7 Emulator PS1 Untuk Android Terbaru 2023, Ringan dan Mudah Digunakan

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 17 February 2023, 12:00
Pengen main game PS1 tapi gak punya konsolnya? Tenang saja, kamu tinggal download emulator PS1 terbaik untuk PC & Android berikut ini!

Mau main game PS1 tapi nggak punya konsolnya? Kamu bisa manfaatkan emulator PS 1 dari Jaka di bawah ini. Semuanya bisa diinstal di Android!

Emulator merupakan perangkat lunak yang memungkinkan suatu sistem meniru fungsi sistem dari perangkat lain. Dengan emulator PS 1 ini, maka HP Android-mu bisa menjalankan fungsi-fungsi konsol PlayStation ini.

Kamu bisa bermain game PS 1 yang kamu suka, mulai dari Crash Bandicoot, Tekken, Harvest Moon: Back To Nature, Crash Team Racing, dan lainnya. Bikin nostalgia dengan masa kecil, ya?

Buat kamu yang penasaran emulator apa saja yang cocok untuk main game PS 1, simak rekomendasi dari Jaka di bawah, ya. Jaka juga sisipkan link download emulator PS 1 Android terbaik ini di bawah.

1. ePSXe

Sumber foto: Google Play Store - ePSXe

Emulator PS1 ePSXe dikembangkan oleh epsxe software s.l. Awalnya, aplikasi ini hanya tersedia di PC, namun sekarang bisa digunakan di Android.

Aplikasi ini diklaim memiliki kompabilitas dengan berbagai tipe HP hingga lebih dari 99%. Game yang dimainkan mulus, grafis HD, dan suaranya tidak pecah.

Selain itu, kamu bisa memainkan game secara multiplayer dengan fitur split screen, lengkap dengan virtual touchscreen pad support, hardware buttons mapping, dan stik analog. Meski begitu, aplikasi ini berbayar sehingga kamu harus menyiapkan kocek tertentu.

ADVERTISEMENT
Keterangan ePSXe
Developer epsxe software s.I
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (54 ribu)
Ukuran 11MB
Instal 1 miliar+
Android Minimum 2.3
Harga Rp56.000

Download ePSXe untuk Android di sini

2. ClassicBoy Pro

Sumber foto: Google Play Store - ClassicBoy Pro

ClassicBoy (Pro) tidak hanya berisi emulator PS 1 saja. Kamu bisa mendapatkan emulator Nintendo 64, Nintendo GBA/GBC/SGB/GB, Nintendo NES/Famicom, hingga Atari 2600 VCS, konsol modern pertama di dunia!

Versi lite-nya bisa kamu nikmati secara gratis dan sudah termasuk input gamepad 2D yang mendukung maksimal 4 pemain, reverb audio, pengaturan khusus gerakan/sensor, bahkan memiliki slot fungsi cheat game.

Untuk versi lebih lengkapnya, kamu bisa berlangganan ClassicBoy (Pro) melalui aplikasinya langsung. Dengan versi ini, pengguna bisa mengakses controller gerakan dan sensor serta mendukung lebih banyak plugin dan game.

Keterangan ClassicBoy
Developer PortableAndroid
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.4 (6,22 ribu)
Ukuran 20MB
Instal 500.000+
Android Minimum 4.3

Download ClassicBoy untuk Android di sini

3. RetroArch

Sumber foto: Google Play Store - RetroArch

Berbeda dari yang lain, RetroArch bersifat open source yang memungkinkan pengguna untuk ikut melakukan evaluasi penggunaan emulator ini. Dikembangkan oleh Libretro, aplikasi ini mendukung 50 game PS 1 untuk dimainkan secara gratis.

Di sini, kamu akan disuguhkan menu dengan berbagai tema yang lucu dan keren. Kamu bisa mengunduh program atau game secara online serta mendapatkan pembaruan dengan mudah.

Fitur lain yang bisa kamu nikmati di emulator PS ini adalah adanya built-in input remapping, remap controls, fungsi cheat, dukungan berbagai bahasa, hingga antarmuka bebas iklan.

Keterangan RetroArch
Developer Liberto
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4 (43 ribu)
Ukuran 97MB
Instal 1.000.000+
Android Minimum 5.0

Download RetroArch untuk Android di sini

4. Emubox

Sumber foto: Google Play Store - EmuBox

EmuBox merupakan emulator konsol game yang dikembangkan oleh EmuBox JSC. Di sini, terdapat emulator Nintendo dan PS 1 dengan versi yang cukup lengkap.

Kamu bisa menyimpan hingga 20 slot game di sini. Ada pula fitur screenshot untuk mengabadikan momen bermain game-mu yang seru.

Selain itu, emulator ini mendukung external controller. Kamu bisa menggunakan gamepad atau bermain dengan bluetooth gamepad. Sayangnya, kamu tidak bisa langsung mencari game di sini, alias harus mengunduhnya dari situs eksternal terlebih dulu.

Keterangan EmuBox
Developer EmuBox JSC
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.1 (22 ribu)
Ukuran 43MB
Instal 500.000+
Android Minimum 4.4

Download EmuBox untuk Android di sini

5. FPse

Sumber foto: Google Play Store - FPSe

FPSe merupakan emulator PS 1 Android populer yang bisa kamu jadikan alternatif. Aplikasi ini bisa memainkan game PS 1 dengan kualitas grafis HD menggunakan OpenGL.

Kamu bisa memainkan game dengan performa tinggi dan kualitas suara yang super jernih. APK ini diklaim kompatibel dengan hampir segala jenis HP.

Emulator ini juga mendukung penggunaan 10 gamepad, Guncon, stik analog, dan G-Sensor. Jenis file yang didukung juga banyak, mulai dari .img, .iso. dan lainnya. Fitur lengkap bisa kamu cek di laman deskripsi di Google Play Store.

Keterangan FPse
Developer Schtruck & LDchen
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (64.800)
Ukuran 6.8MB
Instal 500.000+
Android Minimum Bervariasi tergantung perangkat
Harga Rp49.404,-

Download FPse untuk Android di sini

6. DuckStation

Sumber foto: Google Play Store - DuckStation

DuckStation adalah emulator PS 1 APK yang mendukung banyak jenis file game, mulai dari cue, iso, img, ecm, mds, chd, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan game dari dari situs ROM manapun.

Fitur lainnya termasuk OpenGL, Vulkan, peningkatan dan pemfilteran tekstur serta warna pada game. Lalu, ada fitur render layar lebar, overclocking CPU, rewinding, dan lain-lain.

Untuk menginstalnya, disarankan perangkat kamu memiliki ARM 32-bit/64-bit dan 64-bit x86. Fitur lengkap dan cara instalnya bisa kamu baca di kolom deskripsi Google Play Store.

7. SuperPSX Plus (PSX Multi Emu)

Sumber foto: Google Play Store - SuperPSX Plus

SuperPSX Plus tidak hanya menyediakan emulator PS 1 saja, tapi juga berbagai konsol lainnya seperti PS 2, PS 3, dan lain-lain.

Aplikasi ini mendukung berbagai file ROM yang bisa kamu unduh di situs web eternal. Kamu bisa menyalin file ini langsung ke kartu SD atau memori internal.

SuperPSX Plus sudah diunduh sebanyak 100.000 kali dan mendapat rating 4/5 dari 4,04 ribu ulasan. Hal ini tidak mengherankan, karena emulatornya simpel dan mudah dipahami.

Akhir Kata

Demikian rekomendasi emulator PS 1 untuk kamu yang ingin nostalgia dengan memainkan game-game legendaris di konsol ini. Ada yang berbayar, tapi fiturnya lengkap dan memang mendukung pengalaman main kamu.

Jika untuk keperluan hiburan, kamu bisa memanfaatkan emulator gratisan. Pastikan HP kamu kompatibel untuk menginstal aplikasi ini dengan mengecek kolom deskripsi di Google Play Store terlebih dulu.

Kalau butuh referensi game PS 1 yang seru, kamu bisa kunjungi artikel Jaka berjudul Link Download Game PS 1 ISO Lengkap dan Terbaru. Ada 130 lebih judul game dari berbagai genre yang bisa kamu mainkan!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

ARTIKEL TERKAIT

10 Game Fighting PC Terbaik 2019|100% Rusuh!

15 Game Online Terbaru 2020 Android & PC, Seru Buat Mabar!

20 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa, Story Menawan & Gameplay Memukau!

12 Game Offline Petualangan Terbaik 2020 Android | Gak Bikin Bosen!

Kembali Keatas