Apa Itu NFC & Cara Kerjanya Pada Smartphone, Wajib Diketahui!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 07 September 2022, 10:30
Fungsi NFC pada HP bermacam-macam, mulai dari mengecek saldo kartu elektronik hingga mengisinya sampai full. Simak ulasan selengkapnya di sini!

Fitur NFC mungkin sudah nggak asing di telinga para pengguna smartphone karena sering disebut-sebut sebagai fitur unggulan HP Android terbaru. Meski sering dengar, tapi apakah kamu sudah tahu tentang apa itu NFC tersebut?

Soalnya, nggak sedikit pengguna telepon pintar yang hanya sekadar curi-dengar mengenai fitur keren itu, geng. Jika ditanya mengenai apa itu NFC pada handphone dan bagaimana cara menggunakannya, kadang mereka nggak bisa jawab dengan jelas.

Padahal, jika kamu mengetahui canggihnya fitur ini, Jaka yakin kamu bakalan betah menggunakannya, deh. Hidupmu akan terasa lebih mudah saat bertransaksi dengan siapa saja.

Oleh karena itu, buat kamu yang belum tahu menyoal NFC yang ada di HP OPPO, Samsung, Xiaomi, maupun iPhone, kamu bisa simak pembahasan Jaka di bawah. Jaka sudah menyiapkan ulasan lengkap tentang apa itu NFC beserta fungsinya untukmu!

Sejarah NFC di Ponsel Android & iPhone

Sumber foto: Pixabay - Sejarah NFC yang harus kamu ketahui.

Sebelum Jaka bahas mengenai pengertian NFC, ada baiknya kita menelisik asal mula hadirnya NFC lebih dahulu. Jika kita membahasnya dari awal banget, kamu pasti lebih paham tentang fungsi dan kegunaan fitur itu.

NFC awalnya berada di dalam jaringan frekuensi radio. Ia menjangkau arus pendek suatu gelombang guna mengamankan dan mengirim sesuatu secara singkat dan cepat. Namun, kala itu teknologi QR code dan barcode lebih mencuri perhatian sehingga NFC pun kalah pamor.

ADVERTISEMENT

Barulah pada tahun 1983, inisiatif penggiat teknologi muncul lagi. Melalui Charles Walton, NFC pun dikembangkan kembali pada mainan karakter Star Wars.

Karena mulai dilirik orang, Philips dan Sony, dua raksasa teknologi, ikut ambil bagian dalam proyek pengembangan NFC. Kedua perusahaan ini pun membentuk "Forum teknologi NFC" untuk mempromosikan kemudahan dan keamanan dari perangkat nirkabel ini.

Selain misi tersebut, baik Sony maupun Philips juga berencana mengoperasikan NFC di berbagai telepon genggam. Sebagai permulaan, keduanya menyematkan NFC di produk telekomunikasi mereka.

Aksi nyata terhadap pengembangkan NFC selanjutnya terjadi pada tahun 2006, geng. Di tahun tersebut, NFC mempunyai bentuk yang signifikan, yakni berupa stiker ukuran kecil, yang bisa ditempel atau disematkan ke ponsel buat bertransaksi.

Namun, guna menyebarluaskan NFC agar nggak sebatas di alat komunikasi saja, bidang transportasi China Unicom dan Yucheng Transportasi menghadirkan fitur NFC sebagai alat pembayaran jalur trem dan bus mereka.

Setiap penumpang yang ingin naik bus tersebut tidak perlu mengeluarkan uang kertas lagi. Penumpang bisa membayar secara langsung dengan menempelkan kartu yang sudah terhubung dengan NFC.

Lambat laun, NFC tak hanya dikenal sebagai alat bertransaksi dalam bentuk kartu maupun stiker saja. NFC kini hadir sebagai software dalam telepon pintar yang bisa kamu manfaatkan untuk bertransaksi di berbagai moda pembayaran nontunai.

Ponsel pertama yang mengadopsi software NFC ini ialah Nokia 6131, Samsung Nexus S, dan kemudian hadir juga di jam tangan digital. Wah, canggih, ya.

Apa Itu NFC?

Sumber foto: Android Authority - Mengenai apa itu NFC dan pengertiannya.

Jika dilihat dari sejarahnya, kamu bisa mendefinisikan NFC sebagai alat penghubung transaksional yang membuat dua alat elektronik saling bertukar data satu sama lain.

Sedangkan, jika dilihat lebih luas, NFC atau Near Field Communication diartikan sebagai komunikasi medan dekat yang berfungsi sebagai transmitter aktif dan pasif.

Soalnya, berdasarkan jenisnya itu, NFC dibagi menjadi dua, geng, yaitu NFC jenis pasif dan aktif. NFC jenis aktif bertugas untuk mengirim data ke perangkat yang terhubung dengan NFC.

Sementara, NFC jenis pasif hanya bertugas menerima data dari perangkat yang terhubung dengan NFC saja.

Gambaran nyata dari kedua jenis ini bisa kamu lihat pada kartu elektronik (yang berperan sebagai transmitter pasif) dan NFC sebagai pengirim data dalam bentuk uang akan berperan sebagai NFC aktif.

Selain itu, jika NFC yang ada di HP kamu digunakan untuk sekadar mengecek saldo dari kartu elektronik, maka NFC di sini akan berperan sebagai yang perangkat yang pasif tersebut, geng.

Bagaimana Menggunakan NFC?

Sumber foto: via Android Authority - Langkah-langkah menggunakan NFC

Lebih lanjut, untuk keperluan pengecekan maupun transfer saldo digital, kamu nggak bisa melakukannya secara berjauhan, ya. NFC hanya dapat beroperasi pada radius 4 cm saja sehingga penggunaannya harus dilakukan dari jarak yang sangat dekat.

Selain itu, kamu wajib memeriksa dahulu apakah ponsel yang kamu pakai sudah menyediakan fitur NFC atau belum. Cara buat memastikan ialah dengan mengunjungi "Pengaturan" >>> kemudian "Wireless & Networks". Setelah itu, lihatlah apakah perangkatmu ada NFC-nya atau tidak.

Apabila ponselmu sudah ada NFC, kamu sudah bisa, tuh, mengirim uang ke kartu elektronik, seperti Flash BCA dan e-money lain dengan cara menempelkan kartu tersebut di belakang HP.

Namun, perlu diingat. Untuk transaksi itu hanya bisa kamu lakukan lewat bantuan e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, maupun dari aplikasi mobile perbankan, ya, geng.

Apa Saja Fungsi NFC Reader?

Seperti yang sudah Jaka sebutkan di awal kalau NFC bisa menjadi penghubung dua perangkat saat bertransaksi. Namun, nggak hanya sekadar transfer dan mengecek saldo saja, lho.

HP dengan fitur NFC juga memiliki berbagai fungsi menarik lain yang bisa membuatmu makin tertarik menggunakannya, geng. Terkait fungsinya itu, Jaka sudah merangkum datanya di bawah ini.

1. Menyambungkan Handphone dengan Perangkat Lain

Sumber foto: NFC Android Authority - Fungsi menarik dari NFC.

Fungsi pertama yang bisa kamu rasakan dari hadirnya NFC ialah sebagai alat penghubung. Dengan hadirnya NFC, kamu bisa menghubungkan dua perangkat secara bersamaan.

Hubungan yang terjadi pada dua perangkat itu juga nggak membutuhkan jaringan WiFi orang lain maupun data internet. Berbeda dengan Bluetooth yang harus pairing lebih dahulu.

Jadi, semisal kamu mau menggunakan NFC, tinggal aktifkan fitur tersebut saja, kemudian tempelkan ke perangkat lain yang ingin kamu hubungkan, deh.

2. Transfer File

Terkait transfer data yang Jaka sebutkan dari awal, sebetulnya tak hanya data berupa uang saja yang bisa kamu transfer via fitur ini.

Makin ke sini, NFC semakin berkembang sehingga bisa pengguna manfaatkan untuk mengirim nomor telepon, gambar, dan dokumen lainnya secara cepat dan langsung.

Hanya saja, kamu hanya bisa mengirim file tersebut ke ponsel temanmu yang juga mempunyai NFC. Bila tidak ada, ya, berarti kamu nggak bisa menikmati fungsi ini.

3. Untuk Pembayaran Cashless

Sumber foto: NFC Android Authority - Fungsi menarik dari NFC.

Selain itu, NFC juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat pembayaran digital. Kamu hanya perlu menempelkan smartphone-mu ke alat pembayaran tertentu dan setelah itu proses pembayaran pun bakalan berlangsung.

Salah satu aplikasi pembayaran nontunai yang menyematkan layanan NFC di aplikasinya ialah Samsung Pay, Apple Pay, dan Google Play.

4. NFC Tag Chip

Sumber foto: NFC Android Authority - Fungsi menarik dari NFC.

NFC Tag merupakan sebuah tag atau stiker kecil yang mengandung chip NFC. Biasanya, tag ini berisikan alamat web ataupun informasi tertentu yang dibutuhkan seseorang. Misalnya, informasi mengenai detail harga, barang, dan lokasi.

Nah, untuk mengetahui informasi tersebut, kamu hanya perlu pindai NFC tag dan informasi yang kamu butuhkan bakalan tersedia di layar HP.

5. Akses Informasi Smart Card

Fungsi berikutnya dari NFC ialah bisa membaca data seperti smart card. Lewat fungsi ini, kamu bisa mengecek sekaligus mengisi saldo e-Money maupun kartu e-Toll secara langsung.

Cara buat menikmati fungsi tersebut juga cukup praktis, yakni tinggal tempel kartu ke bagian belakang HP saja. Setelah itu, aktifkan NFC, deh.

6. Menandai Lokasi Suatu Tempat

Sumber foto: NFC Android Authority - Fungsi menarik dari NFC.

Tak kalah dari Google Maps, NFC juga bisa kamu manfaatkan buat menandai suatu lokasi hanya dengan menempelkan NFC tag, lho. Bekerja menggunakan fitur tagging, yakni LBS (Location Based Service), kamu bisa menandai lokasi yang kamu suka dengan NFC.

Selain menandai, kamu pun bisa melakukan presensi dengan check in dan check out di suatu tempat. Caranya persis yang kamu lakukan via aplikasi PeduliLindungi.

7. Unlock Mobil Tanpa Kunci

Sumber foto: NFC Android Authority - Fungsi menarik dari NFC.

Fungsi paling mutakhir dari NFC berikutnya ialah bisa kamu gunakan sebagai kunci mobil, geng. Hanya perlu mengaktifkan NFC, kemudian dekatkan ke gagang pintu, maka mobil pun bakalan terbuka secara otomatis.

Teknologi ini pertama kali mulai digunakan pada BMW seri 5 2021. BMW secara khusus menghadirkan fungsi itu dengan bekerja sama bersama raksasa teknologi, yaitu Apple.

Jadi, kalau kunci mobil kamu hilang atau lupa menaruh di mana, tinggal manfaatkan fungsi ini saja, ya. Hmm... Asyik banget pasti!

Kelebihan & Kekurangan NFC di HP

Sumber foto: AndroidPIT - Kelebihan & Kekurangan NFC.

Sampai di sini kamu pasti terkesima sama NFC, bukan? Tentu saja hal itu bakalan kamu alami karena memang fitur tersebut sekeren itu.

Akan tetapi, rasanya kurang afdal jika kamu nggak mengetahui soal kelebihan dan kekurangan NFC. Biar bagaimanapun, NFC juga mempunyai plus-minus, geng.

Apalagi, banyak orang yang setelah munculnya NFC memandang kalau kecanggihan software itu masih di bawah Bluetooth. Jadi, wajar saja bila pengguna ponsel nggak mengindahkan keberadaan fitur NFC.

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan NFC yang ada di ponsel kamu. Cekidot!

Kelebihan NFC yang wajib kamu ketahui:

Kekurangan NFC yang wajib kamu ketahui:

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan Jaka mengenai apa itu NFC, mulai dari sejarah, pengertian, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangan NFC reader yang bisa kamu ketahui.

Jika dilihat dari pembahasan di atas, NFC sangat bermanfaat buat mendukung kehidupan kita, utamanya dalam hal transaksional, ya, geng.

Kamu jadi nggak perlu bergantung pada uang tunai, tinggal transaksikan semuanya lewat fitur ini saja, deh.

Nah, kalau setelah baca artikel ini kamu tertarik buat membeli HP yang ada NFC-nya, Jaka sudah siapkan deretan HP paling murah yang sudah ada fitur tersebut di bawah. Siapa tahu ada yang cocok sama kamu.

7 Rekomendasi HP NFC Paling Murah, Lengkap Harga Dan Spesifikasi!
Siapa bilang fitur NFC cuma ada di HP yang harganya di atas Rp3 juta? Nih, Jaka kasih rekomendasi HP NFC murah terbaik & terbaru 2022, harga mulai 1 juta!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar 5 Cara Salin Link Instagram Sendiri & Orang Lain Terlengkap atau artikel Hiburan lainnya dari Rismawati Idris.

undefined
Kembali Keatas