7 Film yang Ditunda Perilisannya Meski Sudah Selesai Dibuat, Takut Rugi?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 09 March 2020, 13:30
Tahu nggak sih kalau ada film yang tertunda sampai bertahun-tahun meskipun sudah jadi? Cari tahu film apa saja yang ditunda walaupun sudah selesai dibuat.

Proses pembuatan suatu film memang merupakan suatu proses yang panjang dan membutuhkan kesabaran ekstra di dalamnya.

Sering kali suatu film perlu melalui proses editing yang pelik, belum lagi jika terdapat bagian yang tidak sesuai yang memerlukan proses pengambilan gambar ulang yang menambah panjang proses pembuatan film tersebut.

Selain proses pembuatannya yang memerlukan waktu cukup lama, beberapa film harus rela mengalami delay yang cukup panjang padahal proses pembuatannya sudah selesai sejak lama.

7 Film yang Ditunda Sangat Lama

Proses delay yang diterima oleh beberapa film di list ini terjadi karena berbagai faktor dari mulai editing ulang hingga masalah hukum yang menjerat film ini.

Penundaan ini bahkan ada yang berlangsung hingg bertahun-tahun lamanya karena masalah pelik yang dialami oleh film-film di list ini.

Apa aja sih film-film yang mengalami penundaan yang cukup panjang? Berikut informasi selengkapnya.

1. Margaret (2011)

Sumber foto: rogerebert.com

Margaret harus rela tertunda bertahun-tahun lamanya karena mengalami masalah hukum dan bertarung habis-habisan di pengadilan demi haknya untuk dirilis ke layar lebar.

ADVERTISEMENT

Pihak yang terlibat di dalam pembuatan film ini tidak setuju dengan versi akhir film ini dan memutuskan untuk membawa persengketaan mereka ke pengadilan.

Sengketa ini membuat Margaret harus rela tertunda untuk masuk ke bioskop selama 5 tahun lamanya.

2. The Tree of Life (2011)

Sumber foto: imdb.com

Film dengan plot yang luar biasa complex ini sebenarnya dijdwalkan untuk tayang pada tahun 2009, tetapi harus rela mengalami penundaan 2 kali.

Penundaan yang pertama terjadi karena proses pembuatan film ini molor yang membuatnya tidak bisa dirilis sesuai dengan jadwal.

Setelah film ini selesai, masalah lain menimpa film ini. The Tree of Life kesulitan untuk menemukan distributor di Amerika Serikat.

Film ini pada akhirnya dirilis pada tahun 2011, tertunda 2 tahun dari jadwal awal penayangannya.

3. Ad Astra (2019)

Sumber foto: twitter.com

Film Sci-Fi yang dibintangi oleh Brad Pitt ini harus rela tertunda beberapa bulan dari jadwal penayangannya semula karena masalah yang di luar kendalinya.

Ad Astra harus rela tertunda penayangannya hingga 8 bulan lamanya karena proses akuisisi Fox oleh Disney tahun lalu.

Sang sutradara dalam komentarnya di salah satu media mengatakan bahwa dibandingkan dengan proses akuisisi yang sedang terjadi, film ini nilainya tidak ada apa-apanya.

Orang-orang yang terlibat di dalam film ini harus pasrah terjebak di dalam pusaran akuisisi ini, dan buah karya mereka tertunda untuk dipasarkan.

4. The Cabin in the Woods (2012)

Sumber foto: cinemablend.com

Film horor yang satu ini harus rela mengalai penundaan lebih dari satu kali karena masalah yang dihadapi oleh studio yang memproduksinya.

The Cabin in the Woods awalnya dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 5 Februaru 2010, dan kemudian harus dimundurkan untuk mendukung fitur 3D di bioskop tempatnya dirilis nanti.

Setelah proses editing ini selesai, MGM mengumumkan bahwa film horor ini ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan karena masalah keuangan yang dialaminya.

Untungnya, film ini akhirnya dapat dirilis pada tahun 2012 setelah hak distribusi film ini dibeli oleh Lionsgate.

5. Accidental Love (2015)

Sumber foto: hollywoodreporter.com

Film komedi romantis yang satu ini bukan hanya mengalami penundaan, tetapi juga harus mengganti judulnya setelah masalah finansial yang dihadapinya.

Film yang awalnya berjudul Nailed ini merupakan proyek film David O. Russell, sutradara yang dikenal untuk film The Fighter dan Silver Lining Playbook, yang harus rela ia tinggalkan.

Proses pembuatan film ini tertunda sebanyak 4 kali pada tahun 2008, dan pada tahun 2012 sang sutradara bahkan mengatakan bahwa film ini tidak akan pernah tayang di kehidupan ini.

Film ini akhirnya dirilis pada tahun 2015 oleh distributor film independen dan berganti judul menjadi Accidental Love.

6. New Mutants (2020)

Sumber foto: cinemablend.com

Film superhero yang satu ini mencoba untuk mengambil angle yang berbeda dari film superhero lainnya dengan menambahkan nuansa horor ke dalamnya.

Meskipun mengusung tema yang unik dan menarik, New Mutants harus rela jadwal tayangnya pada tahun 2018 demi mempersilahkan Deadpool 2 berlenggang bebas di bioskop.

Bukan hanya demi Deadpool 2, film in juga ditunda lagi perilisannya pada tahun 2019 untuk memberikan ruang lebih untuk film Dark Phoenix.

Film ini akhirnya dijadwalkan untuk rilis pada bulan April tahun ini, atau mungkin akan mengalami penundaan lagi seperti sebelumnya.

7. No Time to Die (2020)

Sumber foto: foxnews.com

Penyebaran wabah virus Corona di seluiruh dunia bukan hanya membuat panik orang-orang pada umunya, agen rahasia 007 pun harus bertekuk lutut pada wabah yang satu ini.

Film James Bond No Time to Die yang dibintangi oleh Daniel Craig ini ditunda penayangannya hingga 7 bulan lamanya karena wabah virus Corona.

Keputusan yang diambil oleh MGM ini diprediksi akan meyebabkan distributor film ini mengalami kerugian sebesar 30 hingga 50 juta USD.

Meskipun begitu, penundaan tetap dilakukan oleh MGM karena film ini berpotensi untuk kehilangan 30% dari total prediksi pendapatannya bila tetap diluncurkan bualan April.

Akhir Kata

Itu dia 7 film yang mengalami penundaan yang sangat lama meskipun filmnya sudah selesai dibuat.

Penundaan memang tidak selalu dapat dihindari oleh para pembuat maupun distributor film melihat peliknya proses pembuatan film secara umum.

Meskipun mengalami penundaan, tidak berarti kualitas film tersebut di bawah standar. Beberapa film bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa, walaupun sempat tertunda penayangannya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Action Terbaru dan Terbaik 2022, Penuh Aksi Menegangkan!

41 Film Action Terbaik & Terbaru 2022, Seru dan Menegangkan!

Kembali Keatas