sarang makhluk halus.

Berbeda dengan game lain yang Jaka sebutkan di sini, game horor Indonesia yang satu ini belum tersedia di platform seperti Steam.

Enaknya, kamu bisa download game Keramat Indonesia PC langsung di website developernya tanpa dipungut biaya dan kualitas game ini juga nggak kalah, kok.

Keramat Minimum Spesifikasi
CPU 2.2 GHz Dual Core CPU
GPU 512 MB NVIDIA GeForce 610m / ATI Radeon HD 38xx series
RAM 2 GB
Harddisk 2,3 GB

Bonus: Video Game Horror Asli Indonesia

Akhir Kata

Gimana, geng? Game horor buatan Indonesia keren-keren, kan? Selain menyajikan jalan cerita yang menyeramkan, gameplay-nya pun sangat menegangkan.

Yang jelas, game-game yang ada di daftar ini menjadi bukti nyata bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan karya bangsa lain.

Baca juga artikel seputar Game Horor atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

Dukung Hari Game Indonesia dengan Cara Berikut Ini!

Kembali Keatas